Kilas Balik Sejarah Toyota Kijang di Indonesia, dari Mobil Angkut Beras Jadi MPV Berteknologi Hybrid

All New Toyota Kijang Innova Zenix menjadi generasi terbaru dari Toyota Innova di Indonesia. Tentunya Toyota sudah melakukan sederet perubahan pada mobil ini. Mulai dari rombakan desain eksterior dan interior, disematkan berbagai fitur baru, hingga terpasangnya mesin hybrid untuk pertama kalinya di keluarga Toyota Kijang.

Ya, kalau bicara soal Toyota Kijang, ini adalah mobil yang begitu berciri khas Indonesia. Sering disebut sebagai singkatan dari "Kerjasama Indonesia Jepang", siapa sangka, hampir setengah abad silam, Toyota Kijang diciptakan sebagai kendaraan rakyat untuk mengakut berbagai hasil pertanian dan perkebunan.

Toyota Kijang generasi pertama

Namun sejak awal kemunculannya, sosok Kijang dari Toyota berhasil membuat rival-rivalnya bermunculan. Mulai dari Isuzu Panther, Mitsubishi Kuda, Suzuki Carry Minibus, sampai Daihatsu Zebra. Lantas, seperti apa kisah perjalanan sejarah Toyota Kijang di Indonesia sampai akhirnya muncul Toyota Kijang Innova Zenix? Mari kita sedikit kilas balik ke 47 tahun silam.

Baca juga: Waduh, Kijang Innova Zenix Hybrid 2023 Sudah Ngintip di Website Toyota

Generasi Pertama (Toyota Kijang Buaya KF10)

Kesuksesan Toyota Kijang dimulai dari area Pekan Raya Jakarta 1975. Karena disinilah Presiden Republik Indonesia Soeharto, dan Gubernur DKI Jakarta saat itu Ali Sadikin menjadi saksi diluncurkannya Kijang generasi pertama.

Toyota Kijang berawal dari mobil pengangkut hasil tani

Tapi saat itu, mobil dengan nama Toyota Kijang KF10 ini berbentuk sebuah pick up. Posisinya sempat diragukan mengingat dimasanya Mitsubishi Colt masih begitu berjaya. Namun seiring diproduksi hingga 1981, mobil berjuluk Kijang Buaya ini terus mengalami peningkatan penjualan. Toyota Indonesia saat itu mencatat jumlah produksi Kijang KF10 pada kisaran 5 ribu unit di akhir 1980.

Disediakan buat para petani atau mereka yang memiliki lahan perkebunan atau kebutuhan angkutan barang antar desa, membuat harga Kijang saat itu cukup terjangkau. Sementara spesifikasinya pun juga dibuat sederhana.

Versi mobil penumpangnya buatan karoseri

Yakni bermodal mesin 3K 1.200 cc dengan transmisi 4 percepatan manual. Namun akibat banyak juga masyarakat yang membutuhkan kendaraan angkutan penumpang, Kijang Buaya pun disulap jadi mobil penumpang oleh sejumlah perusahaan karoseri.

Generasi Kedua (Toyota Kijang Doyok KF20)

Pasca suksesnya Kijang Buaya, Toyota lantas meneruskan dengan Kijang Doyok. Sebutan untuk Kijang generasi kedua yang mulai dijual Juni 1981. Menggunakan kode KF20 secara fisik bentuknya masih berupa pick up. Tapi tetap ada sejumlah pembaruan.

Kijang Doyok juga masih berupa mobil pick up

Seperti bentuk kap mesin yang lebih landai, desain pintu yang lebih kokoh, serta jok yang juga sedikit lebih nyaman. Mesinnya pun berganti jadi 4K 1.300 cc tapi transmisinya masih manual 4-speed dan suspensinya masih per daun.

Generasi kedua Toyota Kijang ini pun mengalami facelift di tahun 1984. Antara lain gril yang lebih modern dan pemakaian lampu kotak.

Toyota Kijang KF20 versi facelift

Mesinnya juga berubah jadi 1.500 cc 5K. Diperiode ini pula muncul Toyota Kijang KF20 tipe minibus oleh sejumlah perusahaan karoseri yang ditunjuk pihak Astra. Tipe minibus ini pun terbagi dua model, ada yang 3 pintu (Kijang Family) dan 4 pintu (Kijang Commando).

Baca juga: Prediksi Mesin Toyota Kijang Innova Zenix, Pakai Punya Lexus?

Generasi Ketiga (Toyota Kijang Super)

Pada generasi ini, konsep Kijang sebagai kendaraan angkutan barang mulai bergeser sebagai kendaraan penumpang. Mesinnya masih 5K 1.500 cc tapi punya tenaga lebih besar dari generasi sebelumnya dan sudah disedikan pula varian transmisi 4 percepatan dan 5 percepatan manual.

Toyota Kijang Super

Dijuluki Kijang Super, ada beberapa varian yang disediakan Toyota saat itu. Yakni Commado untuk tipe 4 pintu dengan transmisi 4 speed atau 5 speed dan ada tipe Ranger yang berbentuk 3 pintu. Lantas karena muncul sejumlah keluhan dari penggunanya, di 1991 Toyota menambahkan sistem Rack & Pinion di sisitem kemudi Kijang Super. Sehingga membuat sistem kemudi lebih ringan.

Setahun berikutnya muncul facelift dari Kijang Super yang diberi nama Kijang Grand Extra. Toyota mulai memperkenalkan sisitem Full Press Body di model ini, yaitu sebuah pembuatan bodi secara utuh dengan mesin press, serta sambungan antar bagian bodinya pakai metode las titik. Saat itu, baru Kijang yang pakai sistem bodi minim dempul.

Toyota Kijang Grand Extra

Pada periode awal, mesinnya tetap pakai 5K 1.500 cc, namun sejak 1995 diganti mesin 7K 1.800 cc dengan tenaga dan torsi yang lebih besar. Di model ini ada beberapa varian yang sempat dijual, yaitu Deluxe, Grand Extra, dan Kijang G.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Dikabarkan Rilis November 2022, Ini Bocoran Fitur dan Harganya

Generasi Keempat (Toyota Kijang Kapsul)

Setelah bertahan dengan desain bodi mengkotak, pada generasi keempat ini hadir dengan bentuk eksterior lebih membulat. Sehingga pada akhirnya dijuluki Kijang Kapsul. Tak cuma itu, di generasi ini pula untuk pertama kalinya Kijang hadir dengan pilihan mesin diesel.

Toyota Kijang Kapsul

Sehingga pada awal kemucnulannya pada 1997, Kijang punya dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin 7K 1.800 cc dan mesin diesel 2.400 cc non turbo. Kijang diesel kala itu muncul lantaran Isuzu Panther seolah melenggang tanpa lawan.

Di tahun 2000, Kijang Kapsul mengalami perubahan mesin. Jika tadinya pakai sistem karburator, berubah jadi Electronic Fuel Injection (EFI).

Toyota Kijang Krista

Pilihan kapasitas silindernya ada yang 1.800 cc EFI berkode 7K-E dan 2.000 cc EFI 1RZ-E. Kijang generasi keempat ini pula pertama kali Toyota mulai mengekspor Kijang ke mancanegara.

Generasi Kelima (Toyota Kijang Innova)

Bisa dibilang tahun 2004 adalah tonggak bergantinya karakter dari Toyota Kijang. Sebab sejak namanya berubah jadi Kijang Innova, mobil ini seakan naik kelas jadi MPV mewah kelas menengah. Desain fisiknya juga lebih modern dan premium.

Kijang berganti nama jadi Innova

Mesin yang dipilih 2.000 cc 1TR-FE dari generasi sebelumnya tapi pakai teknologi VVT-i. Alhasil tenaganya juga jauh lebih besar. Adapun pilihan mesin dieselnya berkapasitas 2.500 cc dengan kode 2KD-FTV lengkap dipersenjatai Turbocharger Common Rail yang dinamai Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection (D4D).

Generasi pertama Kijang Innova ini pun mengalami beberapa kali facelift. Pertama di tahun 2008, lantas facelift kedua 2011, dan facleift yang ketiga di 2013.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Meluncur Sebentar Lagi, Versi Diesel Hilang dari Peredaran

Generasi Keenam (Toyota Kijang Innova Reborn)

Innova kembali mengalami evolusi pada tahun 2015 yang kemudian muncul dengan nama Innova Reborn. Untuk varian meisn bensin masih tetap pakai engine berkode 1TR-FE. Namun untuk mesin diesel pakai kode 2GD-FTV berteknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) dengan kapasitas 2.400 cc.

Kijang Innova generasi kedua

Tahap awal, Toyota innova Reborn ditawarkan dengan varian G, V, dan Q. Namun kemudian muncul varian Innova Venturer yang jadi tipe termahal dari Toyota Kijang Innova. Innova inilah yang masih dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) sampai akhirnya diganti Toyota Kijang Innova Zenix  sebagai Toyota Kijang generasi ketujuh.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 390,00 Juta
Rp 7,95 Juta/bln

10.962 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0

Rp 360,00 Juta
Rp 7,33 Juta/bln

25.226 km

1,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0

Rp 323,00 Juta
Rp 6,58 Juta/bln

89.898 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0

Rp 310,00 Juta
Rp 6,32 Juta/bln

89.687 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4

Rp 364,00 Juta
Rp 7,42 Juta/bln

39.691 km

5,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat