window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Cara Mudah Cek Plat Nomor Mobil B Tangerang

Enda · 6 Mei, 2024 11:01

Cek pajak kendaraan tangerang

Cara cek plat nomor B Tangerang bisa kalian lakukan dengan beberapa langkah mudah, bahkan tidak harus datang ke Samsat terdekat, namun cukup melalui ponsel.

Meski sama-sama pakai plat nomor dengan awalan huruf B, untuk cek plat nomor Tangerang, Depok, dan Bekasi ternyata berbeda dengan plat nomor DKI Jakarta.

Pengecekan status kendaraan sendiri bisa dilakukan melalui aplikasi, SMS atau web resmi SAMSAT daerah yang dituju.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain mendapat informasi mengenai keaktifan pajak, tahun pembuatan, nomor mesin dan juga warna, pengecekan dilakukan sekaligus mengetahui keabsahan kendaraan.

Proses cara cek plat nomor B Tangerang ini sangat diperlukan terutama ketika ketika hendak membeli mobil bekas atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang sebuah kendaraan bermotor di Tangerang.

Hal tersebut karena plat nomor tidak hanya menjadi identitas kendaraan, tetapi juga dapat memberikan beberapa informasi tambahan yang penting untuk diketahui sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan kendaraan tadi.

Di Tangerang, seperti halnya di wilayah lain di Indonesia, pelat nomor kendaraan bermotor memiliki kode khusus yang memberikan petunjuk tentang asal kendaraan tersebut.

Nah proses pengecekan plat nomor kendaraan yang bisa dilakukan secara online ini tentunya akan memudahkan jika kalian hendak melakukan transaksi jual-beli mobil bekas.

Berikut ini cara cek plat nomor B Tangerang yang bisa dilakukan untuk mengetahui informasi terkait pajak dan status kendaraan tersebut.

Baca juga: 8 Alasan Harga Mobil Baru Semakin Mahal, Bukan Cuma Akibat Pajak

1. Cek Plat Nomor Tangerang Lewat USSD

Cek pajak kendaraan tangerang

Cara cek plat nomor B Tangera yang pertama-tama bisa kalian lakukan untuk mengetahui seputar informasi pajak dan status kendaraan berdasarkan plat nomor wilayah Tangerang, bisa menggunakan metode USSD (Unstructured Supplementary Service Data).

Teknik ini merupakan cara paling mudah cek plat nomor kendaraan tanpa NIK atau KTP pemilik kndaraan tersebut.

Cukup menggunaan ponsel jenis apapun, langkah ini adalah cara paling mudah dan paling cepat dilakukan.

Berikut tahapannya:

  1. Siapkan ponsel kalian lalu masuk ke menu Panggilan Telepon;
  2. Selanjutnya ketik kode *368*1# kemudian pencet tombol panggilan telepon;
  3. Berikutnya, pilih opsi "DITLANTAS Polda Metro Jaya";
  4. Langkah selanjutnya memilih menu "Info Pajak Ranmor";
  5. Kemudian masukkan "Kode Plat Nomor Kendaraan" yang hendak kalian cari tahu terkait informasinya;
  6. Tunggu beberapa detik, informasi mengenai status kendaraan yang dituju akan segera ditampilkan pada layar ponsel kalian.

2. Cara Cek Plat Nomor Kendaraan B Tangerang Via SMS

Cek plat nomor b tangerang

Tampilan menu terkait informasi kendaraan melalui SMS

Cara lainnya untuk cek plat nomor Tangerang bisa melalui SMS.

Langkah ini juga cukup mudah dilakukan dan tanpa memerlukan ponsel dengan spesifikasi khusus, hanya saja sebelum melakukan pengecekan, pastikan ponsel kalian memiliki pulsa untuk melakukan pengiriman pesan singkat (SMS).

Untuk mengecek informasi mengenai kendaraan yang surat-suratnya terdaftar pada Samsat Tangerang dan sekitarnya, maka kalian cukup lakukan beberapa langkah ini:

  1. Aktifkan ponsel dan buka menu layanan SMS;
  2. Ketik pesan SMS dengan format "INFO RANMOR (spasi) plat nomor kendaraan yang ingin diketahui informasinya", contoh "INFO RANMOR B 1242 XNM"
  3. Atau kalian juga bisa kirim pesan dengan format: "INFO (spasi) PAJAK (spasi) nomor plat mobil yang dicari", contoh: INFO_PAJAK_B 6661 VW
  4. Kemudian kirimkan SMS tersebut ke nomor 8893;
  5. Jika format tersebut gagal atau tidak mendapat respon, kalian juga bisa ketik SMS dengan format "METRO (spasi) nomor plat kendaraan", contoh METRO B 1396 ZT;
  6. Kemudian kirim SMS tersebut ke nomor 1717.

Nantinya akan muncul balasan SMS yang berisi info plat nomro kendaraan, merek dan tipe kendaraan, warna kendaraan, tahun produksi, jenis bahan bakar, dan masa berlaku STNK dari kendaraan tersebut.

Baca juga: Banyak yang Pinjam KTP Orang Lain Jadi Alasan Pajak Progresif Kendaraan Mau Dihapus Permanen

3. Gunakan Aplikasi SIGNAL

Cek pajak kendaraan tangerang

Melalui aplikasi SIGNAL yang bisa diunduh dari Google PlayStore

Cara lain cek plat nomor Tangeran juga bisa kalian lakukan dengan menggunakan aplikasi SIGNAL (SIM Digital Nasional) yang bisa diunduh ke ponsel berbasis sistem operasi Android melalui menu di Gogle Playstore.

Sebelum melakukan pengecekan status pajak kendaraan, kalian diwajibkan untuk melakukan registrasi akun, dengan memasukkan data lengkap seperti data diri, email dan nomor HP yang aktif, foto profil, hingga informasi lengkap mengenai identitas mobil.

Berikutnya masuk ke menu "Pendaftaran Pengesahan STNK" melalui aplikasi, kemudian masukkan nomor NKKB mobil yang hendak diketahui informasinya.

Tunggu beberapa detik untuk kemudian informasi mengenai besaran pajak dan masa berlaku STNK kendaraan itu ditampilkan melalui aplikasi tadi.

4. Menggunakan Aplikasi SAMBAT

Cek pajak kendaraan tangerang

Aplikasi SAMBAT

Terkahir, cara mengecek pajak kendaraan bermotor Tangerang bisa melalui aplikasi SAMBAT (Samsat Banten Hebat).

Pertama-tama download dan install aplikasi SAMBAT di handphone melalui Playstore.

Lakukan registrasi akun, apabila tidak memiliki akun pada aplikasi, kemudian tekan menu “Info PKB”.

Selanjutnya masukan nomor polisi kendaraan pada kolom kemudian lakukan pencarian untuk kemudian tertampil informasi besaran pajak secara lengkap.

Baca juga: Hore! Pemutihan dan Diskon Pajak Kendaraan di Jawa Barat Diperpanjang Sampai Desember 2023

5. Melalui Situs Resmi Pemerintah Kota Tangerang

Cek plat nomor b tangerang

Masuk ke layanan menu pajak kendaraan

Pengecekan status pajak kendaraan bermotor wilayah Tangerang selain dari aplikasi, kalian juga bisa mengaksesnya melalui situs resmi Pemerintah Kota Tangerang.

Tidak perlu membutuhkan komputer atau laptop, kalian bisa buka laman situs https://pemerintah.kota.com/cek-pajak-tangerang/ di ponsel atau tablet yang kalian miliki.

Namun agak berbeda dengan cek plat nomor B Tangerang menggunakan SMS maupun aplikasi digital, saat mengakses situs Pemkot (Pemerintah Kota) Tangerang, kalian akan masuk ke menu kalkulator pajak kendaraan

Tapi tenang, caranya mudah kok, melalui website tersebut kalian hanya tinggal menginput data-data kendaraan dan jumlah bulan menunggak denda.

Kemudian kalkulator tersebut akan otomatis mengeluarkan informasi seputar pajak kendaraan yang kalian input datanya, sekaligus mengakumulasikan denda yang harus dibayar.

Berikut caranya:

  1. Buka laman situs resmi Pemkot Tangerang;
  2. Pilih menu kolom "Kalkulator denda pajak mobil Tangerang";
  3. Masukkan "Jumlah pokok pajak atau PKB" dari kendaraan yang kalian ingin tahu informasinya;
  4. Masukkan "Jumlah bulan menunggak" sesuai dengan berapa lama pemilik kendaraan sebelumnya menunggak pajak;
  5. Jika sudah, maka akan tampil informasi pajak dan besaran pajak kendaraan yang harus dibayar apabila pajak lama tidak dibayarkan.

Kesimpulan

Itu dia berbagai cara cek plat nomor B Tangerang dengan mudah tanpa harus kalian datang ke kantor Samsat di lokasi tersebut. 

Dengana danya berbagai teknologi digital yang sudah dikembangkan pemerintah dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), kini kalian bisa melakukan pengecekan dengan mudah hanya menggunakan ponsel melalui kelima cara tadi.

Pastikan kalian memverifikasi informasi tersebut dengan teliti untuk menghindari masalah di masa depan terkait dengan kepemilikan atau status legal kendaraan. 

Dengan begitu, hal ini akan sangat memudahkan kalian yang hendak melakukan verifikasi legalitas surat-surat kendaraan bermotor sebelum melakukan transaksi jual beli kendaraan.

@garasi.autofun Jalan-jalan dulu ke luar, kita liat aturan lalu lintas yang mungkin bikin heran #tipsmobil #funfact #autofact #mobilbaru #mobilbekas #lalulintas #polisi #polisiindonesia ♬ (Fusion) Gran Turismo Meni ... - Mitto

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil