Tampil Lebih Modern, Ini Bedanya Honda BeAT Street 2021 dan Honda BeAT Street Lama

Di pertengahan Januari 2020, PT Astra Honda Motor memperkenalkan skuter matik (skutik) terbarunya di kelas entry level, dengan gaya seperti supermoto. Skutik tersebut adalah Honda BeAT Street 2021.

Ada cukup banyak ubahan yang terjadi pada generasi terbaru dari Honda BeAT Street ini dibandingkan versi sebelumnya. Ubahan dilakukan oleh Honda mulai dari segi teknis, fitur, hingga tampilan luarnya.

Honda BeAT Street baru (kiri) dan lama (kanan).

Honda BeAT Street pertama kali meluncur pada 2016 dengan menggunakan basis Honda BeAT. Diyakini Honda meluncurkan skutik ini untuk menyaingi Yamaha yang memiliki X-Ride.

Cukup lama Honda BeAT Street generasi pertama dipasarkan di Tanah Air. Sepanjang perjalanannya, Honda hanya memberikan penyegaran berupa pilihan warna saja. Sementara tampilan, performa mesin, dan fiturnya, terus dipertahankan.

Baca juga : Honda Beat Street vs Honda Genio CBS, Banderol Mahal belum Tentu Menguntungkan!

Generasi pertama Honda BeAT Street bertahan hingga 2019. Lalu, di 2020 lahirlah generasi terbaru Honda BeAT Street dengan performa yang lebih baik, teknologi lebih canggih, dan fitur lebih lengkap.

Mesin Over Stroke Honda BeAT Street 2021

Dari segi teknis, Honda BeAT Street generasi terbaru memilki kapasitas silinder yang lebih besar. Kapasitas silindernya naik dari 108,2 cc menjadi 109,5 cc.

Mesin Honda BeAT Street 2021.

Lalu di bagian pistonnya, diameter piston sekarang mempunyai ukuran yang lebih kecil. Tapi, langkah pistonnya berubah jadi lebih panjang. Dengan begitu, karakter mesinnya pun berubah menjadi over stroke.

Rasio kompresi juga tercatat meningkat dari 9,5:1 menjadi 10,0:1. Otomatis, tenaga dan torsi yang dihasilkan Honda BeAT Street baru pun ikut meningkat sebagai dampak dari peningkatan volume silinder, perubahan diameter dan langkah piston, kenaikan kompresi, dan lainnya.

Putaran mesin juga menjadi lebih ringan. Sebab, Honda BeAT Street baru ini hanya menggunakan 650 ml oli mesin. Sebelumnya, volume oli mesinnya mencapai 800 ml.

Baca juga : Nekat Ajak Honda Beat Terabas Banjir, Perhatikan Enam Hal Ini dan Estimasi Biaya Perbaikannya

Rangka eSAF VS Rangka Pipa

Honda BeAT Street generasi terbaru juga sudah dilengkapi dengan rangka yang baru. Rangka ini dibuat dengan teknologi enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).

Rangka dengan teknologi eSAF ini pertama kali diperkenalkan dan digunakan pada skutik Honda Genio. Skutik tersebut juga mendapat respons positif dari konsumen Honda.

Rangka yang baru ini dibuat lebih ringan, sehingga membuat bobot Honda BeAT Street secara keseluruhan juga jadi lebih ringan. Namun, dimensinya jadi lebih panjang dan tingginya berkurang.

Dengan rangka baru tersebut, kapasitas tangki bahan bakar Honda BeAT Street baru juga berhasil ditingkatkan. Sekarang, kapasitas tangki bahan bakar Honda BeAT Street menjadi 4,2 liter dari sebelumnya hanya 4 liter.

Baca juga : Honda BeAT Street 2021 Pakai Mesin Baru, Konsumsi Bahan Bakar Tembus Segini

Begitu pula dengan kapasitas bagasi. Pada Honda BeAT Street lama, kapasitasnya hanya 11 liter. Untuk Honda BeAT Street baru, kapasitasnya meningkat sedikit menjadi 12 liter.

Dari segi tampilan, paling signifikan perubahannya ada pada sistem pencahayaan. Lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein, semuanya sudah mengadopsi teknologi LED. Sedangkan pada Honda BeAT Street lama, masih mengandalkan lampu bohlam biasa.

Selain itu, desain pelek juga berubah. Dari pelek palang lima pada Honda BeAT Street lama, menjadi pelek palang delapan pada Honda BeAT Street baru.

Untuk memberikan kepraktisan bagi pengendaranya, Honda BeAT Street baru kini juga sudah memiliki pembuka jok yang terintegrasi dengan kunci kontak.

Selain ubahan tersebut, Honda BeAT Street tetap memertahankan fitur-fitur yang lain, seperti panel meter full digital, ECO indicator, Combi Brake System (CBS), side stand switch, secure key shutter, dan penggunaan ban tipe tubeless.

Sejak generasi pertama hingga sekarang, Honda BeAT Street hanya ditawarkan dengan satu tipe saja. Selain itu, Honda juga tidak pernah menyematkan fitur Idling Stop System (ISS) pada skutik ini.

Baca juga : Berubah Total, Honda BeAT 2021Jadi Lebih Canggih Dibanding Model Lamanya

Honda BeAT Street baru sekarang ini dipasarkan dengan harga Rp 17,15 juta (on the road Jakarta). Terdapat tiga varian warna yang ditawarkan, antara lain Street Silver Black, Street Black, dan Street Silver.

Kesimpulan

Sejak awal kehadirannya, Honda BeAT Street ini memang ditujukan untuk konsumen anak muda yang aktif. Penampilannya dibuat lebih atraktif dan lebih menarik ketimbang Honda BeAT biasa.

Generasi terbaru memiliki bobot yang lebih ringan, mesin lebih kuat pada putaran rendah dan teknologi kekinian yang canggih. Semuanya semakin mendukung penggunaan sehari-hari pengendaranya.

Perbedaan Data Spesifikasi Honda BeAT Street Lama vs Honda BeAT Street Baru
Parameter Honda BeAT Street Lama Honda BeAT Street Baru
Tipe Mesin 4-langkah, SOHC, pendingin udara, eSP 4-langkah, SOHC, pendingin udara, eSP
Isi Silinder 108.2 cc 109.5 cc
Sistem Pengabutan Injeksi (PGM-FI) Injeksi (PGM-FI)
Bore × Stroke 50.0 × 55.1 mm 47.0 × 63.1 mm
Tipe Transmisi Otomatis, V-belt Otomatis, V-belt
Rasio Kompresi 9.5:1    10.0:1
Tenaga Maksimum     6.38 kW (8.68 ps) / 7500 rpm 6.60 kW (9.00 ps) / 7500 rpm
Torsi Maksimum 9.01 Nm (0.92 kgf.m) / 6500 rpm   9.30 Nm (0.95 kgf.m) / 5500 rpm
Tipe Starter ACG Electrik & kick starter ACG Electrik & kick starter
Tipe Kopling Otomatis, Sentrifugal, tipe kering Otomatis, Sentrifugal, tipe kering
Tipe Rangka Underbone Underbone - eSAF
Suspensi Depan Teleskopik     Teleskopik    
Suspensi Belakang Lengan ayun, shock tunggal Lengan ayun, shock tunggal
Ban Depan 80/90-14 M/C 40P Tubeless 80/90-14 M/C 40P Tubeless
Ban Belakang 90/90-14 M/C 46P Tubeless 90/90-14 M/C 46P Tubeless
Rem Depan Cakram hidrolik, piston tunggal Cakram hidrolik, piston tunggal
Rem Belakang Tromol     Tromol    
Sistem Rem Combi Brake System (CBS) Combi Brake System (CBS)
Dimensi (P × L × T) 185.6 × 74.1 × 105.4 cm 187.7 × 74.2 × 103.0 cm
Tinggi Jok 74 cm 74 cm
Jarak Sumbu Roda 125.6 cm 125.6 cm
Jarak ke Tanah 14.6 cm     14.7 cm    
Curb Weight 94 kg 89 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4 liter     4.2 liter
Kapasitas Oli 700 ml pada penggantian periodik 650 ml pada penggantian periodik
Tipe Baterai MF 12V-3Ah     MF 12V-3Ah    
Sistem Pengapian Full Transisterized, Baterai Full Transisterized, Baterai
Tipe Busi NGK MR9C-9N / DENSO U27EPR9-N9 NGK MR9C-9N
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat Street
Lihat