Detail Lengkap Honda Scoopy 2021, Skutik Retro Entry Level Terlaris Saat Ini

Skuter matik (skutik) dengan tampilan retro memang memiliki daya tarik tersendiri. Maka itu, Honda menghadirkan Scoopy ke dalam salah satu jajaran di kelas entry level.

Langkah yang diambil ternyata tepat, Honda Scoopy berhasil menarik banyak konsumen dengan tampilannya yang retro dan menggemaskan. Sebab, desainnya tak hanya cocok untuk kaum adam, tapi juga tetap bergaya jika digunakan kaum hawa. 

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2010 lalu, skutik retro entry level ini langsung menarik perhatian. Total sudah ada lima generasi hingga sekarang. Sejak awal sampai sekarang, secara keseluruhan desainnya juga tak pernah berubah signifikan. 

Namun, bagian mesinnya mengalami evolusi, mulai dari karburator sampai berubah jadi injeksi. Selain itu, fitur-fitur yang disematkan juga terus bertambah dan semakin modern dan canggih. 

Generasi Pertama Honda Scoopy (2010 - 2013)

Pertama kali meluncur, skutik ini langsung menarik minat banyak konsumen. Didesain dengan bodi yang membulat di beberapa bagian, membuat Honda Scoopy menjadi seksi dan retro. Sistem pencahayaannya masih menggunakan bohlam biasa.

Lampu depan didesain membulat dengan lampu sein yang terpisah. Begitu pula dengan lampu belakangnya, dibuat terpisah juga dengan lampu sein. Mesinnya berkapasitas 110 cc, mesin yang sama seperti yang digunakan generasi pertama Honda BeAT.

Generasi Kedua Honda Scoopy (2013 - 2015)

Di 2013, generasi kedua Honda Scoopy dilahirkan. Masih kental dengan nuansa retro, desain bodi juga tetap membulat. Tapi, ada beberapa bagian yang mengalami perubahan. Lampu depannya kali ini sudah menggunakan proyektor. Lampu sein juga sudah menyatu dengan bodi, tidak lagi terpisah. Kali ini, sistem suplai bahan bakar sudah menganut teknologi injeksi. 

Generasi Ketiga Honda Scoopy (2015 - 2017)

Pada generasi ketiga Honda Scoopy, ubahannya cukup minimalis. Desain bodi masih tetap sama, hanya pilihan warnanya saja yang berbeda. Kali ini, Honda fokus meningkatkan performa mesin dan fiturnya menjadi lebih banyak dan lebih canggih. Contohnya, ACG Starter yang biaa membuat suara mesin halus saat dihidupkan. 

Kemudian pada generasi ketiga ini juga ditambahkan ISS alias Idling Stop System. Futur ini bisa membuat mesin mati secara otomatis jika motor berhenti lebih dari lima detik, dan bisa langsung menyala hanya dengan memelintir tuas gas. Sehingga, konsumsi bahan bakar menjadi lebih awet. 

Honda Scoopy juga dibekali dengan remote yang terdapat fitur Answer Back System. Sehingga, memudahkan pemiliknya untuk mencari lokasi terakhir motor diparkir. Pada bagian mesim, sudah disematkan teknologi Enhanced Smart Power (eSP) yang membuat mesin jadi lebih bertenaga. 

Generasi Keempat Honda Scoopy (2017 - 2020)

Generasi keempat Honda Scoopy muncul di tahum 2017. Kali ini, ubahannya terasa cukup signifikan. Sistem pencahayaannya sudah mengandalkan LED, lampu sein sudah terintegrasi, ada power outlet, fitur Anti Theft Alarm, dan lainnya. 

Paling signifikan adalah kaki-kakinya. Skutik ini dibekali pelek dengan lingkar 12 inci dan dikombinasikan dengan ban berprofil tebal. Untuk mesinnya, tidak ada ubahan apapun. 

Generasi Kelima Honda Scoopy (2020 - sekarang)

Generasi terbaru dari All New Honda Scoopy ini sudah semakin modern, namun kesan retro tetap dipertahankan. Fitur yang disematkan semakin banyak dan semakin canggih.

Honda Scoopy 2021 bermain sendirian di kelas 110 cc, karena Yamaha Fino yang juga memiliki desain retro menggunakan mesin berkapasitas 125 cc. Jika dibandingkan kapasitas mesinnya, tentu tidak akan seimbang. 


Penampilan Honda Scoopy 2021
Honda Scoopy 2021 masih setia menggunakan DNA dari generasi pertama. Tampilannya masih kental dengan nuansa retro. Selain itu, desain bodinya juga tetap dibuat membulat.

Honda Scoopy 2021 hadir dengan desain terbaru dan garis bodi S (shape), serta desain lekukan modern yang semakin menguatkan kesan unik dan berbeda. Desain lampu depan juga tetap membulat. Kini lampu seinnya sudah terpisah lagi dengan lampu utama, tapi masih tetap menyatu dengan bodi.

Skutik ini memiliki dimensi yang bersahabat dengan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya. Rangkanya baru, sudah menggunakan teknologi Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).

Panjang keseluruhannya mencapai 1.864 mm, lebar 683 mm, dan tingginya 1.075 mm. Tinggi tempat duduk 746 mm dan jarak terendah ke tanah 145 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.251 mm. Sementara bobotnya, hanya 95 kg dan 94 kg (tipe Smart Key). 

Suspensi Honda Scoopy 2021 tak pernah berubah sejak awal. Skutik ini masih tetap mengandalkan sokbreker depan model upside down dan sokbreker belakang tunggal. Di bagian kaki-kaki juga sama, tak ada perubahan dari generasi sebelumnya. Ban depan berukuran 100/90-12 dan ban belakang berukuran 110/90-12.

Honda Scoopy 2021 hadir dengan dua tipe, tipe Standard dan tipe Smart Key. Seluruhnya ada empat varian, antara lain Scoopy Fashion, Scoopy Sporty, Scoopy Prestige, dan Scoopy Stylish.

Untuk Scoopy Prestige dan Scoopy Stylish, merupakan tipe Smart Key. Masing-masing varian hadir dengan dua pilihan warna, jadi totalnya ada delapan pilihan warna, yakni Fashion Blue, Fashion Cream, Sporty Black, Sporty Red, Prestige Black, Prestige White, Stylish Brown, dan Stylish Red.

Spesifikasi Honda Scoopy 2021
Panjang X Lebar X Tinggi 1.864 x 683 x 1.075 mm
Tinggi Tempat Duduk 746 mm
Jarak Sumbu Roda 1.251 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 145 mm
Curb Weight 95 kg dan 94 kg (tipe SmartKey)
Tipe Rangka Underbone - eSAF (enhance Smart Architecture Frame)
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
Ukuran Ban Depan 100/90 – 12 59J (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 110/90 – 12 64J (Tubeless)

Posisi Berkendara Honda Scoopy 2021

Honda Scoopy 2021 menawarkan posisi berkendara yang sangat nyaman. Sebab, tempat duduknya didesain cukup lebar dan luas. Dipakai berboncengan pun tidak mengganggu posisi duduk dari pengendara.

Tinggi tempat duduknya hanya 746 mm dan bobot terberatnya juga hanya 95 kg. Sehingga, Honda Scoopy 2021 bisa dikatakan cukup bersahabat dengan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya, baik kaum adam maupun kaum hawa. 

Mesin Honda Scoopy 2021

Urusan performa, Honda Scoopy 2021 masih percaya pada mesin 4 langkah, SOHC, eSP, berpendingin udara, dengan kapasitas mesin 110 cc. Diameter pistonnya 47 mm dengan langkahnya 63,1 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan adalah 10:1.

Mesinnya mengandalkan transmisi otomatis V-Matic. Tenaga maksimum yang dihasilkan bisa mencapai 6,6 kW pada 7.500 rpm dan torsi maksimumnya hingga 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Untuk mengimbangi performanya, Honda Scoopy 2021 dibekali sistem pengereman Combi Brake System (CBS) guna mengurangi laju roda. Di bagian depan, sudah menggunakan rem cakram. Tapi untuk rem belakangnya, masih mengandalkan rem tromol. 

Spesifikasi Mesin Honda Scoopy 2021
Tipe Mesin 4 - Langkah, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah 47 x 63,1 mm
Tipe Tranmisi Otomatis, V-Matic
Rasio Kompresi 10 : 1
Daya Maksimum 6,6 kW (9 PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm (0,95 kgf.m) / 5.500 rpm
Tipe Starter Elektrik & kick Starter / Elektrik (Tipe Smart Key)
Tipe Kopling Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Rem Depan Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem Belakang Tromol
Sistem Pengereman Combi Brake System

Fitur Honda Scoopy 2021

Honda Scoopy 2021 merupakan generasi kelima. Fitur-fiturnya sekarang sudah semakin banyak dan semakin canggih. Beragam fitur baru turut dihadirkan pada skutik retro modern ini untuk semakin memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Semua sistem pencahayaannya sudah LED.

Penyematan Smart Key Sistem untuk tipe terbaru (tipe Smart Key) hadir terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. 


Pada Honda Scoopy 2021 juga sudah disematkan USB Charger model terbaru pada console box. Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh pengendara untuk pengisian baterai ponsel secara lebih praktis, karena sudah tidak perlu lagi menggunakan tambahan adapter.

Kombinasi terbaru panel meter digital kini hadir dengan layar LCD yang lebih besar dan mampu menyajikan informasi lebih beragam termasuk penunjuk waktu digital, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, tripmeter, indikator Smart Key dan penggunaan baterai (khusus untuk tipe Smart Key), serta mempertahankan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. 

Fitur baru lainya adalah Multi Function Hook yang bermanfaat untuk menggantungkan barang bawaan secara praktis dengan desain dapat ditutup apabila tidak digunakan.

Kapasitas bagasi sebesar 15,4 liter juga memberikan kemudahan untuk pengendara dalam menyimpan barang bawaan lainnya. Fitur standar lainnya juga tetap bisa dijumpai, seperti Idling Stop System, Parking Brake Lock, dan Side Stand Switch. 

Harga Honda Scoopy 2021

Honda Scoopy 2021 ditawarkan dengan 4 varian dan 8 pilihan warna. Varian Sporty hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Sporty Red dan Sporty Black. Sedangkan varian Fashion hadir dengan warna Fashion Blue dan Fashion Cream. Kedua varian ini dibanderol Rp 19.950.000 (on the road Jakarta). 

Sementara itu, untuk varian Stylish dan Prestige, telah dilengkapi Smart Key sistem. Kedua varian tersebut memiliki pilihan warna Stylish Brown dan Stylish Red untuk varian Stylish, dan Prestige White dan Prestige Black untuk varian Prestige, dengan harga Rp 20.750.000 (on the road Jakarta).

Kesimpulan

Honda Scoopy 2021 hadir dengan desain yang tetap retro, tapi semakin modern dengan fitur dan teknologi yang semakin banyak dan semakin canggih. Meskipun, harga yang ditawarkan termasuk tinggi untuk skutik entry level.

Namun dengan tambahan beragam teknologi baru seperti rangka eSAF dan mesin eSP terkini, rasanya wajar jika banderol harga yang dimilikinya cukup tinggi.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Scoopy
Lihat