window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Mitsubishi Xpander Cross dan Pajero Sport Elite Edition yang Dijual Terbatas

Prasetyo · 13 Mei, 2024 10:01

top 5 autofun

Kehadiran Mitsubishi Xpander Cross Elite Edition 2024 dan Mitsubishi Pajero Sport Elite Edition 2024 dalam waktu yang bersamaan, rupanya mengundang banyak rasa penasaran dari masyarakat.

Tidak heran memang, karena Pajero Sport memang selalu punya penggemar setia di Indonesia, sementara Xpander Cross juga kini makin eksis di segmen Low SUV 7 penumpang.

"Melalui peluncuran varian Elite Limited Edition Mitsubishi Pajero Sport dan Xpander Cross, kami ingin memberikan penyegaran produk serta pilihan yang lebih luas bagi konsumen yang menginginkan model yang lebih tegas, lebih mewah, dan lebih eksklusif dibandingkan dengan model reguler," ujar Atsushi Kurita, President Director PT MMKSI dalam keterangan resminya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menariknya lagi, antara Mitsubishi Xpander Cross Elite Edition 2024 dan Mitsubishi Pajero Sport Elite Edition 2024, sama-sama cuma diproduksi sebanyak 800 unit, sehingga ini makin menguatkan ekslusifitas dari varian tersebut.

Tak ayal, selain menimbulkan rasa penasaran, mobil ini menjadi artikel Top 5 Autofun selama periode sepekan ke belakang.

wuling air ev top 5

Pembahasan mengenai Wuling Air ev memang seakan tak ada habisnya

Selain soal mobil baru Mitsubishi, pencapaian penjualan dari dua mobil listrik Wuling yani Air ev dan BinguoEV rupanya juga mengundang rasa penasaran pembaca Autofun.

Mengingat di sepanjang tahun 2023, Wuling Air ev menguasai penjualan mobil listrik di Indonesia, sementara BinguoEV pada tiga bulan pertama di 2024, sudah berhasil menempati posisi teratas dalam hal penjualan di segmen kendaraan listrik.

Nah apalagi yang menjadi Top 5 Artikel Autofun periode 6-12 Mei 2024? Tak diduga, pembahasan mengenai bus keluaran Hino yang bermesin depan banyak dicari pembaca.

Hal ini mungkin terkait kasus kecelakaan bus pariwisata di Subang, Jawa Barat, yang memakan korban para siswa SMK Lingga Kencana, Depok.

Karena bus yang digunakan untuk berkarya wisata itu kabarnya menggunakan sistem mesin pada bagian depan, namun kondisinya tidak layak jalan.

Alhasl banyak yang menduga, bus ini memang menyalahi aturan lantaran memaksakan diri digunakan untuk trek luar kota.

Biar gak makin penasaran apa saja artikel Autofun yang berhasil jadi Top 5 selama sepekan lalu, berikut rinciannya.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Harga BBM Swasta yang Terus Naik sampai Peugeot Indonesia Pamit

1. Resmi! Mitsubishi Umumkan Xpander Cross dan Pajero Sport Elite Limited Edition 2024

mitsubishi xpander cross elite edition 2024

Pajero Sport dan Xpander Cross Elite Edition 2024

Sebagai bagian dari lini produk terlarisnya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan Mitsubishi Xpander Cross Elite Edition 2024 dan Mitsubishi Pajero Sport Elite Edition 2024.

Dikembangkan dengan mengambil basis dari varian Xpander Cross Premium CVT, Xpander Cross Elite Limited Edition dihadirkan secara terbatas sebanyak 800 unit.

Selain itu mobil ini hanya tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Quartz White Pearl dan Green Bronze.

Untuk tampilan luarnya varian Elite ini menghadirkan warna two-tone dengan bagian atap yang diberi kelir hitam glossy.

Kemudian ada juga beragam aksesoris Elite, seperti: Black Door Mirror, Black Shark Fin Antenna, Engine Hood Emblem, dan EmblemElite Limited Edition.

Di bagian dalam mobil juga sudah dilengkapi dengan audio premium lengkap dengan subwoofer di area bagasi demi menyajikan suara lebih baik.

Nah seperti apa perubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition  yang juga disediakan terbatas cuma 800 unit se-Indonesia? Cek disini artikel lengkapnya ya!

2. 3 Kunci Wuling Air ev dan BinguoEV Tetap Jadi Mobil Listrik Paling Laris di RI

wuling binguoev top 5

BinguoEV dan Air ev, dua mobil listrik Wuling

Membahas mengenai Wuling Air ev memang seakan tidak ada habisnya, apalagi saat ini Air ev masih tetap menyandang predikat sebagai mobil listrik di Indonesia yang paling laris.

Ya, melihat peta persaingan mobil listrik di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan memang cukup seru, lantaran Wuling sebagai pelopor di kategori kendaraan tanpa bahan bakar fosil ini sekarang dibuntuti oleh banyak kompetitor.

Berbagai pabrikan otomotif yang ada di Tanah Air, kian gencar menawarkan produk elektrifikasi mereka, belum lagi pemain-pemain baru yang berdatangan masuk ke pasar otomotif Nasional, juga menyodorkan kendaraan listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV).

Kondisi tersebut tentu saja membuat pasar mobil listrik di Indonesia kian berkembang, konsumen pun diuntungkan dengan semakin banyak pilihan mobil listrik terbaik sesuai kebutuhan dan selera mereka.

Di tengah penjualan BEV yang terus menggairahkan ini, uniknya Wuling tetap berada di posisi teratas dengan menempatkan Air ev sebagai mobil listrik terlaris pertama, dan urutan keduanya ada BinguoEV yang menjadi mobil listrik paling banyak terjual di Indonesia.

Lantas apa yang membuat kedua mobil listrik Wuling ini banjir peminat? Baca artikel lengkapnya disini ya!

3. Mengenal Hino AK, Bus 'Pelari' Bermesin Depan yang Jadi Andalan Perusahaan Otobus Jawa

bus hino mesin depan

Bus Hino bermesin depan

Kalian yang tinggal di Jakarta dan luar Jawa mungkin sedikit asing dengan sosok bus Hino AK. 

Ya, bus dengan mesin depan ini populasinya memang paling banyak ditemui di Jawa dan sebagian Sumatera, khususnya di rute Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Bus ini hadir untuk kendaraan angkutan penumpang kelas menengah bawah.

Maksudnya, bus dengan mesin depan ini biasanya digunakan sebagai bus kelas ekonomi atau patas. 

Sebab, sangat jarang bus bermesin depan dipakai untuk kelas eksekutif yang mengutamakan kenyamanan. 

Bus ini juga memang dipersiapkan oleh Hino untuk angkutan jarak menengah.

Disebut sebagai pelari, karena memang banyak perusahaan pengguna Hino AK ini menjadikan bus mereka sebagai kendaraan yang 'nguber waktu'. 

Jadi, awak bus kerap memacu dalam kecepatan tinggi supaya tiba di tujuan tepat waktu.

Penasaran dengan sepak terjang bus Hino yang satu ini? Baca artikel selengkapnya disini.

4. Hanya Ada 15 Unit di Indonesia, Suzuki APV Limousine Cocok Buat yang Punya Anak Banyak!

suzuki apv limousine

Buatan dealer Cirebon

Sebagai pecinta otomotif, kalian pasti sudah tidak asing mendengar nama Suzuki APV. Yup, mobil ini pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2004. Dealer Suzuki Cirebon pernah juga merilis Suzuki APV Limousine pada tahun 2013.

Sedikit informasi, pada 2009 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan sentuhan di bagian eksterior dan interior APV agar tampil lebih mewah dan semakin nyaman saat digunakan.

Namun mobil ini pernah dihadirkan dalam versi panjang dengan julukan Suzuki APV Limousine. Kehadiran mobil ini terjadi di tahun 2013.

Informasi yang kami dapat melalui forum, APV Limousine diproduksi secara terbatas hanya sebanyak 15 unit di Indonesia. 

Disebutkan bahwa mobil ini bukan dibuat secara khusus oleh pabrikan, melainkan hasil karya main dealer Suzuki Cirebon.

Dikatakan juga dealer tersebut bukan cuma menawarkan APV versi panjang, namun juga pernah menjajakan Carry dengan bak lebih lebar serta Ertiga bertambahkan body kit. Yang sangat mencolok dari APV Limousine yaitu kaca belakang dan overhang lebih panjang.

Dengan dimensi lebih panjang sekitar 1-1,5 meter dari APV pada umumnya, membuat mobil ini terlihat kurang proporsional. Mengingat untuk wheelbasenya sendiri tidak ikut ditarik mundur ke belakang.

Seperti apa spesifikasi lengkap APV Limousine yang kabarnya cuma ada 15 unit di Indonesia itu, Baca artikel lengkapnya disini.

5. Kelebihan dan Kelemahan Isuzu Panther Miyabi, Pernah Jadi Mobil Pribadi Presiden Jokowi

isuzu panther miyabi

Kepunyaan Presiden Jokowi

Isuzu Panther Miyabi sebenarnya merupakan satu keluarga dari Isuzu Panther generasi pertama yang lahir di tahun 1991.

Bermodal mesin diesel 2.238 cc OHV (Over Head Valve), Miyabi merupakan satu varian Panther kotak selain tipe Standard, Deluxe, Grand Deluxe, Hi-Grade, dan Bravo.

Panther yang pada awal kemunculannya cukup fenomenal, karena menjadi minibus serba bisa dengan dukungan mesin diesel yang gampang perawatannya. membuat Isuzu Panther menghadirkan dalam beberapa tipe.

Termasuk satu diantaranya versi assembling Astra yang disebut sebagai Panther Total Assy, sementara untuk tipe lainnya begitu pula Panther Miyabi merupakan bikinan karoseri.

Untuk Miyabi ini cukup populer karena desainnya yang lebih maskulin ala SUV.

Ciri khasnya bodi mobil yang dibuat sedikit lebih pendek, postur tubuhnya jangkung dengan penggunaan ban besar, aksen cat two tone di eksteriornya, serta ada ban serep model konde pada bagian belakang.

Tak kalah menarik, rupanya bapak Presiden Joko Widodo juga memiliki Isuzu Panther Miyabi sebagai kendaraan pribadi.

Kendaraan ini diketahui terdaftar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat jadi capres periode 2019-2024.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jokowi dulu memiliki mobil Isuzu Panther ST Wagon keluaran tahun 1994 atau 1995-an warna abu-abu dengan strip hijau.

Mobil tersebut tersimpan rapi dan tampak terawat di lokasi wisata Istana Parnaraya yang terletak di Sidoharjo, Wonogiri.

Lantas, apa menariknya sosok Isuzu Panther Miyabi ini hingga turut memikat Presiden Jokowi? Klik disini untuk ulasan lengkapnya.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Xpander Cross MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil