window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Murah dari Suzuki Baleno, Daihatsu Sirion R Punya Fitur yang Tak Kalah Menarik

Enda · 19 Sep, 2023 14:30

Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion merupakan city car kompak yang ditempatkan sedikit di bawah Suzuki Baleno, Honda City Hatchback dan juga Toyota Yaris. Menempati segmen yang terbilang ‘nanggung’, untuk varian teratasnya Sirion R CVT saat ini dibandrol Rp238.050.000 OTR Jakarta.

Harga yang ditawarkan Daihatsu terhadap Sirion sendiri jauh di bawah Suzuki Baleno yang merupakan city car termurah di kelasnya. Untuk harga, per September 2023 Baleno ditawarkan mulai dari Rp265.500.000 sampai dengan Rp281.400.000.

Punya harga terjangkau, Daihatsu Sirion R memiliki beberapa fitur yang terbilang menarik. Gak percaya? Simak ulasan berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Daihatsu Sirion X Jadi Varian Termurah, Dapat Apa Saja?

1. Daihatsu Sirion R Gunakan Lampu LED dengan Adjustable Leveling Headlamp

Daihatsu Sirion

Sirion R gunakan lampu LED dengan pengaturan levelling headlamp

Pada eksterior, Daihatsu Sirion R CVT sudah menggunakan lampu LED di bagian depan dengan pengaturan tinggi-rendah yang dilakukan dari dalam. Untuk sisi samping, mobil ini turut dibekali spion dengan pengaturan elektrik dan retractable yang memudahkan pengguna ketika ingin melipat kaca.

Memudahkan pengguna ketika ingin membersihkan kaca belakang guna meningkatkan visibilitas berkendara, pada buritannya telah dilengkapi rear wiper, deffoger, dan high mount stoplamp.

2. Fitur Unggulan Daihatsu Sirion R

Daihatsu Sirion

Fitur Sirion R

Guna memberikan kenyamanan selama berkendara, Daihatsu Sirion R berhasil disematkan head unit layar sentuh yang mendukung konektivitas USB, Bluetooth, Smart Link dan HDMI serta Smart Link yang dapat terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi baik untuk memutar musik atau menjalankan fitur lainnya.

Terasa ergonomis, setirnya telah diaplikasikan audio switch control yang terhubung langsung dengan sistem hiburannya tersebut. Tampil lebih atraktif sekaligus informatif, instrument cluster-nya disematkan layar MID 4,2 inci yang dapat menampilkan beberapa informasi seputar kendaraan.

Selain itu Sirion juga memiliki tombol PWR mode yang bisa merubah gaya berkendara ketika ingin mendapatkan akselerasi lebih cepat.

Bicara fitur keselamatan, semua varian Daihatsu Sirion mendapatkan 4 airbags di depan, ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir, ISOFIX, dan seatbelt 3 titik.

Agar setiap penggunanya merasa lebih nyaman dan percaya diri saat berekendara, mobil ini telah ditambahkan fitur berupa HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), dan traction control. Dari segi keamanan berkendara, Sirion 2023 memperoleh headlamp leveling, key free, engine start-stop button serta alarm system.

Tidak berhenti sampai di situ, mobil ini juga dilengkapi air purifier tergabung menjadi satu dengan sistem pendingin udara. Fitur ini memiliki teknologi yang dapat membersihkan udara di dalam kabin mobil, sehingga kualitas udara di dalam selalu segar dan menyehatkan.  

Baca juga: Mobil Bekas Seharga Brio Satya 2023, Ada Nissan Juke dan Daihatsu Sirion!

3. Memiliki 4 Airbags, Berkendara Jadi Lebih Nyaman

Daihatsu Sirion

Tak kalah menarik dengan hatchback yang lebih mahal, Daihatsu Sirion telah mendapatkan 4 airbags, sistem pengereman dengan ABS (Anti-Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution), sensor parkir depan - belakang, kamera parkir, ISOFIX, serta seatbelt 3 titik.

Bukan cuma itu, supaya penggunanya merasa lebih nyaman saat berekendara, pabrikan melengkapinya dengan HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), dan traction control. Untuk keamanan berkendara mendapatkan key free, engine start-stop button serta alarm system guna meminimalisir dari tindakan pencurian.

4. Dilengkapi Idle Stop Bikin BBM Lebih Irit

Daihatsu Sirion

Fitur menarik lainnya yang Daihatsu Sirion yakni adanya fitur Idle Stop System. Fitur ini dapat mematikan kinerja mesin secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti, tanpa harus mumutus sistem kelistrikan dan kinerja blower AC.

Ketika fitur ini digunakan secara terus menerus, pabrikan mengklaim bahwa akan menghemat penggunaan BBM hingga 10%. Oh iya, jika tidak ingin menggunakan fitur tersebut, kalian bisa menonaktifkan dan mengaktifkan kembali menyesuaikan kebutuhan. 

5. Gunakan Transmisi CVT, Konsumsi BBM Tembus di Atas 20 Km/L

Daihatsu Sirion

Transmisi CVT Sirion

Daihatsu Sirion kini menggunakan transmisi CVT yang dijuluki D-CVT. Transmisi ini memiliki kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, yang bisa memberikan sensasi berkendara secara lebih halus saat perpindahan kecepatan namun tetap hemat bahan bakar.

Untuk membuatnya berjalan, transmisinya dipadukan dengan mesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i, 4-silinder segaris berkapasitas 1.329 cc yang dapat memeras tenaga sebesar 95 PS di 6.000 rpm serta torsi 121 Nm pada 4.200 rpm.

Mengenai konsumsi BBM-nya, dengan menggunakan transmisi D-CVT disebutkan bahwa mobil ini dapat menempuh jarak hingga 22,2 km/liter.

Baca juga: 6 Pilihan Mobil Baru dengan Harga Serupa Honda Brio RS, Mulai Dari Daihatsu Sirion Hingga Toyota Avanza

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil