Alasan Kenapa Honda Freed Bekas Lebih Disukai Daripada Toyota Sienta

Mobil jenis MPV menjadi pilihan yang sangat menarik bagi keluarga. Mobil seperti Toyota Sienta atau Honda Freed berfokus pada hal-hal seperti kapasitas tempat duduk, penyimpanan bagasi, perlengkapan keselamatan, dan kualitas berkendara. Meskipun sudah tidak lagi dijual, namun masih banyak masyarakat yang memilih Honda Freed bekas daripada Toyota Sienta baru, kenapa ya?

Freed sayangnya sudah discontinue di Indonesia, dan stop produksi pada 2015. Untuk sekarang ini hanya tersedia unit bekasnya saja. Sementara untuk Toyota Sienta sekarang ini masih dijual unit barunya. 

Dengan dimensi 4.215 mm x 1.700 mm x 1.735 mm, Honda Freed memiliki bodi yang cukup ramping dan tinggi. Sementara itu Toyota Sienta cenderung agak pipih dengan dimensi 4.235 mm x 1.695 mm x 1.695 mm. 

Dari perbandingan dimensi tersebut, dapat kita ketahui bahwa Sienta secara keseluruhan lebih panjang 2 cm, sedangkan Freed lebih lebar 0,5 cm dan lebih tinggi 6,5 cm dari Sienta. Hal ini sedikit berpengaruh pada ruang bagasi Sienta yang sedikit lebih besar kalau kursi belakangnya tidak dilipat. 

Baca juga:

Punya Fitur Lengkap dan Diskon PPNBM, Kenapa Toyota Sienta 2021 Kurang Laku?

Berburu MPV Toyota Harga di Bawah Rp200 Jutaan, Pilih Avanza Baru dengan Diskon PPNBM atau Sienta Bekas?

Terjual 55 Unit Selama Januari-Februari 2021, Apa Sih yang Membuat Toyota Sienta 2021 Kurang Laku?

Dengan spesifikasi dan styling yang mirip, Honda Freed bekas masih banyak diminati, bahkan lebih banyak peminatnya daripada Toyota Sienta baru sekalipun. Tentu kamu penasaran, apa kelebihan Honda Freed daripada Sienta ini. Mari kita ulas lebih jauh lagi. 

Mesin Responsif Pada Honda Freed Turunan Honda Jazz, Ungguli Dual VVT-i Toyota Sienta

Soal performa, Honda Freed lebih disukai karena kinerjanya responsif. Mesin yang digunakan yaitu 1.500 cc serupa milik Honda Jazz,  namun dengan transmisi pakai AT bukan CVT jadi pakai oli transmisi ATF biasa. Kemampuannya jelas lebih responsif dan bandel ketimbang CVT. 

Kelemahannya dari mesin Freed yaitu boros bahan bakar. Dikutip dari akun YouTube Dokter Mobil, konsumsi BBM Freed standarnya 7,5 km/liter dan setelah diremap bisa 9 km/liter.

Bicara soal performa, Toyota Sienta tak lebih baik dari Freed. Kombinasi mesin dual VVT-i dan transmisi CVT membuat tarikannya berat, namun jadi hemat BBM. Ibaratnya, mobil ini punya mesin 1.500 cc tapi bila pakai mode eco tenaga mesinnya serasa 1.000 cc. 

Memang, konsumsi rata-rata dalam kota bisa di angka 11 km/liter bahkan luar kota bisa 15 km/liter. Jadi, perlu di adjust timing dual VVT-i supaya membuka lebih cepat. Dengan begini, kinerja mesin Sienta jadi kian responsif untuk akselerasi awal. 

Bagaimana dengan kenyamanan kabin kedua MPV boxy ini? 

Adu Nyaman di Kabin Toyota Sienta vs Honda Freed, Fitur Captain Seat Jadi Pembeda

Bicara soal kenyamanan penumpang, maka Honda jelas mengungguli Toyota Sienta karena memiliki captain seat. Layout kursinya lebih longgar termasuk untuk kursi baris ketiga. 

Pada kursi paling belakang, legroom nggak terlalu lega tapi masih bisa duduk enak untuk remaja. Konsekuensinya yaitu hanya sisa sedikit untuk bagasi.

Kalau kursi paling belakang dilipat dan tergantung, maka sandaran kursi tengah mentok di kursi baris ketiga yang tergantung. 

Hal ini jelas tak akan terjadi pada Toyota Sienta. Kursinya belum captain seat dan kursi baris ketiganya paling sempit ruang kakinya. Mau tidak mau, kursi tengah harus dimajukan setengah supaya baris ketiganya ada ruang kaki yang cukup. Namun, ruang bagasi masih cukup besar saat kursi baris ketiga masih terpasang. 

Lebih lega lagi kalau kursi baris ketiganya dilipat, karena akan tersembunyi di kolong kursi baris kedua. Kita bisa tetap merebahkan secara maksimal sandaran kursi tengah tanpa khawatir mentok kursi belakang yang terlipat.

Lantas, apakah Toyota Sienta ini kalah fitur dari Honda Freed? 

Kalah Laris, Fitur Toyota Sienta Ungguli Honda Freed

Toyota bisa melihat kelemahan fitur Honda Freed yang sudah keburu discontinue untuk dijadikan senjata ampuh merebut atensi masyarakat. Ini membuat Toyota Sienta fiturnya bisa lebih baik ketimbang Freed.  Kelebihan fitur-fitur Toyota Sienta yang belum ada pada Honda Freed, yaitu:

1. Airbags tambahan, yaitu Knee-Airbags yang berfungsi melindungi kaki pengemudi.

2. Pada Sienta tipe tertinggi, keempat bannya sudah dilengkapi rem cakram, sedangkan pada Honda Freed, pada ban belakang masih menggunakan rem tromol.

3. “Hill Start Asist Control” (HSA) yang berfungsi mencegah mobil mundur saat berhenti di tanjakan.

4. “Vehicle Stability Control” yang mengurangi efek limbung saat menikung pada kecepatan tinggi.

5. “Automatic Head Lamp Levelling” Pengaturan otomatis pada levelling lampu utama. 

6. Fitur globe box dengan fungsi chiller untuk mendinginkan minuman dan adanya seat under tray, atau tempat penyimpanan di bawah kursi penumpang depan hanya dimiliki oleh Sienta.

Kaki-Kaki Toyota Sienta Kalah Tangguh Dari Honda Freed

Bicara soal kekuatan kaki-kaki tak lepas juga dari kebiasaan atau perilaku mengemudi. Selain itu, usia kendaraan bisa kita jadikan acuan apakah kaki-kaki kuat atau tidak. 

Dari kedua mobil ini, rupanya kaki-kaki Honda Freed lebih bandel daripada Sienta. Dengan usia sudah lebih dari enam tahun, 
kaki-kaki freed nggak rewel, dan perbaikannya cuma diganti bushing.

Sebaliknya dengan usia lima tahun ke bawah, tidak jarang ditemukan kaki2 Toyota Sienta sudah bunyi kasar. Ini menandakan harus ada komponen yang diganti, dan bukan cuma bushing saja. 

Kesimpulan

Untuk pemakaian secara normal dan wajar (tidak untuk terobos banjir dsb), maka durabilitas dan kenyamanan Honda Freed bekas lebih teruji daripada Toyota Sienta baru. Untuk kelas harga bekasnya kini di bawah Rp150 jutaan, dan sudah mendapatkan fitur captain seat.

Fitur tersebut menjadi barang yang langka dan mewah untuk sebuah MPV yang murah. Sienta mungkin kalah mewah dan lincah tapi mobil ini fiturnya lebih unggul karena muncul belakangan. 

Utilitas kabinnya juga cukup fleksibel dengan banyaknya ruang penyimpanan. Dan tak kalah penting yaitu cara pelipatan kursi baris ketiga yang tersembunyi di kolong baris kedua membuat Sienta bisa lebih luas ruang untuk membawa barang ukuran besar. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Sienta

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA G TSS 1.5

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

19.997 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

Rp 261,00 Juta
Rp 5,32 Juta/bln

105.533 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Ini MPV Toyota Sienta yang Harusnya Bisa JAUH LEBIH LAKU

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Sienta
Lihat