window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Harga BBM Swasta yang Terus Naik sampai Peugeot Indonesia Pamit

Prasetyo · 6 Mei, 2024 10:01

harga bbm terbaru 2024

Daftar harga BBM terbaru memang informasi yang sering dicari oleh masyarakat Indonesia, apalagi pasca terjadinya sejumlah konflik negara lain seperti perang antara Palestina dan Israel.

Perang yang melibatkan beberapa negara wilayah Barat dan Timur Tengah ini memicu harga minyak mentah dunia yang akhirnya juga berimbas pada harga BBM terbaru di dalam negeri.

Tak heran jika hampir setiap bulan, baik penyedia BBM dari pemerintah yaitu Pertamina, maupun pihak swasta seperti Shell, Vivo, atau BP-AKR, melakukan revisi harga dari produk bahan bakar minyak (BBM) yang mereka miliki.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pertamina mungkin bisa jumawa saat ini lantaran beberapa produk BBM mereka seperti Pertalite, Bio Solar, bahkan Pertamax, mendapat subsidi dari pemerintah.

harga bbm terbaru 2024

Harga BBM dari Pertamina masih sanggup bertahan

Namun pihak SPBU brand swasta harus mengikuti fluktuasi harga minyak dunia, disatu sisi mereka seperti ada "larangan" untuk tidak memasarkan harga BBM lebih rendah dibanding harga Pertamax milik Pertamina, alhasil pihak swasta ini pun pasrah.

Nah selain soal update daftar harga BBM terbaru di Indonesia periode Mei 2024, informasi mengenai berhentinya layanan penjualan Peugeot di Indonesia yang selama ini dipegang oleh pihak Astra Group juga menjadi Top 5 Artikel di Autofun selama sepekan ke belakang.

Ya kita tahu selama ini Peugeot menjadi bagian dari brand otomotif yang dinaungi oleh Astra.

Namun merek dari Perancis itu memang seperti anak tiri kalau dibanding brand-brand lainnya yang juga dinaungi grup perusahaan otomotif terbesar di Indonesia tersebut.

peugeot indonesia

Peugeot 2008

Penjualan Peugeot yang tidak signifikan akibat semua unit dan komponennya diimpor dari negara lain yang membuat harganya tidak bisa bersaing ketat dengan kompetitor dari Jepang, juga turut membantu nama merek ini tidak bersinar.

Bahkan untuk jaringan dealer dan bengkel resmi Peugeot di Indonesia pun tidak sebanyak jaringan dealer yang dimiliki oleh brand-brand lain di bawah payung Astra Group.

Cukup menyedihkan, padahal dari sisi kualitas produk, model seperti 3008 atau 5008 memiliki keunggulan yang layak diadu oleh rival-rivalnya.

Nah, selain soal daftar harga BBM terbaru dan dilepasnya Peugeot oleh Astra, berikut ini beberapa artikel yang berhasil jadi Top 5 Autofun selama periode 29 Aril hingga 5 Mei 2024.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Awas Kena Jebakan Beli Mobil STNK Only!

1. Daftar Harga BBM Terbaru Mei 2024, Swasta Naik Semua Pertamina Tetap Bertahan

harga bbm terbaru shell

Harga BBM terbaru dari Shell kembali naik di Mei 2024

Harga BBM terbaru per 1 Mei 2024 kembali mengalami kenaikan, khususnya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik swasta. 

Dari pantauan Autofun di sejumlah SPBU, kenaikan ini terlihat pada daftar harga BBM terbaru di Shell, Vivo, dan juga BP-AKR.

Kabarnya, kenaikan harga pada sejumlah merek BBM atau bahan bakar minyak swasta tak lepas dari pengaruh harga minyak mentah dunia yang masih tinggi. 

Alhasil harga BBM seperti Shell, Vivo, dan BP-AKR kembali naik di awal Mei 2024.

Cek disini untuk daftar harga BBM terbaru di Mei 2024.

2. 5 Mobil Sedan Rp25 Jutaan, Punya Mesin Bandel dan Mudah dalam Perawatan

mobil sedan di bawah Rp 25 juta

Toya Soluna masih layak dipakai harian

Pilihan mobil sedan Rp 25 jutaan ternyata cukup banyak opsi yang bisa kalian dapat, bahkan bukan cuma Toyota Soluna.

Dengan budget Rp25 jutaan, saat ini kalian sudah bisa mempunyai kendaraan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Meskipun anggaran terbatas, Anda tetap bisa menemukan mobil yang memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari dengan fitur yang layak.

Budget seharga motor matic 150 cc kondisi baru ini bisa kita belikan mobil untuk membawa keluarga kecil tercinta berpergian ke suatu tempat tanpa khawatir akan kepanasan maupun kehujanan.

Sebagai catatan, mobil sedan Rp 25 jutaan yang bisa kalian dapat tentunya bukan mobil baru, bahkan usianya cenderung sudah tak lagi muda.

Rata-rata dengan harga seperti itu kalian bisa memilih mobil sedan yang sudah berumur di atas 20 tahun.

Meski begitu, mobil bekas jenis sedan di harga Rp25 jutaan yang kami sampaikan melalui ulasan di bawah ini masih sangat layak untuk dipilih.

Hal tersebut dikarenakan terbukti memiliki tingkat durabilitas tinggi, serta mudah dalam hal perawatan, istilahnya mobil bandel.

Mobil ini juga layak dimiliki jika kalian mungkin baru pertama kali membeli mobil untuk beralih dari kendaraan roda dua karena jumlah anggota keluarga yang telah bertambah.

Penasaran apa saja pilihannya? Klik disini ya!

3. Harga Bekas Isuzu MU-X 2014 Lebih Murah dari Fortuner, Punya Spek Jempolan dan Bisa Pakai Solbus

isuzu mu-x bekas

Isuzu MU-X bekas

Isuzu MU-X pertama kali diluncurkan di Indonesia oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang menempati segmen medium SUV 7-seater bersasiskan ladder frame, pesaing utama Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Memiliki bentuk gagah dan tangguh bergayakan off-road, MU-X dibangun berdasarkan kendaraan pick up, D-MAX dengan membawa sejumlah keunggulan.  

Untuk diketahui, MU-X merupakan produk kolaborasi antara pabrikan Jepang, Isuzu dengan produsen otomotif asal Amerika, Chevrolet dengan menghasilkan produk yang dinamakan Trailblazer.

Kalian yang penasaran dengan generasi pertama MU-X, untuk pasaran harga bekasnya kini ditawarkan mulai dari Rp240 jutaan.

Memiliki harga bekas di bawah para pesaing terdekatnya, apa keistimewaan dari Isuzu MU-X gen 1? Klik disini untuk informasi lengkapnya.

4. Peugeot Stop Jualan di Indonesia, Bagaimana Nasib Layanan Dealer dan Bengkel Resminya?

peugeot 5008 indonesia

Peugeot 5008

Merek mobil asal Prancis, Peugeot stop melakukan penjualan produknya untuk di pasar otomotif di Indonesia. 

Stellantis, selaku perusahaan manufaktur otomotif multinasional mengumumkan secara langsung perihal strategi bisnis penjualannya.  

Informasi Peugeot Indonesia stop penjualan di dalam negeri ini diketahui berdasarkan adanya surat yang dilayangkan kepada customer Peugeot tepat pada 2 Mei 2024. 

"Bersama ini kami sampaikan bahwa kami telah menerima informasi dari Stellantis sebagai principal kendaraan roda empat dengan merek dagang Peugeot, dimana Stellantis telah mengambil keputusan strategis untuk menghentikan penjualan unit kendaraan Peugeot di Indonesia," tulis keterangannya.

Lebih lanjut, disebutkan jika perubahan strategi bisnis ini merupakan bagian dari strategi pertumbuhan bisnis Stellantis di Kawasan ASEAN.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan Anda sebagai pelanggan Peugeot. Dukungan Anda sangat berarti dalam perjalanan kami," tulis Peugeot Indonesia.

Latas gimana nasib konsumen Peugeot dengan layanan purna jualnya seperti bengkel resmi dan sparepart? Klik disini untuk lengkapnya.

5. Berkendara Saat Hujan Deras Sebaiknya Perhatikan 7 Hal Ini

berkendara saat hujan deras

Pandangan dan pengendalian jadi terbatas ketika hujan lebat

Berkendara saat hujan deras adalah kondisi yang mungkin saja akan ditemui bagi Anda yang melakukan perjalanan darat jarak jauh. 

Berkendara jarak jauh di musim hujan, memerlukan persiapan khusus karena kondisi jalan menjadi licin, timbul genangan air, dan membuat jarak pandang pengendara terbatas.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan jika harus berkendara saat hujan deras? 

Pertama-tama kalian harus cek kondisi wiper apakah akretnya masih berfungsi dengan baik, jangan lupa juga periksa ketersediaan air wiper di tabung reservoir.

Berikutnya perhatikan kondisi lampu utama, lampu rem, lampu sein, dan foglamp, semuanya harus berfungsi dengan normal.

Lantas yang tak kalah penting adalah lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi ban, mulai dari keausan tapak ban, tekanan angin ban, kondisi permukaan dinding ban, sampai kondisi ban cadangan.

Nah apalagi tipsnya? Klik disini untuk informasi lengkapnya.

@garasi.autofun Barang satu ini mesti dibawa agar pengguna jalan lain waspada ketika kita harus menepi dalam keadaan darurat, Cing! #tipsmobil #reviewmobil #kecelakaan #safety #motuba ♬ Adult Jazz Lounge Jazz Piano Trio(261224) - copanda

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Peugeot 3008 Active

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil