window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Presiden Jokowi Gerebek Pabrik VinFast Sebelum Investasi di Indonesia

Herdi · 15 Jan, 2024 19:03

pabrik vinfast

Presiden Joko Widodo menggerebek pabrik otomotif VinFast secara langsung di kota Hai Phong, Vietnam. 

Ya, ini bukan penggerebekan mirip yang dilakukan kepolisian, seperti kasus kriminal, melainkan beliau sengaja datang ke pabrik VinFast dalam rangka lawatan kenegaraan yang berlangsung akhir pekan kemarin.

Usut punya usut, kehadiran presiden yang akrab disapa Jokowi tersebut tak lepas dari rencana VinFast yang akan melakukan investasi di Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Siap Jualan dan Bangun Pabrik Mobil Listrik, VinFast Dapat Banyak Insentif dari Pemerintah RI

Persiden Joko Widodo melihat langsung proses produksi mobil listrik VinFast di Vietnam

Persiden Joko Widodo melihat langsung proses produksi mobil listrik VinFast di Vietnam 

"Saya mendukung penuh rencana investasi VinFast di Indonesia," ungkap Jokowi seperti dalam akun Instagram resmi @jokowi.

VinFast, kata Jokowi, merupakan perusahaan otomotif dari Asia Tenggara yag cukup berkembangan pesat, meski baru dimulai sejak tahun 2018 lalu. 

Terlebih VinFast merupakan pabrikan otomotif yang juga mengembangkan kendaraan berteknologi listrik. 

Baca jugaVinFast Siap Bikin Pabrik Mobil Listrik di Bekasi Buat Saingi Wuling

Salah satu mobil listrik VinFast sedang dilakukan perakitan

Salah satu mobil listrik VinFast sedang dilakukan perakitan 

Hal ini tentu saja rencana pemerintah yang ingin membuat Indonesia memiliki ekosistem kendaraan listrik jadi lebih berkembang. 

Terlebih lagi Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah, yang dapat digunakan sebagai material pembuatan industri baterai listrik. 

"Sehingga kita harapkan, apa yang sering saya sampaikan ekosistem besarnya ini akan segera terbangun, dan Chairman dari VinFast menyampaikan akan segera memulai konstruksinya secepatnya,” jelasnya.

Baca juga: VinFast Siap Kucurkan Rp18,3 triliun untuk Bikin Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Salah satu mobil listrik VinFast sedang dilakukan perakitan

Salah satu mobil listrik VinFast sedang dilakukan perakitan 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi melihat berbagai proses perakitan mobil listrik VinFast, antara lain pemasangan baterai mobil listrik. 

Selain itu, Jokowi juga sempat mencoba sensasi duduk di balik kemudi mobil listrik VinFast.

Turut mendampingi Presiden saat peninjauan di VinFast yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, dan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi.

Presiden Jokowi Gerebek Pabrik VinFast Sebelum Investasi di Indonesia 04

Sementara itu, hadir juga dari pihak VinFast antara lain CEO VinGroup Nguyen Viet Quang, Deputy CEO VinFast Pham Nhat Quan Ang, Head of VinFast Factory Trung Vang Ngan, dan General Assembly Manager Hong Sia.

VinFast Investasi USD200 Miliar

Presiden Jokowi mencicipi duduk di salah satu mobil listrik VinFast

Presiden Jokowi mencicipi duduk di salah satu mobil listrik VinFast

VinFast jadi perusahaan otomotif terbaru yang berencana menancapkan kuku bisnisnya di Indonesia dengan mengucurkan dana hingga USD200 miliar.

Rencanaya, uang tersebut akan dibagi untuk beberapa bagian, seperti kebutuhan pembangun pabrik di lahan seluas 240 hektar yang rencananya akan beroperasi pada tahun 2026 mendatang. 

Presiden Jokowi datang ke pabrik VinFast

Presiden Jokowi datang ke pabrik VinFast  

Di pabrik yang mampu memproduksi 50.000 unit mobil per tahun tersebut akan cukup menguntungkan bagi masyarakat Indonesia, karena membuka lapangan kerja sekitar 1.000-3.000 orang.

Tidak hanya itu, dengan adanya pabrik di Indonesia, VinFast juga berencana melibatkan sejumlah supplier lokal.

Bahkan, adanya brand baru tentunya akan muncul juga dealer dan bengkel, yang tentunya akan mempekerjakan sumber daya manusia lokal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia