Cerita Bos Toyota Sulitnya Kembangkan Yaris Cross Saat Masa Pandemi

Toyota Yaris Cross yang masuk segmen Sport Utility Vehicle (SUV) Compact sejatinya resmi diluncurkan pada Mei 2023. 

Memang Yaris Cross ini masih seumur jagung, namun mobil yang diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), di Plan 2 Karawang, Jawa Barat, ternyata tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, namun juga ekspor. 

Tentu saja ini menjadi perhatian, kenapa Toyota mempercayakan Indonesia jadi basis produksi Yaris Cross. Terlebih mobil ini juga dijejali teknologi hybrid. 

Baca juga: Setiap Kurang dari 2 Menit Toyota Yaris Cross Lahir di Karawang

Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azam dan Direktur Manufacturing TMMIN, I Nyoman Winaya, berbincang dengan media di pabrik PT TMMIN, Karawang, Jawa Barat. (Foto: Toyota)

Nah, fakta-fakta menarik soal alasan dibuatnya Toyota Yaris Cross di Karawang membuat Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azam, terpaksa harus angkat bicara.

"Jadi sekitar empat tahun lalu, kita merencanakan memasuki elektrifikasi, memproduksi mobil-mobil berteknologi baterai, jadi ini suatu hal yang baru,” ungkap Bob saat ditemui di Plan 2 PT TMMIN, di Karawang, Jawa Barat. 

Menurut dia, untuk merencanakan produksi mobil di dalam negeri, tidak hanya sekadar biaya, namun juga berbagai hal perlu dilakukan, termasuk kesiapan pabrik.

Baca juga: Intip Tahapan Produksi Toyota Yaris Cross Buatan Karawang yang Bakal Diekspor

Autofun dan beberapa media berbincang dengan Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azam. (Foto: Toyota)

“Karena memproduksi mobil listrik itu nggak gampang. Karena teknologi baru, maka harus diperhatikan dari sisi profit, dan kalau kita nggak usaha keras itu pasti minus,” ucapnya.

Bob sendiri tak menampik, untuk masuk era elektrifikasi tidaklah mudah, terlebih untuk menggarap mobil sudah seharusnya melakukan metode gemba (melihat secara langsung lokasi dan lainnya).

Belum lagi, dalam beberapa tahun terakhir, PT TMMIN juga mempersiapkan produk yang juga mengalami perubahan signifikan, yaitu All New Veloz pada tahun tahun 2021, dan All New Kijang Innova Zenix pada tahun 2022.

Baca juga: Pemerintah Ingin Ekspor Toyota Yaris Cross Sampai ke Australia

Masa Sulit Toyota di Masa Pandemi

Proses pengecatan Toyota Yaris Cross (Foto: Toyota)

Satu hal yang perlu dicatat, dalam melakukan pengembangan hingga menjadi sebuah mobil untuk diproduksi kemudian dijual bukanlah hal mudah. 

Bahkan Direktur Manufacturing TMMIN, I Nyoman Winaya  menyatakan, dalam pengembangan Yaris Cross paling terasa mengalami kesulitan karena masa pandemi Covid-19. 

“Disaat pandemi yang lagi ketat-ketatnya (tahun 2020-2021) dan PPKM serta lainnya, jangankan orang Jepang datang kesini (ke Indonesia), kita saja mau datang ke pabrik tidak bisa. Lampu jalan malam saja disuruh dimatiin, nggak boleh masuk pabrik,” kenang Wayan.

Pemerikasaan pada bagian lampu-lampu dan sensor (Foto: Toyota)

Alhasil, lanjut Wayan, agar peluncuran mobil ini tetap sesuai dengan rencana, maka berbagai bimbingan dan komunikasi selama pandemi dilakukan secara online. 

Beruntung sebelum pandemi yang mencekam dan kondisi Covid-19  mulai menurun, Toyota Indonesia sempat memberangkatkan beberapa pekerja untuk melakukan pelatihan di Jepang, termasuk mempelajari perihal penggunaan baterai untuk kendaraan elektrifikasi. 

Melakukan pemerikasaan disetiap detailnya. (Foto: Toyota)

“Sebelum kita mau tahu ada ini (Toyota Yaris), kita sudah siapkan orang, termasuk juga mempersiapkan kompetensi untuk operator-operator baru. Jadi skil-skil apa saja yang disiapkan untuk dimiliki. Kurang lebih ada 45 kompetensi skil yang kita persiapkan terkait dengan persiapan elektrifikasi,” ucapnya. 

Beruntung, Toyota Yaris Cross yang diluncurkan pada Mei 2023, ternyata sebulan kemudian modelnya langsung di ekspor.

Unit yang siap di ekspor dan kirim ke dealer (Foto: Toyota)

“Khusus Yaris Cross, pertama diproduksi dan langsung ekspor. Biasanya kita produksi tiga bulan dulu, kita lihat ada problem atau nggak. Tapi ini, Toyota produksi dan hari yang sama kita ekspor, cukup membanggakan ekspor ini ke banyak negara karena memang nggak mudah,” tutup Bob.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Yaris Cross

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 270,00 Juta
Rp 5,50 Juta/bln

9.775 km

1,5 tahun

Jakarta

Beli Sekarang

2021 Toyota RAIZE GR SPORT 1.0

Rp 233,00 Juta
Rp 4,75 Juta/bln

14.276 km

2 tahun

Jakarta

Beli Sekarang

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Beli Sekarang

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 248,00 Juta
Rp 5,05 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Beli Sekarang

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 200,00 Juta
Rp 4,08 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Beli Sekarang
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Test Drive Yaris Cross Hybrid, Harganya Lebih Murah dari HR-V Turbo!

Yaris Cross Jadi Hybrid Pertama di Kelas HR-V - Creta!

Toyota Yaris Cross 2022 - Detail Interior dan Eksterior (Crossover Bagus)

Toyota Yaris Cross 2022, Mesin Hybrid Kini Lebih Canggih

ALL NEW YARIS CROSS 2021 Toyota - ADS

Berita Terbaru

Suzuki S-Presso di Indonesia Kena Recall, Ini Masalahnya

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan recall atau yang mereka sebut dalam program Product Quality Update untuk kendaraan model S-Presso lansiran Juli 2022-Maret 2023. Menurut Service Asst to Dept Head PT SIS Hariadi, Product Quality Update merupakan bagian dari komitmen Suzuki dalam memberikan pelayanan secara optimal bagi pemilik dan pengguna S-Presso. Baca juga: Suzuki S-Presso AGS Lebih Diminati Ketimbang yang Manual, Dianggap Lebih Praktis “Secara global, Suzuki telah mengumumkan perluny

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023: Chery Tiggo 8 Pro Paket Komplit SUV Mewah Andalan Keluarga

Chery Tiggo 8 Pro masuk dalam kategori Big SUV yang kami rekomendasikan sebagai mobil keluarga 2023. Mobil ini dikhususkan untuk seorang bapak yang ingin mempunyai mobil pribadi sebagai penunjang aktivitas. Sebagai informasi, Chery Tiggo 8 Pro diluncurkan bersamaan dengan adiknya, Tiggo 7 Pro. Dua lini produk Tiggo Series ini menandakan kembalinya Chery di Indonesia. Diantara kompetitor lainnya, Tiggo 8 Pro tampil beda dengan desain paling mewah dan belum banyak ditemukan di pasaran. Sebuah Big

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023: Mazda CX-5 SUV Pintar yang Mengedepankan Kenyamanan Berkendara

Memasuki semester kedua tahun ini, tentunya Anda perlu mencari rekomendasi mobil keluarga 2023 yang tepat sebagai kendaraan wajib ada di garasi rumah, satu diantaranya adalah Mazda CX-5. Bagaimana tidak, Mazda CX-5 jadi salah satu mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang cukup menarik untuk dipilih sebagai mobil yang menunjang mobilitas sehari-hari maupun bersama keluarga. Tak ayal gelar High Tech/Advance Family SUV sebagai Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 dari Autofun pun layak melekat di Medium S

BMW X1 2023 Resmi Meluncur di Indonesia, Siap Melanjutkan Trah Model Terlaris BMW

BMW selaku brand premium yang cukup kawakan di Indonesia pada hari ini, Jumat (28/7) resmi meluncurkan generasi terbaru X1 2023. Crossover ini dijual dengan harga Rp877 juta off the road Jakarta. Melalui BMW X1 2023, BMW Group Indonesia berharap model ini kembali jadi yang terlaris. "BMW X1 merupakan salah satu model yang mencatatkan kisah sukses. Mobil ini terjual lebih dari 2,7 juta unit di seluruh dunia dalam periode 2009 hingga 2022. Sementara itu di Indonesia, BMW memimpin penjualan di segm

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023: Wuling Alvez Punya Harga Terjangkau Namun Kaya Fitur

Meski belum genap setahun, Wuling Alvez tampaknya pantas untuk masuk dalam daftar rekomendasi mobil keluarga 2023. Ya, sosok Wuling Alvez memang menjadi pendatang baru yang cukup berani untuk menghadapi sederet mobil Compact Sport Utility Vehicle (SUV) di pasar otomotif nasional. Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir sejumlah brand otomotif yang ada di Indonesia seperti latah, karena ingin mengisi kekosongan di segmen Compact SUV yang nyatanya belum terlihat menonjol dari segi penjual

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQB

Rp 1.680,00 Milyar

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQA

Rp 1.570,00 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG 4 EV

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Hyundai

Hyundai Ioniq 6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota RAV4

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Toyota Yaris Cross
Lihat