Mengenal Tiga Jagoan Skutik Irit Dari Honda, Honda Beat 2021 Istimewa!

All New Honda Beat 2021

Skutik murah Honda satu ini menempati strata teratas karena menorehkan catatan konsumsi bahan bakar sebesar 60,6 km/liter. Artinya, All New Beat mampu berjalan sejauh 60,6 km dengan bekalan BBM 1 liter.

Pengujian efisiensi itu dilakukan AHM dengan metode ECE R40 dan fitur ISS (idling stop system) menyala - pada tipe All New Honda Beat CBS ISS. Klaim pemegang merek, terjadi peningkatan dibanding Beat lama yang sebelumnya hanya menyentuh 59 km/liter. Signifikan! 

Pilihan skutik 110 cc irit Honda 2021

Baca juga: Kenali 10 Kode Kerusakan pada MIL Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check

Itu dilakoni karena Honda Beat 2021 menggendong jantung mekanik anyar rancangan pabrikan. Tidak sepenuhnya baru lantaran mesin eSP berkubikasi 109,5 cc itu merupakan hasil adopsi dari kepunyaan Honda Genio.

Namun, beberapa penyempurnaan terjadi bahkan hingga ke sistem pembuangan. Alhasil, membawa Beat unggul dari penyandang mesin baru Honda pertama itu.

Tak cuma itu, peningkatan jua terlihat dalam segi performa. Dengan kalkulasi bore x stroke: 47 x 63,1 mm, Honda Beat 2021 sanggup capai 8,89 Hp @ 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm @ 5.500 rpm. Teruntuk akselerasi, Honda Beat 2021 punya respons putaran bawah lebih baik ketimbang Honda Beat lama.

Penggunaan sasis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang jua diturunkan dari Honda Genio, berdampak positif terhadap Beat.  Rangka baja tersebut tak hanya membuatnya lebih ringan. Melainkan juga ikut berdampak terhadap peningkatan kapasitas tangki bahan bakar - dari sebelumnya 4 liter menjadi 4,2 liter.

Menurut AHM, Honda Beat mampu menempuh perjalanan sejauh 254,52 km dalam kondisi bensin penuh. Data efisiensi serta performa itu semestinya dibuat pula oleh All New Honda Beat Street 2021, yang berbagi platform dengan All New Honda Beat 2021. 

Honda Genio 2021

Sementara itu, Honda Genio 2021 justru hanya membuat catatan irit bahan bakar sebesar 59,1 km/liter. Lebih rendah dari Honda Beat. Walau begitu, tak ada perbedaan dalam tahap pengujian internal pihak AHM. Sama-sama dijalankan dengan fitur ISS aktif (ada di tipe tertinggi).

Pun halnya pemasok daya. Mesin 110 cc eSP PGM-Fi milik Genio jua membuat torehan tenaga 8,89 Hp @ 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm @ 5.500 rpm. Bedanya, dalam kondisi tangki penuh ia bisa diajak berjalan hingga 248 km. Memang sedikit lebih boros dibanding Honda Beat, tapi tetap irit untuk ukuran skutik 110 cc.

Teknologi baru skutik Honda 2021

Satu hal yang patut diapresasi, Genio lah pengguna pertama mesin eSP baru garapan Honda. Sebelum Honda Beat 2021 lahir, dialah yang berstatus sebagai skutik irit Honda.

Walau seiring waktu, Astra Honda Motor melakukan penyempurnaan sebelum akhirnya merilis generasi anyar Honda Beat. Secara tampilan, Genio juga menyuguhkan desain baru di jajaran skutik Honda. 

Honda Scoopy 2021

Mengenai sematan mesin baru tadi pun dituangkan kembali oleh pabrikan sayap kepak. Kali ini Honda Scoopy 2021 yang kedapatan mesin eSP itu.

Seperti Beat maupun Genio, jantung mekanik Honda Scoopy 2021 dirancang seragam dengan bore x stroke: 47 x 63,1 mm. Itu berarti setara juga keluaran daya serta torsi. Berbeda dari kalkulasi Scoopy lama. Begitu pula rasio kompresi yang tercatat berubah dari 9,5:1 menjadi 10,1:1. 

Tapi, terdapat sedikit penurunan output dibanding model Scoopy pendahulu. Kala itu ia punya jangkauan daya 8,9 Hp @ 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,4 Nm @ 5.500 rpm. Sementara di versi terbarunya adalah 8,89 Hp @ 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm @ 5.500 rpm.

Kendati begitu, data itu tak mengurangi penempatannya sebagai salah satu skutik irit. Berdasarkan pengujian pihak AHM, konsumsi bahan bakar Honda Scoopy 2021 berada di angka 59 km/liter. Skutik bergaya retro-modern ini bisa diajak jalan hingga 248 km dalam kondisi bensin penuh - sama seperti klaim pada Honda Genio. 

Kebaruan lain yang ditawarkan tersaji dengan rangka eSAF barunya. Selain penambahan daya tampung bensin (4,2 liter), bagasi Scoopy juga menjadi semakin luas dengan kapasitas total 15,4 liter. 

Cara Agar Motor Matik Irit Bensin

Tentu semua pencapaian yang dibuat oleh masing-masing skutik Honda ini tidak bisa dijadikan patokan utama. Efisien atau tidak si motor juga bergantung dari bagaimana cara Anda berkendara. Jangan harap irit jika Anda memperlakukannya secara agresif.

Termasuk pula memerhatikan faktor lain. Sebutlah pengecekan kondisi tekanan ban. Hal ini harus dilakukan secara rutin, mengingat angin di dalam ban yang bakal berkurang. Jika tekanannya tidak ideal atau kepalang kempis, laju roda bakal tertahan. Dengan kata lain memberi hambatan lebih besar terhadap permukaan jalan. 

Efisiensi bergantung kepada cara berkendara Anda

Tak kalah pentingnya lagi, menggunakan bahan bakar yang sesuai anjuran pabrikan. Perlu diingat, kompresi dari ketiga skutik di atas sudah tinggi. Artinya, butuh bensin beroktan tinggi agar kinerja mesin optimal.

Lalu, jangan lupa juga untuk melakukan servis secara berkala. Paling tidak dilakukan setiap satu atau dua bulan sekali. Pada motor matik, aktivitas ini biasanya menyasar kepada pemeriksaan area filter udara dan pengapian. Sementara lainnya ialah mengganti oli mesin demi mengoptimasi kinerja serta durabilitas setiap komponen mesin. 

Kesimpulan

Sejatinya, ketiga skutik Honda di atas menawarkan nilai lebih soal efisiensi. Namun, Honda Beat 2021 jelas punya catatan istimewa. skutik tersebut tercatat menjadi lini paling murah diantara Genio dan Scoopy.

Honda Beat 2021 dijual mulai Rp 16,450 juta (tipe CBS). Tipe termahal yakni Beat CBS ISS dan Beat Deluxe masing-masing dilepas Rp 17,150 juta dan Rp 17,250 juta. Sementara untuk All New Honda Beat Street 2021 Rp 17,150 juta, berstatus on the road Jakarta. 

Honda Genio 2021 ditawarkan sedikit lebih mahal. Banderol dari kedua varian yang ada saat ini adalah Rp 17,680 juta (Genio CBS) dan Rp 18,150 juta (Genio CBS ISS).

Diantara ketiganya Honda Scoopy 2021 menjadi pucuk termahal ihwal harga jual. Scoopy termurah (Scoopy Fashion dan Sporty) sudah mencapai Rp 19,950 juta. Sedangkan varian tertinggi yakni Scoopy Prestige dan Stylish sudah tembus Rp 20 juta, tepatnya Rp 20,750 juta.

Tinggal tentukan, mana model paling layak untuk Anda. Tentu menilik jua kelengkapan fitur dari masing-masing produk dan cocok di kantong serta selera Anda.   

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat