window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Isuzu Panther Miyabi, Pernah Jadi Mobil Pribadi Presiden Jokowi

Yongki Sanjaya · 7 Apr, 2024 12:03

isuzu panther miyabi

Isuzu Panther Miyabi sebenarnya merupakan satu keluarga dari Isuzu Panther generasi pertama yang lahir di tahun 1991.

Bermodal mesin diesel 2.238 cc OHV (Over Head Valve), Miyabi merupakan satu varian Panther kotak selain tipe Standard, Deluxe, Grand Deluxe, Hi-Grade, dan Bravo.

Panther yang pada awal kemunculannya cukup fenomenal, karena menjadi minibus serba bisa dengan dukungan mesin diesel yang gampang perawatannya. membuat Isuzu Panther menghadirkan dalam beberapa tipe.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Termasuk satu diantaranya versi assembling Astra yang disebut sebagai Panther Total Assy, sementara untuk tipe lainnya begitu pula Panther Miyabi merupkan bikinan karoseri.

Untuk Miyabi ini cukup populer karena desainnya yang lebih maskulin ala SUV.

Ciri khasnya bodi mobil yang dibuat sedikit lebih pendek, postur tubuhnya jangkung dengan penggunaan ban besar, aksen cat two tone di eksteriornya, serta ada ban serep model konde pada bagian belakang.

isuzu panther miyabi joko widodo

Kepunyaan Presiden Jokowi

Tak kalah menarik, rupanya bapak Presiden Joko Widodo juga memiliki Isuzu Panther Miyabi sebagai kendaraan pribadi.

Kendaraan ini diketahui terdaftar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat jadi capres periode 2019-2024.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jokowi dulu memiliki mobil Isuzu Panther ST Wagon keluaran tahun 1994 atau 1995-an warna abu-abu dengan strip hijau.

Mobil tersebut tersimpan rapi dan tampak terawat  di lokaai wisata Istana Parnarya yang terletak di Sidoharjo, Wonogiri.

Lantas, apa menariknya sosok Isuzu Panther Miyabi ini hingga turut memikat Presiden Jokowi? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Simak Perbedaan Isuzu Panther Touring dan Grand Touring, Jangan Sampai Salah Pilih!

Isuzu Panther Miyabi, Desain Perkasa Ala SUV

isuzu panther miyabi

Desainnya dibuat lebih SUV

Seperti yang kami bahas sebelumnya, Panther Miyabi bisa kita kenali dengan mudah karena desain body yang lebih maskulin ala SUV.

Style bodynya jadi lebih mirip SUV daripada MPV, ditambah lagi dengan ground clereance tinggi dan ban besar. 

Lihat saja bagian depan mobil ini yang pakai bemper lebih debal dan gril yang berbeda, meskipun untuk lampu utama serta lampu sein masih mirip dengan kepunyaan Panther kotak.

Kemudian pada bagian samping juga ditemukan ruang fender yang dibuat lebih menonjol untuk mengakomodir penggunaan velg dan ban lebih besar dari versi tipe standarnya.

Selain itu kalau disejajarkan, panjang bodi Panther Miyabi juga cenderung sedikit lebih pendek, dengan desain kaca jendela baris ketiga yang juga lebih kecil.

Untuk bagian belakang juga terlihat ada ban cadangan model konde yang membedakannya dengan tipe Panther kotak lainnya.

isuzu panther miyabi joko widodo

Mobil milik Presiden Joko Widodo

Dinamakan Miyabi mungkin karena dalam bahasa Jepang modern, kata Miyabi diterjemahkan sebagai elegan, perbaikan, atau kesopanan.

Panther Miyabi ini merupakan karya perusahaan karoseri Langgeng Putra yang berbasis di Semarang Jawa Tengah. 

Wujud Isuzu Panther Miyabi pun tidak kalah sama Vitara di jamannya. 

Selama kiprahnya di Indonesia, Panther Miyabi ini dijual dalam 2 trim yaitu Deluxe dan Hi Lux.

Miyabi Hi Lux diposisikan sebagai varian yang lebih mewah dengan beberapa aksesoris yang terlihat lebih mewah juga.

Misalnya lampu depan tidak lagi memakai lampu sealed beam kotak biasa namun sudah memakai reflektor lampu depan yang sama dengan milik Mercedes-Benz W124 alias Mercy Boxer. 

Sementara untuk grill depan Panther Miyabi generasi awal malah mirip model BMW mirip Mitsubishi Kuda generasi kedua.

Pada versi facelift Miyabi barulah model grill ini diubah menjadi palang vertikal.

Baca juga: 5 Alasan Lebih Baik Pilih Toyota Innova Diesel Bekas daripada Isuzu Panther

Interiornya Masih Mirip Isuzu Panther Kotak

isuzu panther miyabi interior

Dasbornya masih kotak

Walau dari luar tampak jauh berbeda, namun ketika masuk ke kabin mobil ini, Panther Miyabi masih memberikan nuansa yang serupa dengan Panther kotak.

Dashboardnya sama dengan panther generasi awal yang lain, kemudian masih pakai rem tangan model tarik-putar yang menempel di dashboard.

Layout tempat duduk ada dua baris, untuk 5 orang, sementara pada ruang belakang ada dua buah kursi face to face yang kecil yang masing-masing hanya cukup didudki satu orang.

Desain joknya sendiri sebenarnya cukup tebal yang bisa memberikan rasa nyaman untuk perjalanan jauh, kemudian pengaturan jok juga masih model tuas manual. 

Fiturnya sudah cukup komplit dan modern untuk mobil non sedan pada waktu itu, karena sudah memiliki power steering, power window, dan central lock.

Bandingkan dengan Kijang Super yang masih setia dengan jendela gesernya di baris kedua.

Fitur inilah yang biasanya menjadi kelebihan utama minibus versi karoseri non pabrikan. 

Baca juga: Isuzu Panther Keluar Asap dari Dipstick dan Tutup Oli? Bukan Berarti Ngobos!

Pakai Mesin Tangguh Serupa Chevrolet Luv

isuzu panther miyabi suv

Caption

Bicara soal mesin yang digunakan, Panther Miyabi ini disematkan meisn diesel berkode C223 2.300cc direct injection yang terkenal tangguh.

Mesin ini sudah digunakan sejak jaman Chevrolet Luv awal 1980-an sampai Panther generasi pertama.

Bahkan banyak yang mengatakan mesin ini jauh lebih tahan banting dibanding mesin 4JAI 2500cc yang digunakan pada Panther generasi setelahnya. 

Mesin diesel berkubikasi 2.238 cc ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 60 PS pada 4.300 rpm dengan torsi puncak 140 Nm di 2.400 rpm.

Tenaga segitu sudah lumayan besar, mengingat konstruksi mesin yang masih memakai teknologi lawas OHV 4 silinder yang merupakan rancangan era akhir 70an.

Baca juga: Punya Banyak Pilihan, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Beli Isuzu Panther Kapsul Bekas

Kelebihan dan Kelemahan Isuzu Panther Miyabi

isuzu panther miyabi

Ketersediaan bodypart sudah sangat langka

Body ala karoseri tahun 1990an seperti Phanter Miyabi ini umumnya dibuat manual atau handmade dan cenderung tebal.

Ini karena saat membentuk body menggunakan banyak dempul, berbeda dengan racikan Astra yang pakai teknologi Total Assy, yang kalau di Toyota Kijang dikenal dengan istilah Full Pressed Body.

Teknik tersebut adalah proses mengubah lembaran plat besi menjadi panel bodi menggunakan mesin press raksasa bertekanan tinggi yang terletak pada lokasi yang disebut dengan nama stamping plant.

Selain hasil akhirnya lebih rapih, teknik seperti itu juga minim penggunaan dempul.

Beberapa kekurangan mobil yang dibuat oleh karoseri di tahun 1990-an adalah sambungan plat terkadang tidak rapih.

Kemudian penggunaan dempul yang cukup tebal, akibat sudah termakan usia, maka komponen ini bisa patah atau pecah dan sulit diperbaiki.

Kelemahan lain Panther Miyabi yang buatan karoseri adalah biasanya cat cenderung kusam karena usia dan efek kimia dempul yang terlalu tebal tadi. 

Selain itu, aksesories lampu belakang berbeda dengan Panther standar (Total Assy).

Sementara unit Miyabi ini pada masanya tidak di jual sebanyak versi pabrikan yang membuat ketersediaan body part juga terbatas.

Sehingga apabila saat ini perlu dilakukan penggantian maka akan sangan susah mencarinya, kalau pun beruntung, kalian bisa hunting di junk yard di kota kalian.

Sementara soal mesin, lantaran pakai jeroan yang sama dengan Panther kotak produksi Astra, maka mesin Isuzu Panther Miyabi terkenal badak dan irit dalam konsumsi BBM.

Mobil ini juga masih menelan bahan bakar jenis diesel subsidi speerti Bio Solar milik Pertamina.

Yang perlu diperhatikan adalah mesin diesel tersebut memiliki getaran dan suara kasar yang bagi sebagian orang sangat mengganggu.

Kemudian periksa juga kondisi kaki-kaki seperti bearing roda, mengingat model ini pakai velg dan ban ukuran lebih besar, sementara komponen bearingnya masih mirip Panther standar.

Alhasil bagian tersebut jadi mudah rusak apalagi sudah termakan usia.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil