window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Siapkan Dompet! Indonesia Diecast Expo ke-11 Bakal Digelar 26-27 Oktober 2024 di BSD

Budi · 26 Apr, 2024 22:00

Siapkan Dompet! Indonesia Diecast Expo ke-11 Bakal Digelar 26-27 Oktober 2024 di BSD 01

Ajang pameran mainan mobil miniatur terbesar di Tanah Air, Indonesia Diecast Expo (IDE) bakal digelar untuk ke-11 kalinya pada 26-27 Oktober 2024 mendatang. Acara ini akan dilangsungkan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan.

Penyelenggara IDE menyebutkan bahwa pameran tahun ini akan menampilkan gelaran yang lebih lengkap yang ditandai dengan semakin banyaknya brand-brand diecast yang akan bergabung di IDE 11 sehingga diharapkan dapat lebih menarik banyak pelaku pasar, pengkolektor serta komunitas mainan miniatur di Indonesia, termasuk para penggemar otomotif.

Baca juga: VW Kembar Siam ini Sukses Jadi Jawara HW Legends Tour Indonesia, Bakal Jadi Legenda Hot Wheels dari Indonesia!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Korelasi Kuat Diecast dan Industri Otomotif

Terinspirasi dari kesuksesan penyelenggaraan IDE ke-10 atau IDE X dimana dalam pameran kala itu juga ditampilkan beberapa mobil skala 1:1 yang menarik perhatian, hal ini seakan memberikan bukti nyata bahwa ada korelasi yang kuat antara industri mainan miniatur ini dengan industri otomotif. 

Siapkan Dompet! Indonesia Diecast Expo ke-11 Bakal Digelar 26-27 Oktober 2024 di BSD 01

“Bagi banyak orang, diecast lebih dari sekadar mainan; mereka adalah representasi dari passion dan kecintaan terhadap mobil. Fakta menariknya, banyak penggemar diecast juga merupakan penggemar otomotif. Hal ini tidak mengherankan, mengingat diecast menawarkan kesempatan unik untuk mempelajari detail mobil, sejarah desainnya, dan bahkan teknologi mesinnya,” ungkap Arya Lembana, selaku Ketua Penyelenggara Indonesia Diecast Expo 2024.

 

“Bahkan di balik miniatur mungil ini, tersembunyi pula dunia otomotif yang luas dan penuh cerita,” tambahnya kala ditemui di sela-sela acara Halal bi Halal IDE di Jakarta kemarin (25/5).

Hal itu diamini oleh tamu undangan yang hadir pada acara tersebut dan berasal dari industri otomotif. Pada kesempatan tersebut, hadir Ario Soerjo selaku Marketing and Development Division Head KIA Indonesia, dan Arie Christopher sebagai CEO Subaru Indonesia. Keduanya mengungkapkan bahwa kecintaan mereka terhadap dunia diecast juga sangat dipengaruhi oleh passion dan pekerjaan mereka di dunia otomotif.

Siapkan Dompet! Indonesia Diecast Expo ke-11 Bakal Digelar 26-27 Oktober 2024 di BSD 02

Baik Ario maupun Arie bahkan telah mengoleksi berbagai macam diecast yang jumlahnya hingga ribuan. “Koleksi diecast yang saya miliki sebagian besar menggambarkan perjalanan karier saya di industri otomotif,” tukas Ario yang sudah pernah bekerja di beberapa APM otomotif di Indonesia.

Baca juga: Mobil-mobil Hot Wheels Dalam Wujud 1:1 Siap Hadir di Indonesia

Road to IDE 11 Hingga Mancanegara

Dalam rangkaian perjalanan menuju pelaksanaan IDE 11, penyelenggara juga akan menyelenggarakan beberapa aktivitas ‘Road To IDE 11’ yang salah satunya diantaranya adalah Halal bi Halal kali ini.

Siapkan Dompet! Indonesia Diecast Expo ke-11 Bakal Digelar 26-27 Oktober 2024 di BSD 03

Kedepannya, juga akan diadakan acara silaturahmi dengan beberapa komunitas diecast, hingga akan turut serta dalam event diecast di luar negeri yaitu Malaysia Diecast Expo (MDX) 2024 pada 17 Mei 2024 mendatang. Selain itu, IDE juga akan mendukung beberapa kegiatan launching dan promosi brand diecast di Indonesia serta berpartisipasi pada aktivitas komunitas diecast dan otomotif.

Salah satu bentuk aktivitas yang dilakukan IDE juga tampak pada kegiatan kali ini yang memberikan kesempatan kepada Tarmac Work Indonesia sebagai salah satu partner IDE 11. Dalam acara halal bi halal kali ini, produsen model scale mobil yang berasal dari Hong Kong ini memanfaatkan momen untuk memperkenalkan produk terbaru mereka yaitu Tarmac Cards yang merupakan trading card untuk dikoleksi.

Siapkan Dompet! Indonesia Diecast Expo ke-11 Bakal Digelar 26-27 Oktober 2024 di BSD 04

Kartu koleksi ini akan berisi mengenai informasi mobil-mobil yang dijadikan model scale oleh pihak Tarmac, namun didesain secara eksklusif dan diproduksi terbatas sehingga sangat bernilai untuk dikoleksi. “Kami yakin kartu ini tak hanya akan digemari oleh para kolektor kartu, tapi juga para penggemar diecast di Indonesia. Saat ini kami memang baru memperkenalkan prototipe Tarmac Cards khusus untuk rekan-rekan jurnalis, namun kami belum bisa menginformasikan kapan kami akan secara resmi akan meluncurkannya di pasar,” ujar Stevan Obed Ongkowijaya, sebagai Marketing Head Tarmac Works Indonesia.

Baca juga: Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024 Resmi Digelar, Jadi Jembatan Industri Otomotif dengan Pemerintah

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil