window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips Modifikasi Wuling Air ev Bertema Simple, Bisa Tampil Sporty atau Elegant

Prasetyo · 1 Mei, 2024 15:01

modifikasi wuling air ev tomi airbrush

Modifikasi Wuling Air ev saat ini memang semakin marak seiring terus bertambahnya populasi mobil listrik berukuran imut itu di Indonesia.

Beberapa unit Wuling Air ev modifikasi ini juga mungkin saja pernah kalian temui di jalan, atau ketika terparkir disebuat tempat umum seperti mall atau pusat wisata.

Nah di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayora, Jakarta, tampil juga beberapa unit modifikasi Wuling AirEV.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah yang dipamerkan kali ini adalah Air EV hasil garapan bengkel modifikasi Tomi Airbrush.

Baca juga: Bisa Jadi Rival Kuat Wuling Air ev, Kapan Mobil Listrik Mitsubishi eK X EV Dijual di Indonesia?

Modifikasi Wuling Air ev yang Simple, Bisa Sporty atau Elegant

modifikasi wuling air ev tomi airbrush

Tampilannya jadi makin sporty

Disebutkan oleh Tomy Gunawan sebagai CEO Tomi Airbrush, konsep modifikasi yang ia tawarkan kali ini adalah bentuk modifikasi yang cukup simple.

"Sejak jelang akhir tahun lalu, banyak pelanggan yang datang untuk meminta modifikasi simpel dari Wuling Air EV. Ada yang meminta modifikasi perubahan warna, body kit hingga beberapa diantaranya meminta konsep modifikasi eksterior untuk airbrush," buka Tomy. 

Berangkat dari antusias sebagian pelanggannya mengenai konsep modifikasi Air EV yang datang ke bengkelnya itu membuat Tomy akhirnya merilis konsep desain modifikasi untuk mobil listrik kompak asal pabrikan Cina ini. 

Menjawab kebutuhan para penggemar modifikasi tersebut, Tomy berinisiatif untuk merilis dua buah konsep desain modifikasi Wuling Air EV yang nantinya bisa dijadikan rujukan bagi para penggemar dan pemilik mobil listrik buatan Cikarang, Jawa Barat tersebut. 

Tomy menyiapkan konsep modifikasi bertema sporty dan elegant, dua konsep tersebut dipilih lantaran paling banyak diminati para penggemar modifikasi.

Pasalnya untuk kedua tema tersebut masih sangat memungkinkan diterapkan untuk pemakaian harian, artinya tidak ekstrim yang akan menyulitkan mobilitas harian penggunanya. 

Baca juga: 5 Keunggulan Wuling BinguoEV yang Bikin Konsumennya Kepincut

Modifikasi Wuling Air EV Bertema Sporty

modifikasi wuling air ev tomi airbrush

Bemper depan di tambah lip spoiler dan lekukan lebih tegas pada kedua sisinya

Konsep sporty menjadi hal wajib atau dasar dalam modifikasi harian. 

Untuk membuat wajah Air EV yang imut jadi lebih sporty, Tomy menyisipkan spoiler lip pada bagian bumper depan menggantikan lip bumper standar yang hanya berbentuk rata atau monoton. 

Masih di bagian depan, pada bagian samping bemper oleh Tomy dan timnya juga ditambahkan dengan lekuk bodi yang tegas hingga ke area fender demi menghadirkan kesan dinamis. 

Bergeser ke bagian samping, pada bodi eksterior asli Air EV yang nampak cekungan bodi di bagian pintu, oleh Tomy lekuk desain tersebut ditutup dengan door panel dengan ketebalan sekitar 3 centimeter (cm).

modifikasi wuling air ev tomi airbrush

Bemper belakang juga ditambahkan diffuser biar aksen sporty makin tegas

Semakin disempurnakan, bagian bawah area sisi mobil ini diantara roda depan dan belakang juga ditambahkan kehadiran side skirt di sepanjang sisi bawah pintu hingga mendekat ke kubah roda depan dan belakang. 

Kemudian pada bagian belakang Wuling Air EV konsep sporty juga sangat jelas tergambar.

"Bodi bagian belakang kami menerapkan konsep yang sama dengan bagian depan. Kami melakukan gubahan pada bentuk bumper belakang tepatnya di bagian paling bawah, dengan konsep rear diffuser," jelas Tomy. 

Hal ini dimaksudkan agar kesan sporty juga menyeruak pada bagian buritan mobil listrik tersebut. 

Baca juga: Sama Seperti Binguo EV, Beli Wuling Air ev Sekarang Garansi Baterai Seumur Hidup

Modifikasi Wuling Air ev Konsep Elegant

modifikasi wuling air ev tomi airbrush

Elegant dan bisa eye catching di jalan

Selain tema Sporty, Tomy juga menghadirkan konsep desain modifikasi elegan yang bisa diterapkan pada pemilik AirEV. 

Masih mengusung komposisi yang sama dengan konsep sporty, Tomy tetap memasang spoiler lip pada area bawah bemper depan.

Namun beda dengan tema Sporty, di kosep Elegant ini tidak ada lekuk yang tegas di area fender depan kendaraan tersebut.

Meski begitu, Tomy tetap menambahkan side skirt namun lekukan panel yang dibentuk lebih sederhana.

Kemudian Tomy juga menampilkan door panel pada sisi bawah pintu, serta ada rear diffuser pada bagian belakangnya. 

Desain bodykit yang berbeda dengan model sporty ini tentu saja dibuat dengan dasar pertimbangan desain yang menggambarkan konsep elegant itu sendiri. 

modifikasi wuling air ev tomi airbrush

Lekukan bodykit-nya tidak seagresif tema Sporty

Ada komponen body kit elegant yang berbeda dari sporty, tampak dalam desain berupa boks bagasi yang menyerupai sebuah headset di bagian samping belakang pintu.

Bagian tersebut diyakini Tomy dapat menampung barang ringan dengan kapasitas hingga 18 liter. 

"Secara konsep, body kit elegant didesain lebih simpel modelnya dibanding dengan konsep body kit sporty. Hanya saja pada bagian belakang kami juga melengkapi body kit dengan rear wing, sebagai pelengkap konsep modifikasi elegant," tegas Tomy.

Tomy memastikan seluruh desain konsep modifikasi Wuling Air ev, baik itu Sporty ataupun Elegant dapat direalisasikan di bengkel miliknya. 

"Sejatinya ini tidak hanya rujukan konsep modifikasi tetapi lebih jauh kami sudah siap menjawab pertanyaan para penggila modifikasi untuk produk-produk bodykit Wuling Air ev ini," tambah Tomy. 

Sebagai bentuk partisipasi terhadap perkembangan dunia modifikasi dan aftermarket otomotif di Tanah Air, pihak Tomi Airbrush juga menyediakan body kit modifikasi Wuling Air ev yang siap dikirim ke seluruh penjuru Indonesia.

"Kami juga memberikan peluang untuk bengkel-bengkel modifikasi lain agar dapat berperan serta dalam menjawab setiap tantangan para pecinta modifikasi dalam memenuhi kebutuhan part-part modifikasi yang berujung menggerakkan kegiatan modifikasi di masing-masing daerah terutama luar Jakarta agar dapat menjadi penggerak ekonomi bersama-sama dalam dunia otomotif," katanya. 

Baca juga: Asyik Beli Mobil Listrik Wuling Air ev dan BinguoEV Gratis Biaya Servis Hingga 8 Tahun

Spesifikasi dan Harga Wuling Air ev

modifikasi wuling air ev tomi airbrush

Mobil listrik buatan pabrik Wuling di Cikarang

Air ev merupakan mobil listrik pertama Wuling di Indonesia dengan bentuk mungil yang memiliki ukuran panjang hanya 2.974 mm, lebar 1.505 mm, tinggi 1.631 mm, dan tinggi 1.631 mm.

Dengan bentuk seperti ini, Air ev memang akan sangat compact, sehingga cocok digunakan di perkotaan, apalagi bisa sat set-sat set di jalanan sempit.

Kendati ukurannya sangat kecil, Air ev memiliki tampilan modern, seperti halnya lekukan desain yang dirancang, ditambah penggunaan lampu LED pada mobil tersebut. 

Pada bagian interior Air ev memang terkesan simple, namun begitu aura modern cukup terasa, berkat layar ganda dengan ukuran 10,25 inch (tipe Long Range) yang memanjang. 

Ya, layar Air ev dibagi dua, dimana satu digunakan sebagai sistem hiburan, dan satunya panel instrumen untuk mendapatkan berbagai informasi mobil.

Belum lagi, untuk perpindahan gigi berbentuk knop putar atau Rotary Gear Selector yang cukup unik, dan beberapa tombol hadir agar bisa mengaktifkan berbagai fitur. 

modifikasi wuling air ev tomi airbrush

Jarak tempuhnya bisa sampai 300 km

Meski bentuknya mungil, namun untuk urusan fitur mobil ini cukup canggih, berkat Wuling Indonesia Command (WIND) dan Wuling Remote Control App atau Internet of Vehicle (IoV) 

Diketahui fitur WIND sangat menarik, karena bisa memberikan perintah dengan sistem pengenal suara dan itu menggunakan bahasa Indonesia.

Sementara IoV memungkinkan kendaraan bisa terkoneksi dengan jaringan internet, dimana fitur ini bisa dikendalikan menggunakan smartphone penggunanya dari jarak jauh. 

Fitur IoV juga bisa menyalakan AC sebelum masuk mobil, serta dapat juga menjadi navigasi sebelum mulai berkendara. 

Dengan cara seperti ini saat smartphone terkoneksi dengan head unit mobil, maka navigasi pada kendaraan otomatis akan berfungsi.

Selain itu, sejumlah fitur lainnya pada Air ev yaitu Keyless Entry Remote, Smart Start System, Multifungsi Steering Wheel, Electric Parking Brake, serta Auto Vehicle Holding.

Untuk jantung pacunya mengusung baterai Lithium Ferro-Phosphate dengan standar IP67 Rating untuk keamanannya.

Di atas kertas, baterai untuk Air ev memiliki kapasitas 17.3 kWh - 26.7 kWh yang disandingkan dengan Driver Motor 30 kW, dan single Reduction Gear transmission.

Dengan baterai yang digunakan maka jarak tempuh jika sekali pengisian daya bisa 200-300 km.

Harga Wuling Air ev terbaru 2024:

  • Air ev Lite: Rp190.000.000
  • Air ev Standard Range: Rp224.000.000
  • Air ev Long Range: Rp275.000.000


 

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil