Alasan Toyota Kijang Innova Diesel Matik Lebih Disegani, Padahal Suaranya Lebih Berisik

Bermain di segmen Medium Multi Purpose Vehicle (MMPV), Toyota Kijang Innova pertama kali muncul pada 2004 dengan bentuk lebih modern serta kubikasi lebih besar dibanding Toyota Kijang Kapsul.

Diketahui, Toyota Kijang Innova saat diluncurkan waktu itu ditawarkan dengan dua pilihan mesin, bensin 2.0L dan 2.7L serta diesel 2.5L.

Tidak lama berselang, varian 2.7L disuntik mati karena dianggap kurang diminati pasar. Pembaruan mesin Toyota Kijang Innova kembali hadir ketika model terbarunya datang pada 2015.

Saat itu, Toyota Kijang Innova ditampilkan dengan banyak ubahan. Tak terkecuali varian mesin bensin yang masih menggunakan seri lawasnya, 2.0L 1TR.

Varian dieselnya juga mendapat mesin baru dengan kubikasi yang mengecil. Eits, jangan salah, meski volumenya berkurang 100 cc, tenaga yang dihasilkan lebih besar, loh!

Berikut alasan mengapa Toyota Kijang Innova diesel matik lebih disegani dari varian lainnya.

Mesin diesel Toyota Kijang Innova punya tenaga paling besar

Mesin diesel Toyota Kijang Innova 2 GD FTV

Toyota Kijang Innova hingga saat ini masih menjadi mobil impian bagi sebagian besar keluarga di Indonesia. Terlebih pada varian dieselnya.

Secara data di atas kertas, Toyota Kijang Innova diesel memiliki mesin 2.393 cc berkodekan 2 GD FTV 4 Cylinder in-line, 16 valve DOHC with VNT Intercooler.

Jantung mekaniknya mampu merilis tenaga hingga 149 PS @3.400 Rpm serta torsi maksimal mencapai 36.7 kgm @1.200 – 2.600 Rpm.

Sedangnkan mesin bensin 1.998 cc, 1TR-FE 4 Cylinders in-line, 16 valve DOHC with Dual VVT-I ini mempunyai tenaga lebih kecil, 139 PS @5.600 Rpm di angka torsi 18.7 kgm @4.000 Rpm.

Perbandingan mesin diesel Toyota Kijang Innova
Keterangan Toyota Kijang Innova Diesel Toyota Kijang Innova Bensin
Kode mesin 2 GD FTV 4 Cylinder in-line, 16 valve DOHC with VNT Intercooler 1TR-FE 4 Cylinders in-line, 16 valve DOHC with Dual VVT-I
Volume silinder 2.393 cc 1.998 cc
Tenaga 149 PS @3.400 Rpm 139 PS @5.600 Rpm
Torsi 36.7 kgm @1.200 – 2.600 Rpm 18.7 kgm @4.000 Rpm

Transmisi otomatis banyak diminiati karena lebih responsif dan bertenaga

Transmisi otomatis Toyota Kijang Innova diesel

Ketika masyarakat Indonesia memilih untuk menghindari kendaraan bertransmisi otomatis karena dianggap lemot dan rumit akan perawatan, berbeda saat Toyota Kijang Innova diesel dihadirkan varian transmisi otomatis.

Di segmen Medium MPV, Toyota Kijang Innova diesel transmisi otomatis justru banyak diburu. Hal ini lantaran versi matiknya sangat nyaman digunakan, perpindahan gigi otomatisnya terasa halus, dan yang terpenting lebih responsif dan bertenaga dibanding varian manualnya.

Berikut perbandingan gigi rasio antara Toyota Kijang Innova diesel dan manual.

Perbandingan gigi rasio Toyota Kijang Innova diesel
  Transmisi A/T Transmisi M/T
Jenis Transmisi 6 Speed A/T with Sport Sequential Switchmatic 5 Speed M/T
Perbandingan Gigi 1 3.600 4.313
Perbandingan Gigi 2 2.090 2.330
Perbandingan Gigi 3 1.488 1.436
Perbandingan Gigi 4 1.000 1.000
Perbandingan Gigi 5 0.687 0.838
Perbandingan Gigi 6 0.580 -
Perbandingan Gigi Balik 3.732 4.220
Perbandingan Gigi Akhir 3.583 3.583

Toyota Kijang Innova diesel lebih irit dari pada varian mesin bensin

Selain bertenaga, Toyota Kijang Innova diesel masih menjadi primadona karena terbilang irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Ketika dilakukan pengetesan, Toyota Kijang Innova diesel tembus di angka 13 km/l penggunaan dalam kota.

Saat mobil dipacu di jalan bebas hambatan dengan kecepatan konstan, penggunaan BBM jenis solar pada mobil ini tembus hingga 18 km/l.

Sedangkan Toyota Kijang Innova varian mesin bensin, hanya bisa menempuh jarak 9 km/l penggunaan dalam kota. Saat mobil digunakan berpergian ke luar kota, konsumsi BBMnya menjadi 13 km/l.

Alasan lain Toyota Kijang Innova diminati hingga kini

Dashboard Toyota New Kijang Innova 2021

Belum lama ini Toyota kembali memberikan penyegaran terhadap Toyota Kijang Innova. Di mana mobil impian keluarga Indonesia ini, kini dilengkapi Head Unit berukuran 8 inch touchscreen dilengkapi Radio, Bluetooth, USB, & Mirroring.

Khusus Varian V dan V Luxury berhasil ditanami ukuran lebih besar, 9 inch touchscreen dengan Radio, Bluetooth, USB, Miracast, Smartphone Connection.

Untuk memberikan kesegaran di dalam kabin, tipe Luxury berhasil mendapatkan Pembersih Udara Terintegrasi (Ionizer Car) menghasilkan udara yang baik untuk meningkatkan kualitas kesegaran udara. Oiya, jok model Captain Seat juga hanya bisa ditemukan di varian Luxury.

Semua varian Toyota Kijang Innova juga sudah dilengkapi VSC (Vehicle Stability Control). Tombol ini bisa dijumpai terletak di bawah Head Unit di samping fitur Eco Mode dan Power Mode.

Tak tertinggal Fitur Hill Start Assist (HSA) hadir disemua varian Toyota Kijang Innova guna memberikan keselematan dan kenyamanan berkendara yang lebih baik. Sistem pengereman ABS dan EBD juga hadir dalam semua varian.

Kesimpulan

Toyota Kijang Innova varian diesel hingga kini masih menjadi primadona sebagian besar keluarga di Tanah Air. Selain irit dalam konsumsi bahan bakar, tenaga yang dihasilkan mobil ini lebih lebih besar dibanding varian mesin bensin.

Teknologi yang dipakai mesin diesel 2GD nya juga terbilang canggih, karena berhasil menganut Variable Nozzle Turbocharger (VNT) with intercooler yang bertenaga serta memiliki emisi gas buang yang rendah.

Meski sudah menggunakan teknologi common rail, Toyota Kijang Innova diesel juga bisa menenggak solar dengan kualitas rendah. Namun, penggunaan solar kualitas rendah sangat tidak disarankan dalam penggunaan waktu yang lama. Karena bisa mengakibatkan kerusakan pada injector.

Oiya, perlu kalian ketahui, mesin diesel biasanya identik dengan suara yang berisik. Tidak dengan Toyota Kijang Innova diesel. Mesin diesel yang digunakan nyaris tidak menimbulkan suara bising yang dapat mengurangi kenyamanan berkendara.

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 390,00 Juta
Rp 7,95 Juta/bln

10.962 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0

Rp 360,00 Juta
Rp 7,33 Juta/bln

25.226 km

1,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0

Rp 323,00 Juta
Rp 6,58 Juta/bln

89.898 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0

Rp 310,00 Juta
Rp 6,32 Juta/bln

89.687 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4

Rp 364,00 Juta
Rp 7,42 Juta/bln

39.691 km

5,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat