Honda ADV 150 2021, Si Skutik Maskulin Yang Siap Diajak Berpetualang

Kehadiran Honda ADV 150 memberikan pilihan yang semakin beragam untuk skuter matik (skutik) di kelas 150 cc. Animo pencinta roda dua terhadap ADV 150 cukup tinggi. Sebab, Honda memberikan gebrakan dengan bermain sendirian di segmen skutik petualang 150 cc.

Sejak diluncurkan pada 2019 lalu, ADV 150 baru mendapat penyegaran berupa pilihan warna baru. Belum ada perubahan atau peningkatan dari segi desain, fitur, atau mesin yang digunakan.

Sempat beredar kabar bahwa Honda akan meluncurkan juga ADV 250. Awalnya, dikabarkan skutik tersebut akan menggunakan basis mesin dari Forza 250. Namun, generasi Forza terbaru justru dibekali dengan mesin 350 cc.

Dengan demikian, ada kemungkinan Honda akan langsung beralih ke segmen yang lebih premium dengan menghadirkan ADV 350. Tapi, melihat karakter konsumen di Indonesia, tak menutup kemungkinan juga ADV 250 akan tetap diluncurkan.

Untuk saat ini, konsumen masih banyak yang kepincut dengan ADV 150 2021. Khususnya, dengan beragam keunggulan yang ditawarkan.

Penampilan Maskulin Honda ADV 150 2021

Desainnya sangat maskulin serta terlihat berotot dan tangguh. Lekuk dan garis bodinya tajam. Wajar, ADV 150 2021 masih memiliki DNA yang sama dengan kakaknya, yakni X-ADV, yang sama-sama skutik petualang tapi bermain di kelas 750 cc.

ADV 150 memiliki panjang 1.950 mm, lebar 763 mm, dan tinggi 1.153 mm. Tinggi tempat duduknya 795 mm dan jarak terendah ke tanah 165 mm. Sehingga, skutik ini cukup andal dibawa melintasi berbagai medan.

Apalagi, didukung juga dengan kaki-kaki yang mumpuni. Suspensi depannya masih teleskopik, tapi suspensi belakang ganda sudah menggunakan subtank.

Untuk meningkatkan pengendalian dan kenyamanan berkendara saat melewati permukaan jalan yang tak rata, Honda menggunakan ukuran roda depan dan belakang yang berbeda untuk ADV 150. Ban depan menggunakan ukuran 110/80-14 dan ban belakangnya berukuran 130/70-13.

Penggunaan setang lebar membuat aura skutik petualang semakin kental. Ditambah lagi dengan adanya wind screen, membuat perjalanan jauh menjadi semakin nyaman.

Ada tujuh pilihan warna untuk ADV 150, yakni Tough Matte Black Gold (ABS), Tough White Gold (ABS), Tough White Black (ABS), Advance Red (ABS), Tough Matte Black (CBS), Tough Red (CBS), dan Tough Matte Brown (CBS).

Dimensi Honda ADV 150 2021
P x L x T 1.950 x 763 x 1.153 mm
Jarak Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah ke Tanah 165 mm
Tinggi Tempat Duduk 795 mm
Bobot

132 kg (Tipe CBS), 133 kg (Tipe ABS – ISS)

Posisi Berkendara Honda ADV 150 2021

Skutik 150 cc ini memang terlihat cukup bongsor, tak kalah dengan skutik 150 cc lainnya. Tinggi tempat duduknya mencapai 795 mm, tak terlalu tinggi untuk postur tubuh orang Indonesia pada umumnya.

Dengan jarak terendah ke tanah 165 mm, motor ini cukup tangguh melibas segala medan. Dengan bobot 133 kg, skutik petualang ini dirasa masih proporsional dengan dimensinya.

Posisi berkendara yang ditawarkan cukup ergonomis. Posisi lutut tidak terlalu berdekatan dengan setang. Selain itu, setang yang lebar juga membuat pengendara dapat lebih menguasai motor untuk bermanuver.

Kelebihan dari posisi berkendara pada ADV 150 2021 ini adalah posisi kakinya. Selain posisi normal, pengendaranya juga bisa menyelonjorkan kaki ke depan. Sehingga, posisi berkendara akan lebih santai, cocok untuk perjalanan jarak jauh.

Mesin Honda ADV 150 2021

Honda menyerahkan sektor dapur pacu pada mesin 4-langkah, SOHC, eSP, berpendingin cairan, dan berkapasitas 150 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 14,5 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 13,8 Nm pada 6.500 rpm.

Di bagian transmisi, ADV 150 2021 menggunakan transmisi otomatis CVT. Skutik ini juga diberikan sistem suplai bahan bakar dengan teknologi PGM – FI.

Dengan diameter piston 57,3 mm dan langkahnya 57,9 mm, rasio kompresi yang dihasilkan 10.8:1. Maka itu, ADV 150 2021 diklaim memiliki akselerasi yang responsif, performa yang agresif, tapi tetap efisien, dan ramah lingkungan.

Kemampuan akselerasi ADV 150 2021 juga cukup baik, 0-60 km/jam diklaim hanya butuh waktu 5,4 detik. Sedangkan 0-100 meter, mampu ditempuh dalam waktu 7,8 detik. Untuk kecepatan tertingginya, ADV 150 2020 sanggup menembus 117 km/jam.

Namun, Honda ADV 150 2021 menggunakan platform mesin yang serupa dengan PCX 150. Skutik premium tersebut memiliki sejarah yang tidak begitu bagus.

Ada potensi mesin mengeluarkan sensasi “geredek” saat di putaran bawah, tarikan gas berat, hingga mesin mati. Namun demikian, karakter mesin ADV 150 2021 dibuat sedikit berbeda dengan lebih responsif di putaran bawah dan menengah.

Mesin Honda ADV 150 2021
Tipe Mesin 4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System
Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )

Diameter x Langkah

57,3 x 57,9 mm

Tipe Transmisi Otomatis, V-Matic
Rasio Kompresi

10,8 : 1

Daya Maksimum 14,5 PS  @  8.500 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm @ 6.500 rpm
Tipe Starter Elektrik
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 8 Liter

Sasis dan Kaki-kaki Honda ADV 150 2021

Honda mengandalkan rangka tipe double cradle dari material baja. Sedangkan untuk suspensinya, bagian depan masih pakai model teleskopik. Sedangkan suspensi belakangnya, sudah pakai sokbreker ganda dengan tabung atau twin subtank rear suspension.

Untuk pengeremannya, Honda sudah membekali sistem pengereman ADV 150 2021 dengan rem cakram, baik untuk bagian depan maupun belakang. Selain itu, terdapat dua pilihan, yakni tipe ABS (Anti-lock Braking System) dan non ABS atau CBS (Combi Brake System). Pada sistem pengereman ADV 150 2021 ini, ABS yang digunakan hanya single channel. Artinya, ABS hanya bekerja pada rem depan saja.

Honda ADV 150 2021 diciptakan tak hanya tangguh di atas aspal, tapi juga sanggup melibas medan semi off-road. Untuk itu, skutik ini dipersenjatai dengan kaki-kaki yang cukup mumpuni.

Ukuran ban depan 14 inci (110/80) lebih besar daripada ban belakang yang berukuran 13 inci (130/70). Pola ban yang digunakan semi pacul alias dual purpose, makin meningkatkan aura petualang.

Sasis dan Kaki-kaki Honda ADV 150 2021
Tipe Rangka Double Cradle
Suspensi Depan Telescopic
Suspensi Belakang

Twin Subtank Rear Suspension

Rem Depan Hydraulic Disc
Rem Belakang Hydraulic Disc
Ban Depan 110/80 – 14 M/C Tubeless
Ban Belakang 130/70 – 13 M/C Tubeless
Sistem Pengereman

Triple Pot Hydraulic, CBS (untuk tipe CBS), Anti – Lock Braking System (untuk tipe ABS)

Fitur Honda ADV 150 2021

Honda ADV 150 2021 termasuk skutik petualang yang sarat fitur. Skutik sudah dibekali dengan panel meter full digital dengan tampilan yang modern dan futuristis. Namun, belum memiliki konektivitas dengan smartphone.

Meski demikian, informasi yang ditampilkan cukup lengkap, mulai dari speedometer, fuel meter, average fuel consumption, real time fuel consumption, odometer, trip meter, tanggal dan waktu, indikator baterai atau aki, indikator suhu luar ruangan, serta indikator waktu atau jadwal penggantian oli mesin.

ADV 150 2021 cukup istimewa karena memiliki indikator suhu udara sekitar. Di kelas skutik 150 cc, hanya motor ini yang memilikinya dan bisa dibilang teknologi ini banyak digunakan di motor-motor besar. Selain itu, dilengkapi juga dengan Trip A/B, serta realtime fuel consumption yang membuat konsumen jadi lebih gampang mengatur gaya berkendara lebih irit.

Pada tipe ABS juga terdapat Emergency Stop Signal (ESS) untuk keadaan darurat saat pengereman mendadak di kecepatan tinggi. Fitur ini akan membuat kedua lampu sein menyala saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Tentunya, Honda juga menyematkan Smart Key System alias teknologi keyless untuk meningkatkan keamanan.

Honda ADV 150 2021 juga memiliki kapasitas bagasi yang sangat luas hingga mencapai 28 liter. Para penggunanya bisa memanfaatkan bagasi ini untuk menyimpan banyak barang bawaannya, seperti helm hingga jas hujan. Pada bagian wind screen juga paling berbeda. Tingkat ketinggiannya bisa diatur sesuai keinginan pengendara dengan pola pengoperasiannya masih manual.

Harga Honda ADV 150 2021

Honda ADV 150 2021 tipe tertinggi ABS-ISS sekarang ini dibanderol Rp 37,805 juta. Sedangkan untuk ADV 150 2021 tipe CBS-ISS, harganya mencapai Rp 34,742 juta (OTR Jakarta).

Kesimpulan

Honda ADV 150 2021 cocok untuk memenuhi kebutuhan para pencinta roda dua yang menyukai touring. Apalagi, untuk orang-orang yang sering bertualang ke alam bebas.

Honda ADV 150 2021 tak hanya tangguh melaju di medan aspal, tapi juga andal diajak melewati medan tanah dan bebatuan. Untuk pemakaian harian, ADV 150 2021 juga masih tergolong nyaman.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 150
Lihat