window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bingung Pilih Wuling Air ev atau Binguo EV? Cek Dulu Perbedaannya

Herdi · 22 Nov, 2023 08:02

Bingung Pilih Wuling Air ev atau Binguo EV? Cek Dulu Perbedaannya 01

Wuling Binguo EV dan Wuling Air ev kini jadi dua produk mobil listrik yang dimiliki Wuling Motors untuk pasar di otomotif Indonesia.

Yang buat istimewa dari kedua produk Wuling itu, harganya tergolong terjangkau untuk sekelas mobil listrik, dimana saat ini harga mobil nyetrum di Tanah Air kebanyakan di atas setengah miliar.

Ya, jika Air ev harganya kurang dari Rp300 jutaan, maka harga Wuling Binguo ev meski banderolnya belum diumumkan, namun kabarnya dijual antara Rp300 juta-Rp400 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Harga Bersaing, Wuling Binguo EV Bisa Lebih Unggul dari Neta V

Wuling Binguo EV

Binguo EV sudah bisa dipesan dengan menyerahkan tanda jadi sebesar Rp5-10 juta

Sontak saja, Wuling Motors ini cukup menarik untuk pasar Indonesia, karena mereka berani menghadirkan teknologi baru dan canggih, serta menjual dengan harga tergolong terjangkau. 

Maka dari itu, Anda yang sedang kepikiran untuk membeli mobil listrik dari Wuling Motors, tapi masih bingung mau pilih Air ev atau Binguo EV, berikut ulasannya.

Baca juga: Harga Wuling Binguo EV Diprediksi Rp300-400an juta, Dapat Subsidi Pemerintah Lagi?

Desain Wuling  Air ev dan Wuling Binguo EV

wuling binguo ev

Beda desain dan dimensi

Wuling Air ev maupun Binguo EV punya desain yang sangat berbeda, termasuk segmentasinya. Hal ini tentu bisa dilihat dari dimensinya, dimana Air ev lebih kecil daripada Binguo EV.

Desain 
Dimensi Air ev Binguo EV
Panjang 2.974 mm 3.950 mm
Lebar 1.505 mm 1.708 mm
Tinggi 1.631 mm 1.580 mm
Sumbu Roda 2.010 mm 2.560 mm
Velg dan Ban 145/10 R12 185/60 R15
Pengereman  Cakram Cakram

Ada yang menyebutkan, dengan dimensi ini Air ev sangat cocok untuk kaum urban atau emak-emak untuk mengantar anak sekolah.

Sedangkan Wuling Binguo EV segmennya sudah lebih dari itu, termasuk mereka yang gemar mengemudi ke luar kota.

Eksterior Wuling  Air ev dan Wuling Binguo EV

wuling air ev

Air ev kini menguasai pangsa pasar mobil listrik di Indonesia

Selain dimensi yang berbeda, secara tampilan bisa dilihat jika Air ev ini hanya punya tiga pintu, sedang Binguo EV sudah empat pintu. 

Penampilan Air ev sendiri dari segi bentuknya dapat disebut mungil, namun mobil ini terkesan menampilkan desain modern.

Sedangkan untuk Binguo EV, diplot sebagai mobil yang mengusung desain ikonik, unik dan estetik. Kendati begitu, mobil ini juga tetap memberikan kesan impresif. 

wuling binguo ev

Kedua mobil listrik Wuling tawarkan desain yang menarik

Desain lampu Air ev juga terlihat tegas dan mengkotak, sedangkan untuk Binguo EV lebih membulat. Namun begitu, untuk pencahayaan keduanya mobil ini sudah menggunakan LED. 

Apalagi Binguo EV ini jadi terkesan modern, berkat desain X-shaped LED tail lights dan streamline ducktail. Selain itu, kaki-kaki Wuling Binguo EV juga memiliki desain motif bunga. 

Interior Wuling  Air ev dan Wuling Binguo EV

Desain interior Wuling Air EV

Desain interior Air EV

Untuk bagian kabin, meski sama-sama mampu menampung empat orang penumpang, namun Air ev memang terkesan lebih kecil dibandingkan Binguo EV. 

Hal ini terlihat saat masuk ke baris kedua, akses Air ev wajib melalui pintu depan, kemudian jok baris kedua dimajukan, sehingga penumpang bisa masuk. 

Berbeda dengan kabin Binguo EV, tentu saja akan terasa lebih lega, seperti mobil pada umum. Bahkan, jika kursi baris kedua dilipat kapasitasnya bisa mencapai 790 liter. 

Desain interior Wuling Binguo EV

Desain interior Binguo EV

Oia, bagasi Wuling Air ev maupun Binguo EV sama sama jok belakangnya dilipat rata dengan konfigurasi 50:50, hanya saja Binguo ev akan tetap terasa lega. 

Tapi jika bicara soal desain kabin Air ev maupun Binguo EV sama-sama memberikan kesan simple tapi terkesan modern.

Wuling Air ev maupun Binguo EV memiliki layar ganda  (Wuling Air ev hanya tipe Long Range) dengan ukuran 10,25 inch, dimana satu layarnya untuk sistem hiburan, dan satu lagi panel instrumen untuk mendapatkan berbagai informasi.

dua layar milik Wulig Air EV

Dua layar milik Wuling Air ev juga mirip dengan Binguo EV 

Layar instrumen kedua mobil ini bisa mengecek berbagai informasi, tak hanya kecepatan, tapi kapasitas baterai, fitur, dan lainnya. 

Wuling Air ev tampilan interior didominasi warna silver, sedangkan Binguo EV hadir dengan warna kontras senada antara door trim, dashboard dan juga jok, serta di dilapisi material lembut. 

Adapun Wuling Air ev dan Binguo EV ini memiliki konsol tengah yang mirip, dimana terdapat knop putar atau mereka sebut Rotary Gear Selector yang berfungsi memindahkan gigi, dan juga terdapat beberapa tombol untuk mengaktifkan berbagai fitur. 

Fitur Wuling Air ev dan Wuling Binguo EV

wuling air ev

Harganya mulai Rp188 juta

Wuling Air ev diketahui memiliki sejumlah fitur canggih, seperti Wuling Indonesia Command (WIND) yang mampu memberikan perintah dengan sistem pengenal suara. 

Selain itu, Wuling Air ev juga dilengkapi Wuling Remote Control App atau Internet of Vehicle (IoV) yang memungkinkan kendaraan bisa terkoneksi dengan jaringan internet. 

Dengan fitur ini Wuling Air ev bisa dikendalikan menggunakan smartphone penggunanya dari jarak jauh ketika akan mengaktifkan teknologi ini.

Wuling Air ev punya fitur pintar

Wuling Air ev punya fitur pintar IoV dan WIND

Adanya fitur IoV, konsumen dapat menyalakan AC sebelum masuk kendaraan hingga mempersiapkan navigasi sebelum mulai berkendara. 

Dengan cara seperti ini saat smartphone terkoneksi dengan head unit mobil, maka navigasi pada kendaraan otomatis akan berfungsi.

Lalu mobil ini juga dilengkapi fitur Keyless Entry Remote dan Smart Start System, Multifungsi Steering Wheel, Electric Parking Brake, serta Auto Vehicle Holding.

Lantas bagaimana dengan Wuling Binguo EV? Perlu dicatat, ada beberapa fitur yang justru tidak dibenamkan pada Binguo EV, seperti fitur WIND.

Bingung Pilih Wuling Air ev atau Binguo EV? Cek Dulu Perbedaannya 10

Menurut pihak Wuling, mobil listrik Binguo EV sengaja tidak diterapkan fitur tersebut karena mereka ingin menonjolkan fungsionalitasnya terlebih dahulu.

Kendati demikian, beberapa fitur canggih yang disematkan pada mobil ini antara lain, Dual Front Airbags, ABS, EBD, Electric Parking Brake with Automatic Vehicle Hold, Electronic Stability Control, 
Rear Parking Sensor and Camera, ISOFIX, Tire Pressure Monitoring System, dan Immobilizer.

Selain itu, ada juga fitur premium lainnya seperti Smart Start System, Keyless Entry, Cruise Control, USB Port, Multifunction Steering Switch, Speakers, Electronic AC, Electric Adjustable Outside Mirror, dan juga Power Window. 

Performa Baterai Wuling  Air ev dan Wuling Binguo EV

@autofun.indonesia Wuling Binguo EV Dapet Garansi Seumur Hidup, Apa Syaratnya? #reviewmobilbaru #reviewmobil #binguoev #wuling #mobillistrik ♬ 80's style background music(1405364) - Green Woodpecker

Nah, untuk performa mesinnya, karena ini mobil listrik yang dilengkapi baterai, maka yang paling menonjol adalah kapasitas dan jarak tempuhnya. 

Untuk lebih detail bagaimana spesifikasinya lihat di bawah ini.

Spesifikasi Mesin
Mesin Air ev Binguo EV
Baterai Lithium Ferro-Phosphate;IP67 Rating
Kapasitas  17.3 kWh - 26.7 kWh 31.9 kWh - 37,9 kWH
Jarak 200 km-300 km 333 Km - 410 km
Driver Motor 30 kW 50 kW
Transmisi  Single Reduction Gear

Gimana, mau pilih yang mungil Wuling Air ev atau klasik modern Wuling Binguo EV?


 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia