Setelah Raize Sukses, Kini Giliran Toyota Avanza 2022 dengan DNGA yang Saatnya Pakai TSS

Kabar soal peluncuran Toyota Avanza 2022 semakin santer berhembus, dimana mobil sejuta umat ini akan pakai platform baru. Kabarnya, Toyota Avanza akan memakai platform DNGA yang digunakan oleh Daihatsu Xenia. Lantas apa menariknya platform ini? 

Platform baru ini akan membawa perubahan signifikan pada jenis mesin, bantingan suspensi yang lebih nyaman, pengendalian yang lebih stabil dan juga ruang kabin yang lebih lega. Fitur keselamatan pastinya akan bertambah dan mungkin juga Toyota ikut mengaplikasikan TSS yang sukses di Raize. Konon kabarnya, mesin dan konfigurasi yang digunakan oleh Avanza juga berganti. 

Toyota Avanza generasi kedua saat ini memang sudah memasuki usia ke-10 tahun. Setelah mengalami beberapa kali facelift, Avanza sudah memasuki masa akhir life cycle. Sudah waktunya PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan generasi ketiga dari Avanza yang kemungkinan besar hadir di 2022. 

Baca juga:

Duit Rp200 Jutaan untuk Mobil Keluarga 7-seater, Pilih Toyota Avanza Baru atau Toyota Kijang Innova Reborn Bekas?

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Akan Dapatkan 6 Airbag dan AEB Untuk Sikat Mitsubishi Xpander!

Toyota Avanza 2022 Sudah Waktunya Berubah, Tapi Harganya Jangan Kemahalan

Memang sudah sepantasnya Toyota Avanza ini berubah total demi mengejar keunggulan spesifikasi dibandingkan para rivalnya. Mau tidak mau, Avanza juga terpaksa meninggalkan penggerak roda belakang yang selama ini jadi andalan bersama Xenia. Demi kenyamanan, Avanza nantinya akan memakai penggerak depan dan mengadopsi konfigurasi yang sama seperti Sienta. 

Lantas, apa perubahan yang bisa diharapkan dari sosok Toyota Avanza 2022? Berikut ini perkiraannya berdasarkan informasi yang kami dapat. 

Adopsi Platform DNGA, Toyota Avanza 2022 Pakai FWD

Kabar yang paling santer berhembus ialah soal aplikasi platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform ini sendiri mengusung konsep 1-1-1-1 dengan filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik. Hal tersebut mengartikan setiap pengembangan produk berbasis DNGA telah memperhitungkan segala aspek hingga kepada titik terdetailnya. 

Sempat disinggung di atas kalau Avanza akan berubah dari sisi mesin, bantingan suspensi yang lebih nyaman, pengendalian yang lebih stabil dan juga ruang kabin yang lebih lega.

Isu peluncuran Toyota Avanza 2022 dan Daihatsu Xenia 2022 ini sudah mencuat sejak Daihatsu memunculkan mobil konsep DN Multisix. Pihak Daihatsu saat peluncuran Terios tak menyebut kalau SUV ini memakai basis DN Multisix, yang artinya mobil konsep itu akan dipersiapkan sebagai MPV.

Kabar soal platform Avanza ini terungkap dari Malaysia melalui pihak supplier komponen Perodua, Sapura Industries Berhad. Perusahaan ini menginformasikan jika Perodua Alza alias Daihatsu Xenia 2022 akan menggunakan kode proyek D27A memakai DNGA. Supplier komponen itu memprediksi jika waktu peluncuran Xenia model baru ini akan ada di akhir 2021.

Toyota Avanza 2022 Akan Berbagi Mesin dan Transmisi dengan Yaris dan Sienta

Untuk common part yang sesuai dengan penggerak roda depan, Toyota bisa mengaplikasikan mesin 2NR-FE dan transmisi CVT. Sebagaimana diketahui, dapur pacu itu sudah cukup lama dipakai pada Sienta, Vios, dan Yaris. Jadi bisa sekaligus menekan budget development dan produksi.

Mesin ini sudah cukup terbukti handal walaupun memakai blok berbahan alumunium. Ini bisa kita ketahui dari Toyota limo taksi yang mesinnya minim masalah setelah digunakan bertahun-tahun. 

Sebagai informasi, mesin 2NR-VE dan 2NR-FE merupakan dua mesin yang berbeda. 2NR-VE yang kini digunakan pada Avanza/Xenia 1.5 dan Veloz 1.5 merupakan mesin yang diimprovisasi oleh Daihatsu dan mengunakan blok mesin dari bahan hi-tensile steel. Sedangkan 2NR-FE dikembangkan oleh Toyota dan merupakan mesin dengan blok berbahan alumunium.

Apabila mengadopsi segelondong mesin, transmisi, hingga penggerak FWD, menjadikan Toyota Avanza 2022 cenderung lebih nyaman, punya ruang kabin lebih lapang, serta konsumsi bahan bakar lebih hemat. Gejala limbung yang selama ini jadi ciri khasnya bisa semakin diperbaiki. 

Bagaimana dengan fitur yang diusungnya?

Ikuti Jejak Raize Toyota Avanza 2022 Bakal Pakai Fitur TSS

Kemunculan Toyota Raize dengan fitur keselamatan aktif TSS disambut dengan baik oleh masyarakat. Memang secara segmentasi, Raize dengan fitur canggih itu dibeli sebagai mobil kedua, bukan mobil pertama. Namun, Avanza dengan segmentasi luas bukan berarti tidak pantas menyandang TSS.

Fitur canggih bisa disediakan pada Avanza tipe tertinggi atau mungkin Veloz bila model itu masih eksis nanti. Dalam daftar TSS yang ada pada Raize terdapat fitur Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Sebab, rumor ini bisa jadi benar adanya bila merujuk bocoran dari negara tetangga. Menurut sumber kami menyebut kalau fitur enam buah airbag dan autonomous emergency braking (AEB) akan menjadi kelengkapan standar bagi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru tahun 2022.

Fitur tadi ini jelas akan membuat Toyota Avanza 2022 dan Xenia baru dapat menyaingi kompetitor terdekat mereka, yaitu Mitsubishi Xpander atau bahkan Honda BR-V terbaru.

Dengan platform baru dan kemungkinan tambahan sejumlah fitur canggih, semoga saja harga Toyota Avanza tidak mengalami kenaikan yang cukup drastis.
Kisaran Rp230 juta sampai Rp250 juta kami rasa cukup mengusik keberadaan Xpander atau BR-V tanpa banyak menggerus pasar Rush.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Avanza

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 216,00 Juta
Rp 4,40 Juta/bln

8.996 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda MOBILIO RS 1.5

Rp 220,00 Juta
Rp 4,48 Juta/bln

12.090 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Avanza
Lihat