Cek Lagi Plus-Minus Honda ADV 150 2022, Skutik Yang Lagi Ramai Dijiplak Brand Cina

Sekarang ini banyak banget produsen motor asal Cina, yang menjiplak desain dari Honda ADV 150 2022. Entah kenapa, rasanya skutik Honda satu ini punya daya tarik yang sangat kuat untuk brand asal Tiongkok itu ya?

Beberapa contoh motor yang punya desain persis Honda ADV 150 2022 diantaranya ada MotoSuper Advisa 150, Dayang ADV 150, Vorei ADV 150 dan terbaru ada Sanye 150 ADV. Hmmm...Lumayan banyak ya?

Honda ADV 150 dikenalkan pertengahan 2019 lalu.

Tapi untungnya motor-motor tadi tidak masuk pasar Indonesia karena hanya dijual di negara asalnya. Kalian sebagai konsumen pun dijamin hanya bisa membeli produk yang asli buatan PT Astra Honda Motor (AHM).

Baca juga : Simak 5 Alasan Honda ADV150 2021 Layak Jadi Tunggangan Harian

Skutik bergaya adventure ini pertama kali dirilis pertengahan tahun 2019 silam pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di BSD, Tangerang Selatan. Skutik ini langsung mendobrak industri sepeda motor nasional.

Ini lantaran hanya Honda ADV 150 yang merupakan motor jenis skutik, yang mengusung gaya petualang. ADV sendiri bukan singkatan dari adventure, melainkan advance, yang menggambarkan skutik ini punya banyak fitur canggih.

Tersedia tipe CBS dan ABS untuk Honda ADV 150 2022.

Barangkali diantara kalian ada yang sedang mengincar skutik premium untuk penggunaan harian atau touring, Honda ADV 150 ini bisa banget jadi pilihan. Dan berikut daya tarik dari skutik satu ini.

1. Desain Macho

Desain memang soal selera, tapi sosok Honda ADV 150 ini memang tampil macho yang dipadu dengan kepraktisan sebuah motor skutik. Motor ini benar-benar merupakan versi mini dari Honda X-ADV, big bike seharga Rp 450 juta.

Tampilan macho bergaya motor adventure.

Hal ini dapat dilihat dari hadirnya tampang gagah dengan sepasang headlamp LED bersudut tajam dengan sokongan garis DRL tegas. Sementara lekuk bodinya pun masih mengikuti desain Honda X-ADV yang memiliki panel bodi kompleks.

Semuanya dipadu dengan windshield berukuran besar yang bisa disetel ketinggiannya, lalu setang tappered handle bar yang biasanya digunakan motor adventure Honda, lalu skutik ini juga punya postur yang tinggi. Bohong kalau ada yang menyebut skutik ini tak gagah.

Baca juga : Bukan Cuma Honda PCX 160 2021, Ini Daftar Skutik Yang Sudah Pakai Keyless

Wndshield bisa diatur naik-turun secara manual.

Kesan motor bergaya petualang didukung dengan penyematan ban dual purpose, travel suspensi depan dan belakang yang panjang, serta penggunaan lingkar roda belang agar mampu melewati guncangan jalan dengan baik.

2. Fitur Kelas Atas

Namanya saja advance, masa fiturnya biasa, jadi tak seuai namanya dong kalau begitu. Honda ADV 150 sendiri memang tergolong skutik yang canggih, bahkan dari Honda PCX 160 sekalipun loh.

Baca juga : Honda ADV 150 Bekas Sepi di Pasaran, Semenarik Apa Ia Dipertahankan Sang pemilik?

Tak percaya, yuk kita buktikan. Panel meter full digital dengan format negatif display mampu memberikan informasi beragam. sejumlah indikator juga terdapat pada area bawah panel meter tadi. Seperti indikator MIL, pass beam, sein kiri dan sein kanan, suhu mesin, idling stop dan ABS.

Panel meter full digital.

Kalian juga tak akan kehabisa daya baterai smarpthone karena terdapat konsol depan dengan power outlet. Llau bagasi berkapasitas 28 liter yang sangat besar, cukup untuk menampung helm full face dan masih menyisakan banyak ruang.

Suspensi belakang model tabung yang memberi kesan padat. Lalu ada juga Emergency Stop Signal untuk tipe ABS. Untuk yang tak suka rem ABS juga tersedia rem CBS (Combi Brake System), dengan rem cakram yang mengawal kedua rodanya.

Baca juga : Menggoda Untuk Dimiliki, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda ADV 150 2021

Sebagai pengaman, skutik ini juga sudah dilengkapi Smart Key System untuk semua tipenya. Remotenya ini juga terintegrasi dengan Answer Back System dan Alarm, dan rumah kontak juga befungsi sebagai  pembuka jok dan tangki bahan bakar.

Bagasi luas dan muat  helm pastinya.

3. Nyaman Dikendarai

Dengan suspensi depan yang punya jarak main 130 mm dan suspensi belakang sampai 140 mm, hal ini membuat peredaman guncangan jauh lebih baik. Hampir mustahil bisa merasakan gejala bottoming alias mentok saat menggunakan Honda ADV 150 2022.

Hal ini tentunya membuat pengendara merasa nyaman menunggangi skutik ini. Faktor kenyamanan yang dirasakan juga didukung hadirnya setang tappered yang lebar dan tinggi, sehingga posisi badan bisa tegap.

Honda ADV 150 tawarkan ergonomi berkendara yang nyaman.

Permukaan jok yang luas serta pijakan kaki yang fleksibel, juga menunjang kenyamanan pengendara. Tak heran banyak pengguna Honda ADV 150 ini yang betah riding lama karena faktor kenyamanan yang tergolong baik.

4. Irit Bensin

Meski bergaya skutik petualang, konsumsi bahan bakarnya terhitung irit loh. Ini karena pakai basis mesin yang sama dengan Honda Vario 150 dan juga Honda PCX 150 yang dulu sempat dijual AHM.

Rata-rata mesin ini mampu mencatatkan angka 40 hingga 48 km/liter. Jadi tak was-was takut kehabisan bensin kala touring. Apalagi dipadu kapasitas tangki 8 liter yang terhitung besar untuk sebuah skutik.

Mesinnya dikenal irit.

Kalau dihitung kasarnya, maka dengan satu tangki penuh, Honda ADV 150 2022 ini bisa melaju sejauh 320 sampai 384 km. Jakarta-Tegal sih bisa tak perlu isi bahan bakar tuh!

Baca juga : Simak Lagi Plus-Minus Honda ADV 150 2022, Skutik Yang Dijual Lebih Mahal Dari PCX 160

Itu tadi sisi plus yang menjadi keunggulan dari Honda ADV 150 2022, bagaimana dengan sisi minusnya yang menjadi kekurangannya?

1. Dimensi Besar

Dengan panjang 1.950 mm, lebar 763 mm dan tinggi 1.153 mm, Honda ADV 150 memang cukup besar dan tinggi untuk sebagian orang. Belum lagi tinggi joknya yang mencapai 795 mm, rasanya hal ini akan ikut menjadi pertimbangan.

Postur tingginya terkadang menyulitkan untuk sebagian orang.

Untuk rider dengan postur lebih dari 170 cm, untuk menduduki skutik ini bukanlah masalah besar. Beda cerita jika mereka yang punya postur kurang dari 170 cm, kaki akan jinjit dan akan kerepotan jika melewati jalan macet.

2. Performa Smooth

Karena irit ya tentu performa mesinnya terasa smooth dan biasa saja. Hal ini ditambah dengan bobot Honda ADV 150 ini juga lumayan berat, mencapai 132 kg (CBS) dan 133 kg (ABS). Untungnya part penunjang performa sudah banyak tersedia di pasaran.

Mesin 150 cc Honda ADV 150 punya tarikan smooth.

Dan yang patut diingat, Honda ADV 150 ini belum mendapatkan update mesin seperti yang digunakan oleh Honda PCX 160 2022. Andai kata menggunakan mesin eSP+ tersebut, rasanya skutik ini akan punya performa yang menjanjikan.

Baca juga : Tiruan Honda ADV150 Asal Cina masuk Malaysia, Bakal ke Indonesia juga?

3. Harga Tinggi

Sejak awal AHM sudah memposisikan Honda ADV 150 ini sebagai skutik premium, yang kastanya di atas Honda PCX 150 bahkan Honda PCX 160. Harga jualnya masih lebih tinggi dari skutik tersebut.

Saat ini AHM melepas Honda ADV 150 diangka Rp 35,186 juta (CBS) dan Rp 38,251 juta (ABS). Angka ini lebih mahal dari Honda PCX 160 CBS yang dilepas Rp 30,845 juta dan ABS yang dibanderol Rp 34,445 juta.

Harganya lebih mahal dari Honda PCX 160 2022.

Baca juga : WMoto Xtreme 150i Siap jadi Kuda Hitam, Honda ADV150 bakal tetap Arogan?

Kesimpulan

Ketimbang versi kopiannya dari berbagai merek motor asal Cina, model aslinya tentu lebih baik dibeli. Sebagus-bagusnya tiruan, tetap saja tak akan lebih bagus dari versi aslinya bukan?

Honda ADV 150 memang dibanderol dengan harga relatif tinggi, namun semuanya dikompensasikan lewat kelengkapan fitur dan teknologi yang unik dan lengkap. Belum lagi posisi berkendara nyaman dengan redaman suspensi dengan travel panjang.

Spesifikasi Honda ADV 150 2022
Dimensi
P x L x T 1.950 x 763 x 1.153 mm
Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 795 mm
Kapasitas Tangki 8 liter
Berat Isi 132 kg (CBS) 133 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 150 cc
Diameter x Langkah 57,3 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 10,8 : 1
Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Transmisi Otomatis CVT
Tenaga Maksimal 14,5 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 13,8 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 150
Lihat