window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Wuling Binguo EV Diprediksi Rp300-400an juta, Dapat Subsidi Pemerintah Lagi?

Herdi · 18 Nov, 2023 12:02

Harga Wuling Binguo EV Diprediksi Rp300-400an juta, Dapat Subsidi Pemerintah Lagi? 01

Harga Wuling Binguo EV kabarnya akan ada di kisaran Rp 300 juta hingga Rp 400 juta, tapi apakah akan mendapat subsidi PPN 1% seperti halnya Air ev?

Ya, Wuling Binguo EV kini jadi produk mobil listrik terbaru  yang ditawarkan PT Wuling Motors Indonesia.

Dari dimensi, mobil ini memang bentuknya lebih besar dari Air ev, maka nggak heran harganya disebut-sebut bakal setingkat di atas Wuling Air ev.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Karena Wuling Binguo EV ini akan diproduksi di Indonesia, maka yang jadi bikin penasaran apakah mobil ini listrik ikut mendapatkan program pemerintah?

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Mobil Listrik Wuling Binguo EV, Ini Kehebatannya

Brand and Marketing  Director Wuling Motors Dian Asmani

Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani dan Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko

"Nanti kita akan melihat ke depan seperti apa karena masih pre-launch, secara untuk TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) karena bantuan pemerintah itu kan kita ada beberapa requirement, nanti akan kita rilis pada saat launching karena semua masih on progress," ungkap Brand and Marketing  Director Wuling Motors Dian Asmahani, saat ditemui di Gading Serpong, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Ya, Dian memang masih belum mau mengumbar harga Wuling Binguo EV secara terus terang, termasuk berapa potongannya jika mendapatkan insentif dari pemerintah. 

Demikian juga dengan berapa jumlah komponen lokal yang digunakan pada Binguo EV, karena salah satu syarat ikut program pemerintah minimal TKDN mencapai 40 persen. 

Baca juga: Ini Keuntungan Pesan Wuling Binguo EV Sekarang

Tampilan depan Wuling Binguo EV

Tampilan depan Binguo EV

"Harga belum kita umumkan, karena sekarang kita masih dalam proses untuk internal mengenai penentuan harga, karena banyak faktor untuk harga ini, jadi memang kita belum omongin dulu," tutur Dian. 

Namun begitu, Dian menyebutkan bahwa jika tak ada aral melintang, Binguo EV akan diluncurkan paling cepat di akhir tahun atau awal 2024 mendatang, dimana produk yang meluncur dipastikan merupakan produksi lokal.

Baca juga: Wuling Binguo EV Sudah Bisa Dipesan, Ada Promo Menarik Untuk 1.000 Konsumen Pertama

Aturan Mobil Listrik Supaya Mendapat Subsidi

Tampilan belakang Wuling Binguo EV

Tampilan belakang Binguo EV

Seperti diketahui, agar mobil listrik mendapatkan subsidi dari pemerintah, maka pada April 2023 kebijakan mobil soal peraturan insentif kendaraan listrik keluar, melalui kebijakan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 38 tahun 2023 tentang Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah tahun Anggaran 2023 pada 29 Maret 2023.

Dari peraturan ini syaratnya disebutkan dengan jelas, mobil wajib menggunakan full baterai, dimana TKDN 40 persen berlaku untuk mobil dengan besaran insentif (PPN) sebesar 10 persen.

Artinya, untuk mendapatkan insentif ini mobil listrik harus produksi di dalam negeri, dan menggunakan komponen lokal sampai 40 persen. 

Wuling Binguo EV Sudah Bisa Dipesan

Wuling Binguo EV hadir dalam dua varian berdasarkan daya baterai, 333 km dan 410 km

Wuling Binguo EV hadir dalam dua varian berdasarkan daya baterai, 333 km dan 410 km

Meski harga Wuling Binguo EV belum ditentukan pastinya, namun mobil memang sudah bisa dipesan dengan melakukan pre-order dan melakukan pembayaran sebesar Rp5-10 juta. 

Bahkan untuk 1.000 orang pertama yang melakukan pre-order, Wuling Motors akan memberikan berbagai program menarik berupa mendapatkan program Lifetime Core EV Component Warranty, meliputi power battery, drive motor, dan motor control unit.

Wuling Binguo EV

Wuling Binguo EV

Dari program Lifetime Core EV Components Warranty, maka setiap Binguo EV akan mendapatkan keuntungan seperti gratis AC Charging Device berdaya 7,7 kW, gratis biaya perawatan berkala hingga 5 tahun atau 50.000 kilometer (yang mana tercapai dahulu).

Selain itu ada juga Voucher listrik periode dua tahun dengan nilai Rp4.000.000, mendapatkan aksesoris berupa storage box, kaca film dan karpet untuk konsumen yang melakukan pemesanan, dengan total benefit yang didapat konsumen pre-book ini mencapai Rp47.000.000.

@autofun.indonesia Mobil listrik tambah banyak aja opsinya! Baru-baru ini Wuling mengumumkan kalau model Binguo EV sudah dapat dipesan dalam periode pre-booking. Gimana, kalian tertarik sama EV yang dimensinya lebih proper begini? #mobilbaru #wuling #binguoev #reviewmobil #reviewmobilbaru ♬ Astringent and nimble electric piano jazz (1017112) - Doggie Jazz

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia