Meski Lebih Mahal dari Honda Vario 125 CBS, Ini Alasan Untuk Tetap Membeli Honda Scoopy Tipe Teratas

Harga Honda Scoopy 2021 tercatat paling mahal di segmen skutik 110 cc. Bandingkan saja dengan saudara sekandung seperti Honda Beat series maupun Honda Genio. Tak cuma itu. Selisih jua diberikan PT Astra Honda Motor (AHM) terhadap Honda Vario 125, yang notabene menggunakan kapasitas mesin lebih besar darinya.

Ditilik dari daftar harga pihak pabrikan, Honda Scoopy varian Stylish dan Prestige dipatok Rp 20.750.000 (on the road Jakarta). Sementara Honda Vario 125 CBS dilego Rp 20.600.000. Ya, terdapat selisih Rp 150 ribu antara Scoopy termahal dengan Vario termurah itu. Lantas siapakah yang layak dijadikan pilihan?

Desain Honda Scoopy Ikonik

Dengan selisih itu, logis jika kebanyakan dari Anda lebih memilih Honda Vario 125 CBS. Namun, hal itu rasanya tidak berlaku untuk motoris yang kepalang suka dengan sosok ikonik Scoopy. Tema retro-modern yang menjadi ciri khasnya tetap dipertahankan. Hanya saja mendapatkan sentuhan baru sebagai bagian atas penyegarannya di akhir 2020 lalu.

Misalnya saja pada bagian depan. Lampu utama berbentuk oval dengan penerangan model projector itu, sudah terintegrasi dengan Daytime Running Light (DRL). Sementara untuk sein, kini dibuat terpisah dari headlamp. Lalu, terdapat kisi-kisi di sisi kanan tebeng depan. Bukan hanya memberi kesan sporty, keberadaannya juga berfungsi untuk keluaran suara klakson milik si skutik. Perubahan juga merujuk kepada tampilan belakang. Nuansa retro pada bagian ini diperkuat lewat usungan desain lampu rem bulat. 

Baca juga : Intip Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125, Satu-Satunya Skutik 125 cc Honda

Desain Honda Scoopy digemari anak muda.

Dimensi Honda Scoopy Kompak

Bentuk uniknya kemudian didukung oleh ukuran tubuh terbilang kompak. Dengan dimensi 1.864 x 683 x 1.075 mm (P x L x T), Honda Scoopy menjanjikan kemudahan dalam pengendalian di lingkup perkotaan. Vario 125 CBS sendiri sebenarnya bukan tidak ideal. Dengan ukuran 1.919 x 679 x 1.062 mm, ia juga memadai sebagai teman mobilitas. Namun, Scoopy diuntungkan lantaran punya dimensi lebih kecil tadi. 

Belum lagi ihwal ketinggian jok 746 mm yang lebih rendah dari Vario 125 (769 mm). Dengan tempat duduk lebih ramah ini, pengendara dimudahkan saat mengendalikannya. Apalagi bobot Honda Scoopy tertinggi hanyalah 95 kg saja. Sementara Vario 125 CBS sudah mencapai 111 kg. 

Tubuh mungil Honda Scoopy membuatnya lincah untuk penggunaan harian.

Namun, Scoopy memberi selisih signifikan lantaran punya  ground clearance 145 mm. Ya, lebih tinggi dibanding jarak kolong Vario 125 yang hanya 132 mm. Meski begitu, kesenjangan ini justru memberi dampak positif karena Anda tak perlu khawatir bagian bawah dek Scoopy mentok saat melewati polisi tidur. 

Sayang, tubuh mungil Honda Scoopy ikut berdampak terhadap keterbatasannya membawa barang bawaan. Kapasitas bagasi Vario 125 CBS jauh lebih besar yakni 18 liter. Sementara Scoopy hanyalah 15,4 liter saja. Namun perlu dicatat, daya tampung tersebut adalah yang terbesar di kelasnya.   

Fitur Honda Scoopy Lebih Kaya

Seleksi terhadap keduanya tentu terlihat dari perbekalan fitur yang dipunya. Pembeli Honda Scoopy versi Stylish dan Prestige mendapatkan sistem penguncian pintar (Smart Key System). Tak lagi menggunakan anak kunci sebagai kontak, melainkan sudah menggunakan knop. Tak cuma itu, ia pun sudah dibekali remote tambahan dengan kelengkapan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Sebaliknya, Honda Vario 125 CBS hanya mengandalkan kunci berpengaman magnet saja. 

Honda Scoopy sudah dilengkapi fitur power outlet USB.

Sementara di sebelah kiri, Vario 125 hanya menyediakan konsol untuk menyimpan barang. Lain hal dengan Honda Scoopy yang sudah menyediakan power outlet USB untuk mengisi daya ulang gawai. Kepunyaannya bahkan lebih rapih karena sudah dilengkapi dengan penutup.

Honda Scoopy Irit

Sudah bisa dipastikan, performa Honda Scoopy pasti terpaut cukup jauh dengan Honda Vario 125. Dengan mesin 110 cc, Scoopy hanya sanggup menorehkan daya 9 Ps di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm @5.500 rpm. Namun, impresi positif tetap layak diberikan kepada Scoopy berkat penggunaan mesin terbaru Honda ini. Bukan cuma memiliki bentuk lebih ringkas, racikan jantung mekanik anyar jua berdampak kepada efisiensi bahan bakarnya.

Seperti disampaikan pihak PT AHM, Honda Scoopy mencatat efisiensi bahan bakar sebesar 59 km/liter. Catatan ini dicapai dalam kondisi ISS menyala. Torehan itu jelas tak bisa dicapai Vario dengan mesin 125 cc-nya. Alhasil, tingkat keiritannya hanya menembus 51,7 km/liter saja. Dirinya sedikit diuntungkan karena punya tampungan bahan bakar 5,5 liter. Sedikit lebih banyak dari Scoopy dengan tangki bensin berkapasitas 4,2 liter saja.

Honda Scoopy Prestige dan Stylish masing-masing menawarkan dua varian warna.

Kesimpulan

Berdasarkan perbandingan harga, Honda Vario 125 CBS mungkin lebih memikat karena dilego lebih murah. Meskipun pada kenyataannya, selisih dengan Honda Scoopy Stylish maupun Prestige tadi tidaklah seberapa. Honda Scoopy versi atas yang cuma mahal Rp 150 ribu nyatanya memberikan cukup banyak alasan untuk bisa dijadikan pilihan utama. 

Desain retro jelas menjadi daya tarik utama skutik satu ini. Belum lagi keunikan dari struktur kaki-kaki lantaran menggunakan pelek berukuran 12 inci. Dari sisi fitur, iapun lebih lengkap ketimbang Vario 125 CBS. Selanjut dari sisi handling. Bukan cuma ringan, kemudahan dalam pengendaliannya juga ditunjang oleh penggunaan sasis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) berbahan baja. Lantassebagai pamungkas, efisiensi bahan bakar Honda Scoopy 2021 tercatat lebih baik daripada Honda Vario 125 CBS.  

Spesifikasi Honda Scoopy 2021
Tipe Mesin 4 - Langkah, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP
Sistem Bahan Bakar PGM-FI
Bore x Stroke 47 x 63,1 mm
Tipe Transmisi Otomatis
Rasio Kompresi 10:1
Tenaga Maksimal 9 Ps @7.500 rpm
Torsi Maksimal 9,3 Nm @5.500 rpm
Tipe Rangka Underbone - eSAF (enhance Smart Architecture Frame)
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
Ban Depan 100/90 – 12 59J (Tubeless)
Ban Belakang 110/90 – 12 64J (Tubeless)
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Panjang x Lebar x Tinggi 1.864 x 683 x 1.075 mm
Tinggi Tempat Duduk 746 mm
Jarak Sumbu Roda 1.251 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 145 mm
Berat 95 kg / 94 kg (smart key)
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4,2 liter
Kapasitas Bagasi 15,4 liter
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Scoopy
Lihat