Ini Kawasaki Ninja 250SL 2021 Yang Kemurahan Atau Honda CBR150R 2021 Yang Kemahalan? Keduanya Dijual Rp 40 Jutaan!

Persaingan motor sport 150 cc semakin ketat sejak PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan update besar-besaran pada Honda CBR150R 2021, yang dikenalkan belum lama ini. Harga varian tertingginya tembus Rp 40 jutaan loh.

Tak bisa dipungkiri, dengan harga tersebut AHM ingin memberikan yang terbaik buat konsumennya, lewat beragam fitur keren. Semuanya dilakukan untuk mengukuhkan sebagai motor sport 150 cc terbaik saat ini.

Pilih Kawasaki Ninja 250SL atau Honda CBR150R ?

Akan tetapi, dengan budget yang sama kalian juga bisa dapat motor sport 250 cc yaitu Kawasaki Ninja 250SL 2021. Ya memang PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menggoda calon konsumen motor sport 150 cc, karena dengan dana yang tak jauh beda kalian bisa dapat motor 250 cc.

Honda CBR150R tipe teratas yakni ABS MotoGP Edition dilepas Rp 40,8 juta, sementara Kawasaki Ninja 250SL dilabeli nominal Rp 40,6 juta. Hmmm...Ini Honda CBR150R yang kemahalan atau Kawasaki Ninja 250SL yang terlalu murah ya?

Baca juga : Harga Kawasaki Ninja 250SL Anjlok, Lebih Murah dari Honda CBR150R!

Jadi dengan dana Rp 40 jutaan tadi, mana yang sebaiknya dipilih? Kami paparkan beda keduanya untuk kalian, supaya bisa memilih mana yang terbaik untuk dibawa pulang.

Kawasaki Ninja 250SL memiliki dimensi yang ramping.

Desain dan Dimensi - Antara Sporty dan Ramping

Well, Honda CBR150R terbaru ini bisa dikatakan kembaran dari Honda CBR250RR. Penampilannya memang meniru habis sang kakak, yang disukai banyak orang. Meski jika diperhatikan tetap ada perbedaan pada detail bodinya.

Shape bodi serba tajam dan agresif sangat kuat pada gacoan Honda ini. Hal ini ditunjang dengan penggunaan lampu-lampu yang seluruhnya sudah LED, sehingga semakin menguatkan kesan modern. Apalagi suspensi depan upside down kelir emasnya, sangat mencolok mata.

Kalau Kawasaki Ninja 250SL, sosoknya memang nampak ramping dan tidak neko-neko. Dia adalah motor sport full fairing yang desainnya sporty dan agresif, meski tak seagresif Honda CBR150R.

Baca juga : Meluncur Sebentar lagi, Suzuki GSX-R150 2021 bakal Tantang Honda CBR150R Terbaru

Honda CBR150R 2021 tampil mirip Honda CBR250RR.

Mengandalkan lampu depan tunggal yang masih bohlam, ini menjadi salah satu bagian yang dianggap kurang menarik. Ini lantaran ukuran lampu depannya terlihat terlalu besar. Apalagi semua penerangan masih andalkan bohlam.

Namun detail dari motor ini patut diacungi jempol, finishing bodi, permainan warna pada sasisnya, shape bodinya terlihat menarik. Apalagi opsi warna putih nampak segar ketimbang hijau KRT Edition yang cenderung membosankan.

Secara dimensi, Honda CBR150R memiliki panjang 1.983 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1.077 mm. Sumbu rodanya 1.310 mm, ketinggian jok 782 mm dan berat isi 139 kg untuk tipe ABS.

Dimensi Honda CBR150R sedikit lebih besar dari Kawasaki Ninja 250SL.

Lalu bagaimana dengan Kawasaki Ninja 250SL? Motor ini memiliki panjang 1.935 mm, lebar 685 mm dan tinggi 1.075 mm. Sumbu rodanya 1.330 mm, ketinggian jok 780 mm dan bobot isi 151 kg.

Fisik Kawasaki Ninja 250SL memang lebih ramping, meski memiliki bobot yang 12 kg lebih berat dibandingkan Honda CBR150R. Perkara desain menurut kami keduanya tetap menarik mata. Tapi bagaimana dengan kalian?

Baca juga : Terpincut Honda CBR150R dan CBR250RR Tricolor, Ini Skema Kreditnya

Fitur dan Teknologi - Honda Unggul Telak

Dengan harga Rp 40 jutaan untuk sebuah motor 150 cc, tentu Honda CBR150R punya banyak fitur dan teknologi yang menggoda. Mulai dari lampu-lampu yang selusuhnya sudah LED, sedangkan Kawasaki Ninja 250SL masih andalkan bohlam.

Lalu panel meter Honda CBR150R sudah full digital dengan penampilan baru, meski bentuk dan informasinya sama dengan model sebelumnya. Kawasaki Ninja 250SL juga sudah digital, dengan layar LCD yang terlihat sederhana.

Dua fitur andalan Honda CBR150R 2021.

Kemudian lihat suspensi depan upside down Showa pada Honda CBR150R yang mentereng. Jelas lebih menggoda ketimbang suspensi teleskopik milik Kawasaki Ninja 250SL bukan?

Kedua motor ini juga sama-sama mengandalkan suspensi belakang monosok dan rem cakram ganda. Hanya saja Honda CBR150R sudah dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System), yang terintegrasi dengan ESS (Emergency Stop Signal).

Baca juga : Segala Pertanyaan Yang Perlu Diketahui Soal All New Honda CBR150R 2021

Belum lagi hadirnya fitur Assist & Slipper Clutch, membuat pengendaraan Honda CBR150R lebih baik. Dan Kawasaki Ninja 250SL tak dibekali fitur yang bisa membuat tuas kopling lebih ringan dan mencegah roda terkunci saat downshift cepat.

Panel meter Kawasaki Ninja 250SL.

Dilihat dari perbandingan keduanya, Honda CBR150R unggul telak dari Kawasaki Ninja 250SL. Wajar saja karena Kawasaki belum memberikan update signifikan pada produk andalannya itu sejak pertama kali meluncur tahun 2014 silam.

Performa - Kawasaki Ninja 250SL Responsif

Karakter mesin Kawasaki Ninja 250SL pastinya akan disukai penggemar motor sport. Mesinnya responsif dan punya torsi yang kuat. Tak heran karena basis mesinnya dikembangkan dari mesin KLX 250, yang didesain ulang pada gigi rasionya.

Baca juga : Simulasi Kredit Kawasaki Ninja 250 2021, Motor Sport 250 cc Yang Masih Digemari Sampai Saat Ini

Spesifikasinya 4-tak, 249 cc, DOHC 4 katup pendingin cairan, dengan piston tunggal. Diameter piston 72 mm dan langkah piston 61,2 mm. Transmisi manual enam percepatan jadi penyalur daya dari tenaga mesin yang mencapai 28 PS di 9.700 rpm dan torsi 22,6 Nm di 8.200 rpm.

Mesin Kawasaki Ninja 250SL.

Honda CBR150R jelas kalah untuk persoalan performa, secara kapasitas mesin juga lebih kecil, hanya 149,16 cc. Spesifikasinya 4-tak, DOHC 4 katup pendingin cairan, dengan mengandalkan piston 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm.

Output yang mampu dihasilkan mesin ini mencapai 17,1 PS pada 9.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 14,4 Nm pada putaran 7.000 rpm. Well, ada selisih tenaga 10,9 PS dan torsi 8,2 Nm diantara keduanya. Kalau bicara performa, ya sudah pasti Kawasaki Ninja 250SL unggul.

Mesin Honda CBR150R terbaru ada perubahan minor.

Varian - Honda CBR150R Punya Dua

Kalau kalian sudah jatuh cinta sama Honda CBR150R tapi tidak mau yang terlalu mahal, bisa lirik varian non ABS. Malah jadi bisa jauh lebih murah karena harganya mulai dari Rp 35,9 juta sampai Rp 36,6 juta.

Dari dua varian yang dimilikinya yaitu non ABS sampai ABS, rentang harga Honda CBR150R ini memang luas terbilang, paling murah dibanderol Rp 35,9 juta dan paling mahalnya sampai Rp 40,8 juta.

Kalau Kawasaki Ninja 250SL sih hanya punya satu varian saja yang dijual Rp 40,6 juta. Akan tetapi, KMI juga menggoda dengan menawarkan Ninja 250SL seharga Rp 29,9 juta dengan status off the road.

Baca juga : Kawasaki Ninja 250 2021 Resmi Mengaspal, Tampil Baru Harga Tetap Rp 64,2 Juta

Honda CBR150R 2021 punya varian ABS dan non ABS.

Kesimpulan

Honda CBR150R memang memiliki rentang harga yang sangat luas, varian teratasnya bahkan dijual dengan nominal Rp 40,8 juta. Ini menjadikannya sebagai motor sport 150 cc paling mahal, meski dikompensasi dengan fitur ABS dan ESS.

Disatu sisi, Kawasaki Ninja 250SL menggoda dengan dimensi yang lebih ramping serta performa mesin yang unggul telak. Apalagi ada tawaran menarik dari KMI berupa harga promo yang hanya Rp 29,9 juta, sudah bisa memiliki motor sport 250 cc.

Jadi jika kalian lebih suka sesuatu yang baru dan punya fitur lebih lengkap, Honda CBR150R 2021 jawabannya. Tapi jika performa jadi tujuan utama dan bisa mendapatkan dengan harga lebih terjangkau, Kawasaki Ninja 250SL pilihannya.

Data Spesifikasi
  Honda CBR150R Kawasaki Ninja 250SL
Dimensi    
P x L x T 1.983 x 700 x 1.077 mm 1.935 x 685 x 1.075 mm
Sumbu Roda 1.310 mm 1.330 mm
Tinggi Tempat Duduk 782 mm 780 mm
Jarak Terendah 160 mm 165mm
Berat Isi 137 kg & 139 kg (ABS) 151 kg
Kapasitas Tangki 12 liter 11 liter
Mesin  
Tipe 4-tak, DOHC 4 katup 4-tak, DOHC 4 katup
Kapasitas 149,16 cc 249 cc
Diameter x Langkah 57,3 x 57,8 mm 72 x 61,2 mm
Rasio Kompresi 11,3 : 1 11,3 : 1
Starter Elektrik Elektrik
Tenaga Maksimal 17,1 PS @ 9.000 rpm 28 PS @ 9.700 rpm
Torsi Maksimal 14,4 Nm @ 7.000 rpm 22,6 Nm @ 8.200 rpm
Rangka & Kaki-Kaki  
Tipe Rangka Diamond Trellis
Suspensi Depan Upside down Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok Monosok
Ban Depan 100/80-17 100/80-17
Ban Belakang 130/70-17 130/70-17
Rem Depan Cakram Cakram
Rem Belakang Cakram Cakram
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR150R
Lihat