window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Jalur Contraflow Pemicu Kecelakaan Tol Cikampek KM 58 sampai Daihatsu Sigra yang Kembali Jadi Raja

Prasetyo · 15 Apr, 2024 08:01

top 5 autofun

Kecelakaan Tol Cikampek KM 58 yang terjadi pada Senin, 8 April 2024, memang menarik banyak perhatian masyarakat Indonesia.

Apalagi kecelakaan maut yang kabar terakhir merenggut nyawa hingga 13 korban itu terjadi ditengah padatnya arus mudik Lebaran 2024.

Kecelakaan maut Tol Cikampek KM 58 ini disinyalir akibat secara tiba-tiba sau unit mobil Daihatsu Gran Max keluar jalur contraflow yang sedang diberlakukan kepolisian setempat untuk memecah kemacetan di lokasi Tol Cikampek hingga Cipali.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Naasnya, minibus tersebut langsung tertabrak satu unit bus yang melintas dari lajur berlawanan yang berasal dari arah Bandung menuju Jakarta. 

Bersamaan dengan itu, mobil lain dari arah belakang bus tak bisa lagi menghindari, sehingga ikut menabrak Daihatsu Gran Max, sehingga dua mobil terbakar di lokasi.

Kecelakaan Tol Cikampek KM 58 ini pun menimbulkan banyak persepsi jika jalur contraflow yang diberlakukan oleh pihak kepolisian sebenarnya tidak layak dilakukan.

Apakah benar demikian? Sejumlah pemerhati keselamatan berkendaraan pun memberikan komentarnya.

Selain soal kecelakaan maut di jalur contraflow tersebut, prestasi Daihatsu Sigra yang kembali jadi mobil terlaris di Indonesia periode Maret 2024, ternyata juga menjadi Top 5 artikel di Autofun selama sepekan ke belakang.

Ya, di awal tahun ini selama tiga bulan berturut-turut, Sigra sukses menghempaskan Honda Brio yang selalu jadi nomor satu dalam hal penjualan unit menurut data Gaikindo.

Lantas apalagi artikel-artikel yang menjadi Top 5 di Autofun Indonesia? Untuk lebih jelasnya mari simak sampai akhir ulasan kali ini.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Toyota Rush GR Sport yang Mencuri Perhatian

1. Kecelakaan Maut di Tol Cikampek KM 58, Masih Perlukah Jalur Contraflow Diterapkan Saat Mudik Lebaran?

kecelakaan tol cikampek km 58

Akibat tabrakan, dua mobil terbakar serta 12 korban tewas ditempat

Kecelakaan Tol Cikampek KM 58 + 500, Karawang, Jawa Barat, yang terjadi pada Senin, 8 April 2024 sekitar pukul 08.00 WIB ini melibatkan dua mobil dan satu bus, serta 12 orang tewas ditempat.

Berkaca dari kasus kecelakaan di KM 58, apakah sistem contraflow masih diperlukan?

Menanggapi hal tersebut Pengamat Transportasi dan Hukum Budiyanto mengatakan semua tergantung dari perkembangan situasi dan kondisi jalan.

"Kejadian tersebut jangan selalu dilekatkan pada resiko pemberlakuan manajemen rekayasa dengan skema Contraflow, tapi tidak boleh juga menafikan segi positif yang lainnya," ungkap Budi.

Budi menyatakan, rekayasa lalu lintas dengan skema contraflow pada dasarnya dibutuhkan dengan tujuan meningkatkan kapasitas jalan arah tertentu, juga memberikan ruang kepada arus yang berlawanan.

Maka dari itu, saat skema contraflow terapkan, maka pihak terkait tetap menyiapkan ruang untuk mengakomodasi arus yang berlawanan.

Kendati skema contraflow dipercaya dapat mengurai kepadatan arus lalu lintas di jalan tol, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melewatinya. 

Lantas apa saran Budi untuk para pengguna jalan yang hendak menggunakan jalur contraflow? Klik disini ya!

2. 30 Mobil Terlaris di Indonesia Maret 2024, Daihatsu Sigra Kembali Menjadi Raja

daihatsu sigra 2024

Sigra kembali hempaskan Honda Brio

Daihatsu Sigra kembali menjadi mobil terlaris di Indonesia secara berturut-turut dalam tiga bulan pertama di tahun 2024. 

Ya, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dirilis baru-baru ini, dimana wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) Daihatsu Sigra tertinggi di Maret 2024 yang mencapai 5.674 unit. 

Jumlah penjualan Daihatsu ini meningkat dari bulan sebelumnya, dimana pada Februari 2024 tercatat 5.543 unit. 

Masih menurut Gaikindo, peningkatan penjualan pada bulan Maret 2024, rupanya tidak hanya terjadi pada Daihatsu Sigra saja, sebab penjualan mobil secara keseluruhan juga ikut naik. 

Lihat saja, jika pada Februari 2024 total wholesales mobil di Indonesia tercatat 70.698 unit, maka pada Maret 2024 mencapai 74.724 unit. 

Tak hanya itu, untuk retail sales (penjualan dealer ke konsumen) pada Februari 2024 sebanyak 70.316 unit, maka pada Maret 2024 meningkat hingga 82.092 unit.

Adapun di bawah Daihatsu Sigra, peringkat kedua mobil terlaris di Indonesia adalah Honda Brio yang terjual 5.061 unit.

Lalu siapa peringkat ketiga, keempat dan selanjutnya dari daftar mobil terlaris di Indonesia? Klik disini untuk tau lengkapnya!

3. 5 Alasan Bus Malam Jarang Mematikan Mesin Saat Isi Solar atau Istirahat di Rumah Makan

bus malam

Sopir bus kerap tidak matikan mesin saat berhenti istirahat

Mungkin kebiasaan sopir bus tidak matikan mesin saat isi solar atau istirahat adalah fenomena menarik yang terjadi di Indonesia.

Coba saja kalian perhatikan, terutama di momen liburan atau masa mudik Lebaran ketika banyak sekali bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang melayani trayek untuk mengantarkan penumpang yang membludak di momen-momen tersebut.

Dengan rute trayek yang menempuh perjalanan jauh, biasanya bus malam AKAP akan berhenti untuk beristirahat di rumah makan atau rest area.

Selain itu jika rutenya sampai menyebrang pulau, mereka juga melakukan pengisian bahan bakar di SPBU-SPBU baik di Rest Area jalan tol maupun di SPBU lainnya.

Nah ketika berhenti ini, ada satu fenomena unik yang sering dijumpai pada kendaraan tersebut, yaitu sang sopir bus tidak mematikan mesin saat isi solar atau istirahat.  

Apakah kalian menyadari kondisi mesin bus tersebut jarang ada yang dimatikan saat berhenti sejenak?

Ternyata ada beberapa alasan mengapa mesin dibiarkan hidup meskipun berhenti hingga mungkin satu jam lamanya, mau tau kenapa?

4. Jangan Sampai Viral Akibat Parkir Sembarangan Mirip Pegawai Pertamina, Begini Aturan yang Benar

parkir sembarangan

Arie Febriant yang viral akibat parkir sembarangan

Seorang pria yang disebut-sebut bernama Arie Febriant kini jadi perbincangan, karena viral parkir sembarangan dan mencoba meludahi pengguna mobil lain. 

Diketahui, peristiwa tersebut bermula saat seorang wanita merekam mobil Honda HR-V dengan plat nomor B 1310 SMQ yang tiba-tiba berhenti di tengah jalan di kawasan Pesanggrahan, Jakarta selatan.  

Video yang diunggah akun Instagram @tangerangkabarku memperlihatkan perekam bersama saudaranya disebut telah membunyikan klakson, lantaran mengganggu arus lalu lintas, terlebih kondisi jalan memang sempit.

Namun Arie disebut-sebut keluar mobil dan justru dialah yang tersulut emosi, sehingga dirinya dengan tampang sangar meludahi perekam.

Selanjutnya, Arie tidak mengindahkan teguran, sekaligus memindahkan mobil yang membuat mobil dan sepeda motor di belakangnya menjadi terhenti, melainkan justru mampir menuju pedagang gorengan.

Hal inilah yang membuat sejumlah netizen geram, sehingga banyak yang mencari tahu profile siapa Arie Febriant.

Setelah diusut netizen, Arie ternyata bekerja di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dengan jabatan Asisten Manager Crude Oil Domestic Supply. 

Bicara soal parkir, untuk di kawasan perkotaan memang kerap menjadi polemik. 

Tentu saja ini menjadi hal yang diperhatikan, karena jika parkir sembarangan akan mengganggu para pengguna jalan lainnya. 

Padahal masalah parkir ini sejatinya sudah diatur oleh pemerintah sejak lama, sehingga sudah ada landasan hukumnya, 

Bahkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan yang menyebut jika memarkir mobil di depan rumah yang bisa mengganggu pengguna jalan hukumnya dilarang. 

Bahkan dalam PP No 34/2006 itu juga dijelaskan, beberapa aturan dalam Ruang Manfaat Jalan seperti pasal 34, 35, dan 37.

Nah mau tau sanksi apa untuk pengguna kendaraan bermotor yang parkir sembarangan dan menimbulkan kerugian bagi pihak lain? Klik disini ya!

5. Kelebihan dan Kelemahan Isuzu Panther Miyabi, Pernah Jadi Mobil Pribadi Presiden Jokowi

isuzu panther miyabi

Isuzu Panther buatan perusahaan karoseri

Isuzu Panther Miyabi sebenarnya merupakan satu keluarga dari Isuzu Panther generasi pertama yang lahir di tahun 1991.

Bermodal mesin diesel 2.238 cc OHV (Over Head Valve), Miyabi merupakan satu varian Panther kotak selain tipe Standard, Deluxe, Grand Deluxe, Hi-Grade, dan Bravo.

Panther yang pada awal kemunculannya cukup fenomenal, karena menjadi minibus serba bisa dengan dukungan mesin diesel yang gampang perawatannya. membuat Isuzu Panther menghadirkan dalam beberapa tipe.

Termasuk satu diantaranya versi assembling Astra yang disebut sebagai Panther Total Assy, sementara untuk tipe lainnya begitu pula Panther Miyabi merupakan bikinan karoseri.

Untuk Miyabi ini cukup populer karena desainnya yang lebih maskulin ala SUV.

Ciri khasnya bodi mobil yang dibuat sedikit lebih pendek, postur tubuhnya jangkung dengan penggunaan ban besar, aksen cat two tone di eksteriornya, serta ada ban serep model konde pada bagian belakang.

Tak kalah menarik, rupanya bapak Presiden Joko Widodo juga memiliki Isuzu Panther Miyabi sebagai kendaraan pribadi.

Kendaraan ini diketahui terdaftar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat jadi capres periode 2019-2024.

Lantas, apa menariknya sosok Isuzu Panther Miyabi ini hingga turut memikat Presiden Jokowi? Klik disini untuk tau secara rinci ulasannya.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil