window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Baleno Next G, Sedan Nyaman Rp50 Jutaan!

Enda · 2 Apr, 2024 08:01

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G tentu wajib diperhatikan sebelum membeli mobil ini.

Sebagai suksesor Baleno Millenium, Baleno Next G pertama kali meluncur secara global pada tahun 2001 di Jepang.

Dua tahun setelahnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan mobil ini di Tanah Air dengan menempati segmen sedan kompak, yang saat itu berhadapan langsung dengan kedigdayaan Toyota Vios dan Honda City GD8.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baleno Next G sendiri berbagi platform dengan Suzuki Aerio, yang merupakan city car kompak berjeniskan hatchback.

Untuk pasar Indonesia setidaknya mobil ini sempat sekali mendapatkan improvement secara minor change pada tahun 2005, dan disuntik mati dua tahun setelahnya.

Kehadiran mobil ini di Tanah Air bisa dibilang kurang mendapat respon yang baik dari masyarakat Indonesia, sehingga membuat harga bekasnya terju bebas.

Pasaran harga bekas di kisaran Rp50 jutaan, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G yang perlu kalian ketahui.

Baca juga: Lebih Murah dari Suzuki Baleno, Daihatsu Sirion R Punya Fitur yang Tak Kalah Menarik

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Baleno Next G

Kelebihan

1. Kabin Luas

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G

Kabin Baleno Next G

Secara dimensi keseluruhan Baleno Next G mempunyai panjang 4.350 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.545 mm, serta whellbase 2.480 mm.

Memiliki postur yang tinggi besar,berpengaruh pada ruang kabin yang dihasilkan.

Seperti yang bisa dirasakan untuk ruang kabinnya mobil ini terasa luas dibandingkan para pesaingnya mulai dari headroom hingga legroom.

Dengan kabin yang besar, tentu dapat memberikan kenyamanan selama berkendara.

2. Fitur Modern dan Lengkap di Zamannya

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G

Kokpit Baleno Next G

Di zamannya Baleno Next G memiliki fitur yang terbilang lengkap dan modern.

Pada bagian luarnya untuk spion sudah dibekali dengan fitur electric mirror dan pelipatan otomatis yang memudahkan pengguna untuk mengatur posisi kaca yang pas sesuai pandangan pengemudi serta melipat spion.

Untuk bagian dalam, pada center clusternya berhasil disematkan beberapa tombol pengaturan salah satunya AC dan deffoger yang terasa ergonomis.

Sedangkan pada panel instrumentnya sudah menggunakan tampilan digital mulai dari tachometer hingga odometer sehingga membuatnya terlihat lebih modern.

Guna memberikan rasa lebih nyaman saat berkendara, mobil ini turut dilengkapi sistem hiburan head unit double din, central lock, window lock, power window, power steering serta tilt steering yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara.

3. Dilengkapi ABS dan EBD

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G

Tampilan samping Baleno Next G

Dari segi keselamatan berkendara Baleno Next G berhasil diaplikasikan fitur ABS (Anti-Lock Brake System) dan EBD (Electronic Brake Distribution).

Seeprti diketahui fitur ini berfungsi untuk mencegah tergelincirnya roda disaat pengemudi melakukan pengereman secara mendadak guna mempertahankan posisinya agar tetap stabil.

Oh iya, pada versi faceliftnya mendapat tambahan airbags yang berguna untuk melindungi pengguna saat terjadinya benturan, guna mengurangi cedera serius.

4. Andalkan Mesin 1.500 Cc yang Tangguh dan Irit Bahan Bakar

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G

Mesin M15A

Seperti Aerio, dan juga Swift, Baleno Next G disematkan mesin M15A 4 silinder segaris 16 katup DOHC multi point injection.

Jantung pacu yang digunakan memiliki karakter tangguh sekaligus irit bahan bakar.

Di atas kertas untuk performa yang dihasilkan Baleno Next G sanggup memeras tenaga sebesar 110 PS di 6.000 rpm serta torsi puncak 143 Nm 4.000 rpm.

Memiliki angka kompresi sebesar 9.5:1, mobil ini masih cocok menggunakan bensin di bawah RON 92.

Untuk konsumsi BBM nya, beberapa pengetesan yang pernah dilakukan penggunaan dalam kotanya sanggup menempuh jarak 12 km/liter, sedangkan luar kotanya bisa mencapai 15 km/liter.

Mesinnya sendiri dipadukan menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang selanjutnya diteruskan ke roda depan.

5. Perawatan Mudah dan Murah

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G

Perawatan Baleno Next G mudah

Mengenai perawatan, Baleno Next G terbilang sangat mudah.

Mengusung teknologi injeksi, pemilik cukup mengganti pelumas dan filter secara teratur serta melakukan tune up.

Mengenai harga spare partnya sendiri di pasaran tidak terlalu mahal karena versi KW nya juga tersedia, dan untuk ketersediaannya di hampir seluruh toko spare part ada karena mesinnya yang juga digunakan oleh beberapa model mobil Suzuki lainnya.

Baca juga: Jadi Kembaran Suzuki Baleno, Toyota Starlet Glanza Malah Lebih Laris

Kekurangan

1. Model Terkesan Aneh

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G

Tampilan belakang Baleno Next G

Karena kita membahas kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G, maka untuk kekurangan yang pertama ada secara bentuk Baleno Next G terlihat kurang proposi.

Sekelas sedan kompak mobil ini hadir dengan atap tinggi serta bagian belakang yang terlihat sedikit aneh kurang dari slera masyarakat Indoensia kebanyakan.

2. Peredam Kabin Tipis

Kekurangan berikutnya yang ada pada Baleno Next G yakni dari segi kekedapan kabin.

Untuk peredam kabinnya mobil ini terbilang tipis sehingga suara kendaraan lain atau gesekan antara permukaan aspal dengan ban, serta suara mesin masih dapat terdengar jelas di dalam kabin.

Guna membuatnya lebih nyaman, pemilik bisa menambahkan peredam tambahan yang banyak dijual di pasaran.

3. Tarikan Bawah Cenderung Berat

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G

Baleno Next G pre-facelift

Kelemahan berikutnya pada Baleno Next G yakni tarikan bawahnya yang cenderung lemot.

Hal ini tentunya mengurangi rasa berkendara terlebih jika pengemudi mempunyai karakter yang cepat.

Faktor lainnya yang membuat tarikan awalnya tak seresponsif Honda City dan Toyota Vios yakni bodi nya yang berat.

4. Kaki-kaki Depan Rentan Bermasalah

Menggunakan penggerak Front-wheel Drive, mobil ini memiliki kelemahan di sektor kaki-kaki depannya.

Gejala umumnya pemilik mobil ini kerap kali mendengar dan merasakan suara ‘gluduk’ pada bagian roda depannya.

Hal ini dikarenakan karet bushing di swing arm sudah mulai mulai getas, karet ball joint pecah, serta karet tie rod yang jebol yang sudah termakan usia serta pemakaian tidak sewajarnya.

Tak hanya kaki-kaki, tak sedikit pemilik juga mengalami masalah pada bagian setir.

Menggunakan power steering konvensional, tak sedikit kasus yang dialami para pemiliknya yakni mengalami kebocoran pada seal akibat masa pakai.

5. Part Bodi Langka di Pasaran

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G

Headlamp Baleno Next G

Populasinya yang kian sedikt, membuat beberapa bodi seperti pintu, bumper, lampu dan kaca mulai sulit dijumpai di pasaran.

Biasanya para pemilik mobil ini mencari part bodi di pasar loakan dengan harga bervariatif tergantung sulit atau tidaknya barang yang dicari.

Baca juga: Pahami Perbedaan Suzuki Baleno dari Generasi ke Generasi, Awalnya Sedan Berubah jadi Hatchback

Kesimpulan

Pasaran harga bekas Rp50 jutaan, berbagai kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next G berhasil kami bahas secara tuntas melalui ulasan di atas.

Secara konklusi pesaing Toyota Vios dan Honda City GD8 ini memiliki keunggulan pada ruang kabinnya yang paling luas di kelasnya.

Selain itu di zamannya mobil ini mempunyai fitur yang terbilang lengkap dan lebih modern, baik itu fitur unggulan maupun keselamatan.

Untuk mesin Baleno Next G menggunakan jantung pacu M15A 1.500 cc yang tangguh, irit bahan bakar, serta mudah dari segi perawatan.

Namun untuk kekurangan yang dimiliki yakni tarikan awal terasa berat, serta kaki-kaki depan rentan bermasalah termasuk sistem power steering.

Kekurangan lainnya dari segi desain mobil ini terlihat aneh bila dibandingkan pesaing sekelasnya, peredam kabin yang tipis, serta part bodi yang mulai sulit dijumpai di pasaran, sehingga mengharuskan pemiliknya untuk menyiapkan dana lebih ketika mencari suku cadang yang dibutuhkan.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil