window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

VinFast Siap Bikin Pabrik Mobil Listrik di Bekasi Buat Saingi Wuling

Herdi · 8 Jan, 2024 08:00

 

VinFast Siap Bikin Pabrik Mobil Listrik di Bekasi Buat Saingi Wuling 01

Merek otomotif asal Vietnam, VinFast siap turut meramaikan pasar otomotif untuk bersaing dengan sejumlah brand ternama yang ada Indonesia di tahun ini.

Tak tanggung-tanggung, VinFast berencana mengucurkan dana investasi cukup tinggi, yaitu senilai US$1,2 miliar atau setara Rp18,6 trilun.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menurut Direktur Penjualan dan Jaringan VinFast Indonesia Surachman Nugroho, investasi yang dilakukan VinFast di Tanah Air termasuk pembangunan pabrik seluas 200 hektar yang rencananya berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Ini Mobil-mobil VinFast dari Vietnam yang Sudah Didaftarkan ke Indonesia, Ada Mobil Listrik

Produksi VinFast di Vietnam

Produksi VinFast di Vietnam 

"Pembangunan pabrik akan mulai dilakukan tahun ini (tahun 2024), produksi untuk model setir kanan," ungkap Surachman saat ditemui, akhir pekan lalu.

Dia juga menyebutkan, pabrik yang diperkirakan rampung pada tahun 2026, tidak hanya akan dijual di pasar lokal, tapi juga ekspor ke berbagai negara mulai dari Thailand, Singapura, Malaysia, hingga Australia. 

Tidak hanya itu, pabrik VinFast juga disebut tak hanya akan menggarap pasar otomotif roda empat, tapi termasuk roda dua. 

Baca juga: Petinggi Produsen Mobil VinFast Bertemu Menteri Perdagangan, Bahas Kerjasama dengan RI

Deretan body mobil VinFast sebelum dirakit

Deretan body mobil VinFast sebelum dirakit

Menariknya lagi, produk yang ditawarkan nanti berkonsep kendaraan ramah lingkungan berteknologi listrik, termasuk baterai. 

Selain itu, kata Surachman, untuk memasarkan produknya, VinFast berencana untuk menghadirkan sejumlah dealer di Nusantara, dimana tahap awal akan berdiri delapan dealer yang berada di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Di Luar itu, VinFast juga akan menghadirkan di Medan dan juga Batam.

Adapun sebelum unit mobil VinFast lahir di Indonesia, maka terlebih dahulu akan didatangkan dalam bentuk Completely Built Up (CBU) dari Vietnam, beberapa diantaranya diperkirakan VF e23, VF5, VF 6 dan VF7. 

Baca juga: Ini Mobil-mobil VinFast dari Vietnam yang Sudah Didaftarkan ke Indonesia, Ada Mobil Listrik

VinFast Siap Unjuk Gigi di IIMS 2024

Deretan produk VinFast

Deretan produk VinFast

Kehadiran VinFast di Tanah Air akan ditandai   di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung pada 15 Februari mendatang atau sehari setelah pemilihan presiden RI.

Bahkan Surachman menjabarkan, bahwa di pameran otomotif tersebut VinFast akan menghadirkan enam mobil untuk ditampilkan ke khalayak. 

"Akan ada model global, dan kami terima Pre-Order," ucap Surachman. 

Model VinFast

Model VinFast VF8

Menyoal harga, Surachman memang tidak menyebutkan secara detail, namun dia tak menampik jika banderol VinFast nanti akan lebih terjangkau dari sederet mobil listrik yang saat ini dipasarkan.  

Bahkan dia juga menyebutkan, VinFast akan menggaet sejumlah perusahaan pembiayaan untuk mensupport kegiatan jual beli, sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkannya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia