window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

VW Kembar Siam ini Sukses Jadi Jawara HW Legends Tour Indonesia, Bakal Jadi Legenda Hot Wheels dari Indonesia!

Budi · 23 Agu, 2022 17:00

VW Kembar Siam ini Sukses Jadi Jawara HW Legends Tour Indonesia, Bakal Jadi Legenda Hot Wheels dari Indonesia! 01

  • Juara Pertama di HW Legends Tour Indonesia perdana
  • Gabungan VW Split Bug dengan VW Split Bus
  • Akan menjadi wakil Indonesia di ajang yang sama tingkat Asia Pasifik 

Puncak gelaran Hot Wheels Legends (HW) Tour Indonesia akhirnya dilangsungkan dengan memilih Volkswagen Kembar Siam milik Denny Kusumah sebagai juaranya. Mobil yang merupakan perpaduan VW Split Bus dengan VW Split Bug ini memang menyuguhkan karakter kuat sebuah Hot Wheels yang menyuguhkan originalitas dan garage spirit dari Hot Wheels yaitu “It’s built not bought”

VW Kembar Siam ini Sukses Jadi Jawara HW Legends Tour Indonesia, Bakal Jadi Legenda Hot Wheels dari Indonesia! 02

VW Kembar Siam yang disebut sendiri oleh Denny sebagai VW DaKodok alias Dakota-Kodok sukses mengalahkan 29 pesaing lain yang masuk ke dalam 30 besar finalis HW Legends Tour Indonesia. Bahkan VW unik ini sukses mengalahkan mobil-mobil yang disebut legenda di Indonesia oleh pemiliknya, seperti Camaro Z28 ataupun Ford Mustang Shelby GT500.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Dicari! Mobil Modifikasi Unik Untuk Diubah Jadi Hot Wheels, di Ajang Hot Wheels Legends Tour Indonesia

Sesuai Konsep HW Legends Tour

Kunci kemenangan VW DaKodok yang dimiliki Denny ini memang datang dari kematangan sang pemilik dalam memahami konsep HW Legends Tour ini. Ada 5 kriteria yang diminta oleh Hot Wheels di seluruh dunia bagi para peserta HW Legends Tour ini. Yang pertama adalah Hot Wheels Story, dimana mobil yang ikut mendapatkan inspirasi dari mobil-mobil diecast Hot Wheels dalam memodifikasi mobil mereka.

VW Kembar Siam ini Sukses Jadi Jawara HW Legends Tour Indonesia, Bakal Jadi Legenda Hot Wheels dari Indonesia! 01

Yang kedua adalah soal desain yang memiliki karakteristik layaknya mobil diecast Hot Wheels yang unik. Yang ketiga adalah orisinalitas yang menjadikan mobil ini tampak berbeda dan out of the box. Keempat adalah garage spirit yang tergambarkan dalam konsep “It’s built not bought”, dimana elemen-elemen modifikasi penting pada mobil menitikberatkan sisi pembuatannya, bukan modifikasi yang sekedar beli dan pasang. Dan terakhir adalah kemampuan mobil tersebut dapat dikendarai dengan menyenangkan.

VW Kembar Siam ini Sukses Jadi Jawara HW Legends Tour Indonesia, Bakal Jadi Legenda Hot Wheels dari Indonesia! 02

Penjurian di ajang HW Legends Tour Indonesia ini dilakukan oleh 5 orang juri secara hybrid, dimana 3 orang juri berasal dari Indonesia dan 2 orang adalah para desainer Hot Wheels di Amerika Serikat. Hasilnya, setelah melalui penjurian yang cukup ketat, para juri sepakat untuk memilih VW Kembar Siam ini sebagai pemenang di ajang HW Legends Tour Indonesia yang pertama.

VW Kembar Siam ini Sukses Jadi Jawara HW Legends Tour Indonesia, Bakal Jadi Legenda Hot Wheels dari Indonesia! 03

“Kami akhirnya sepakat untuk memutuskan Denny Kusumah dengan mobil VW “Kecebong Kembar Siam” ini keluar sebagai pemenang. Selain mobilnya memenuhi kriteria kompetisi ini, diperkuat lagi Denny sendiri sangat paham dengan konsep dari semua produk-produk Hot Wheels yang selalu menghadirkan faktor WOW,” ujar Audi Wajong, salah satu juri dari Indonesia.

Selain VW Kembar Siam ini, masih ada pemenang ke-2 yaitu Holden Torana ala drag dan di posisi ke-3 ada Daihatsu GranMax ala Mooneyes yang juga cukup menarik perhatian.

Baca juga: Daihatsu Xenia Sport: Begini Inspirasi Modifikasi Mobil Keluarga Ala JDM

VW DaKodok Padukan Split Bug dan Split Bus

Kemampuan Denny Kusumah menerjemahkan keinginan Hot Wheels memang tampak dari hasil akhir VW Kembar Siam ini yang disebutnya sebagai DaKodok. Nama yang dipilih oleh Denny karena memang mobil ini memadukan tampilan wajah VW Split Bus yang kerap disebut sebagai VW Dakota dan bagian belakang dari VW Split Bug yang di Indonesia dipanggil VW Kodok. 

VW Kembar Siam ini Sukses Jadi Jawara HW Legends Tour Indonesia, Bakal Jadi Legenda Hot Wheels dari Indonesia! 04

Sebagaimana diceritakan Denny kepada aircooledsyndicate.com, mobil ini mengambil basis dari VW Beetle 1962. Denny membuang setengah bagian badan VW Beetle ini dari pilar B ke depan dan kemudian menggabungkannya dengan wajah VW Dakota.

VW Kembar Siam ini Sukses Jadi Jawara HW Legends Tour Indonesia, Bakal Jadi Legenda Hot Wheels dari Indonesia! 05

Sejatinya dia memang tidak menggunakan bagian depan VW Dakota karena ada perbedaan dimensi. Sehingga dia membuat sendiri bagian depannya dengan hanya mengambil desain wajah VW Dakota di bagian depan.  Jika dilihat lebih teliti, ukuran muka VW Split Bus tersebut sebetulnya lebih kecil dari ukuran aslinya karena menyesuaikan dengan ekor milik VW Beetle. 

 

Pada bagian interior, Denny menggunakan tetap menggunakan panel dashboard milik VW Split Bus, dengan sepasang bangku custom aluminium yang menjadi satu-satunya bangku di dalam kabin. Di belakang, di balik kap mesin, Denny tetap menggunakan mesin milik VW 1200.

VW Kembar Siam ini Sukses Jadi Jawara HW Legends Tour Indonesia, Bakal Jadi Legenda Hot Wheels dari Indonesia! 06

“Saya sangat senang dan bangga bisa menjadi pemenang HW Legends Tour Indonesia dan mewakili negara saya ke jenjang yang lebih tinggi untuk berkompetisi dengan negara-negara lainnya. Saya membayangkan apabila mobil saya bisa memenangkan HW Legends Tour dan dibuatkan miniatur skala 1:64 maka saya sudah tidak sabar lagi untuk memamerkannya kepada teman-teman atau keluarga pada saat kita jalan-jalan ke toko mainan dan saya akan bilang “Ya, itu mobil saya!”,“ pungkas Denny.

VW Kembar Siam ini Sukses Jadi Jawara HW Legends Tour Indonesia, Bakal Jadi Legenda Hot Wheels dari Indonesia! 07

Sebagai pemenang di HW Legends Tour Indonesia, Denny dan VW miliknya berhak untuk mewakili negara ini ke HW Legend Tour Semifinal Asia Pacific. JIka menang kembali maka dia akan berhak untuk mewakili Indonesia hingga final global HW Legends Tour di bulan November 2022. Yang pasti Denny saat ini sudah membuktikan bahwa karyanya telah layak untuk menjadi legenda Hot Wheels!

Baca juga: Pameran IMX 2022 Digelar Oktober, Modal Nonton Doang Bisa Dapat 2 Mobil Modifikasi Gratis

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Volkswagen Caravelle Short wheelbase Trendline

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil