Harga Bekas Toyota Fortuner Cuma Rp130 Jutaan, Masih Punya Banyak Kelebihan!

Toyota Fortuner generasi pertama

Toyota Fortuner masuk dalam daftar aturan kemenperin sebagai salah satu model kendaraan roda empat yang merasakan perluasan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dari pemerintah kategori 1.501 cc sampai dengan 2.500 cc mulai April 2021. Bicara harga barunya saat ini, SUV flagship pabrikan otomotif berlogokan tiga oval ini memiliki harga baru lebih murah Rp33 juta hingga Rp40 jutaan, dengan harga yang ditawarkan Rp478.9 juta sampai dengan Rp670.9 juta.

Mendapat subsidi dari pemerintah untuk kondisi barunya, membuat harga bekas Toyota Fortuner kini terlihat semakin terjun bebas. Mencoba melihat iklan baris daring pada salah satu marketplace mobil bekas, Toyota Fortuner generasi pertama lansiran 2005 kini dibandrol hanya Rp135 juta. Sedangkan facelift generasi pertama yang diperkenalkan pada 2011, dipatok dengan harga paling murah Rp180 juta.

1. Toyota Fortuner Bisa Angkut Delapan Orang plus Kemewahan

Interior Fortuner generasi pertama

SUV flagship Toyota dengan sasis model tangga ini, memiliki material jok berbahan kulit yang terbilang mewah dan bagus, sehingga dapat memberikan rasa nyaman kepada setiap penggunanya. Melihat pada daya tampung yang dimiliki, mobil ini mengantongi tiga baris tempat duduk yang bisa dimuati hingga delapan orang tanpa mengorbankan kenyamanannya.

Ketika menengok sistem hiburannya, kalian bakal langsung dihadapkan dengan head unit double din berukuran 7 inci dengan layar sentuh dan dapat memutar file hiburan berformat mp4 dan mp3. Untuk menghasilkan suara yang baik di keseluruh kabinnya, Toyota melengkapinya dengan 6 buah speaker premium yang juga dapat diatur output suaranya melalui tombol pada sisi lingkar kemudinya.

2. Gejala Body Roll yang Minim

Tampilan belakang Toyota Fortuner generasi pertama

Mempunyai panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm serta jarak permukaan aspal dengan bodi mencapai 220 mm, membuat Toyota Fortuner generasi lawas ini terbilang nyaman dikendarai ketika melaju di kecepatan tinggi termasuk saat menikung. Hal ini dikarenakan pada bagian depan mobil ini menggunakan suspensi bermodelkan Double Wishbone with coil spring & stabilizer dan peredam kejut jenis 4 link with Lateral Rod & coil spring pada kedua roda belakangnya.

Kedua jenis suspensi yang digunakan ini dapat berkerja secara baik menjaga kestabilan kendaraan sehingga gejala body roll pada mobil ini dapat diminimalisir. Tidak hanya itu, suspensi ini juga dapat bertugas dengan baik untuk meredam getaran ketika mobil melaju di jalan bergelombang.

Baca juga: Perbedaan Sasis Monocoque di Honda CR-V dan Ladder Frame di Toyota Fortuner, Andalan SUV di Indonesia

3. Dua Pilihan Mesin dengan Performa Mumpuni

Mesin diesel Toyota Fortuner D-4D terkenal tangguh

Toyota Fortuner lansiran 2005 hingga 2015 ini dihadirkan dalam dua pilihan mesin, mesin bensin 2.7L dan diesel 2.5L. Melihat spesifikasi di atas kertas, generasi pertama sebelum facelift dibenamkan mesin bensin ini 2.7 L 2TR-FE VVT-i 2.693 cc I4 DOHC, 16 katup dengan tenaga 161PS @ 5.200 rpm serta torsi 244 Nm @3.800 rpm. Sedangkan varian dieselnya sendiri mendapatkan teknologi D-4D, Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection 2.5 Liter, 2.494 cc yang dapat memuntahkan tenaga hingga 118 PS @3.400 rpm serta torsi maksimal 325 Nm @1600-3600 rpm dengan intercooler.

Facelift generasi pertama Fortuner masih dengan model yang sama, namun ditambahkan teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) untuk mesin dieselnya yang dapat mendongkrak tenaga menjadi 144 PS @3.400 rpm dengan torsi 343 Nm @1600-2800 rpm.

4. Mendapat Fitur Keselamatan Cukup Baik

Baris pertama Fortuner generasi pertama

Mengintip fitur keselamatan yang digunakan, Toyota Fortuner mendapatkan fitur yang terbilang cukup baik di zamannya. Bagaimana tidak, mobil ini berhasil di dukung dengan fitur keselamatan berupa dual SRS Airbags yang berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan saat sedang terjadi benturan cukup keras.

Mengenai sistem pengeremannya, SUV pesaing utama Mitsubishi Pajero Sports ini juga telah dilengkapi ABS + EBD yang berfungsi untuk menjaga dan menstabilkan kendali laju kendaraan ketika melakukan pengereman secara mendadak.

5. Pakai Sasis Ladder Frame yang Unggul Di Berbagai Medan

Sasis jenis ladder frame

Fortuner menggunakan sasis atau rangka model struktur ladder frame yang terpisah dengan body utama, dengan keunggulan utama dalam segi durabilitas. Tidak hanya memiliki tingkat daya tahan yang baik, model yang digunakan juga mempunyai tingkat kelenturan sehingga tidak mudah patah saat digunakan di jalan yang ekstrim. Di sisi lain, daya serap benturan yang dihasilkan sasis ini juga mampu memberi jaminan keselamatan lebih baik bagi penumpangnya ketika mengalami benturan yang cukup kencang.

6. Opsi Penggerak Roda Belakang dan 4WD

Shift knob Toyota Fortuner

Sebagai SUV tangguh, Fortuner mengandalkan penggerak roda belakang yang ditranslasi dari mesin utama dengan posisi memanjang. Penggerak jenis Rear-Wheel Drive (RWD) ini lebih bisa diandalkan ketika melintasi permukaan jalan yang tidak rata serta menghadapi tanjakan-tanjakan.

Tidak hanya itu, beberapa model Fortuner generasi awal juga ditawarkan sistem penggerak Four-Wheel Drive (4WD) untuk dapat menakhlukan medan yang lebih ekstrim.

Kesimpulan

Toyota Fortuner generasi awal, diperkenalkan pertama kali pada Juli 2005 dalam perhelatan Gaikindo Auto Expo ke-13 di Jakarta. Ketika diluncurkan, SUV ini sontak menuai decak kagum masyarakat Indonesia karena memiliki tampilan yang berkarakter dan menampilkan kesan tangguh. Tidak hanya itu, beberapa keistimewaan seperti kenyamanan, performa, fitur keselamatan serta hiburan di mobil ini juga terbilang baik.

Toyota Fortuner generasi pertama menjadi pilihan menarik untuk dipinang

Apabila kalian saat ini sedang mencari mobil idaman dalam kondisi bekas selain MPV dan LSUV yang bisa dimuati hingga delapan penumpang, tidak ada salahnya memasukan nama Toyota Fortuner generasi pertama ke dalam daftar mobil idaman sebagai opsi. Selain harga bekasnya yang terbilang sangat terjangkau, SUV ini sangat nyaman digunakan dan memiliki ketersediaan suku cadang yang melimpah di seluruh penjuru nusantara.

Baca juga: Harga Toyota Fortuner Diskon PPNBM, Siap Rebut Pasar Mitsubishi Pajero Sport dan Isuzu MU-X

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Fortuner

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

Rp 521,00 Juta
Rp 10,62 Juta/bln

28.559 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 BMW X1 SDRIVE18I XLINE 1.5

Rp 653,00 Juta
Rp 13,30 Juta/bln

35.681 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Mazda CX-9 2.5

Rp 550,00 Juta
Rp 11,21 Juta/bln

53.282 km

5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

New 2021 Toyota Fortuner facelift: more power and a new Legender variant

All New 2021 Toyota Fortuner Australia version!

ALL NEW FORTUNER 2021 Toyota - ADS

TOYOTA FORTUNER 2021 LEGENDER 2.4

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Fortuner
Lihat