Sejak April pekan lalu, serentak harga sepeda motor mengalami kenaikan. Termasuk halnya Honda Beat yang notabene berstatus skutik terlaris di Indonesia. Tentu saja berdampak terhadap skema kredit yang ditawarkan. Meski begitu, cicilan terbarunya hanya beda puluhan ribu saja.
Perubahan kebijakan itu pun terlihat pada situs resmi Honda Cengkareng sekarang. Dari mulai banderol, salah satu jaringan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menetapkan harga jual Honda Beat dipatok mulai dari Rp16,827 juta (tipe CBS). Dibanding harga per Januari 2021 (Rp16,602 juta), varian ini mengalami kenaikan Rp225 ribu.
Tak kepalang besar. Apalagi, jika Anda mengarahkan pembelian kredit. Lantas soal nominal cicilan. Untuk tenor terlama yaitu 35 bulan, angsurannya hanya Rp786 ribu. Hanya terpaut Rp43 ribu saja dengan skema di awal tahun.
Menariknya, uang muka Honda Beat CBS kini ditetapkan sebesar Rp1,450 juta. Dengan DP ringan Honda Beat ini, Anda pun dapat menimbang tenor lainnya. Sebut saja opsi 23, 27 atau 29 bulan - ketiganya masih cukup ekonomis untuk dompet.
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Beat
Cicilan Honda Beat CBS lebih ringan tentu ada. Syaratnya, pilih skema dengan uang pangkal maksimal yaitu Rp3,250 juta. Sebagai contoh kredit Honda Beat selama 23 bulan. Angsurannya hanya Rp864 ribu. Sementara untuk tenor terlama (35 bulan), cuma Rp670 ribu. Berikut ini detail skema kredit Honda Beat dari Honda Cengkareng per April 2021:
Uang Muka (DP) | 11 Bulan | 17 Bulan | 23 Bulan | 27 Bulan | 29 Bulan | 33 Bulan | 35 Bulan |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1.450.000 | 1.756 | 1.250 | 1.006 | 912 | 871 | 813 | 786 |
1.650.000 | 1.706 | 1.206 | 972 | 878 | 838 | 779 | 752 |
1.850.000 | 1.684 | 1.191 | 960 | 867 | 827 | 770 | 743 |
2.050.000 | 1.641 | 1.161 | 936 | 846 | 807 | 751 | 725 |
2.250.000 | 1.620 | 1.146 | 924 | 835 | 797 | 742 | 716 |
2.450.000 | 1.598 | 1.131 | 912 | 824 | 787 | 732 | 707 |
2.650.000 | 1.577 | 1.116 | 900 | 814 | 776 | 723 | 698 |
2.850.000 | 1.556 | 1.101 | 888 | 803 | 766 | 713 | 689 |
3.050.000 | 1.534 | 1.086 | 876 | 792 | 756 | 704 | 680 |
3.250.000 | 1.513 | 1.071 | 864 | 782 | 746 | 694 | 670 |
Diferensiasi tentu didapat untuk pemilih Honda Beat CBS ISS dan Honda Beat CBS ISS Deluxe. Wajar dari segi harga, kedua varian lebih mahal ketimbang versi basic tadi. Sama seperti Honda Beat CBS, harga kedua tipe tersebut jua tereskalasi. Sekarang Honda Beat CBS ISS dijual Rp17,912 juta. Sementara Honda Beat CBS ISS Deluxe Rp18,012 juta.
Memang ada perbedaan harga antarkeduanya. Meski begitu, baik Beat CBS ISS maupun Beat CBS ISS Deluxe sama-sama dilengkapi idling stop system (ISS) dan power outlet. Sumber serupa menuliskan, uang muka terendah yang dipatok sama-sama Rp1,550 juta.
Baca juga: Mengenal Tiga Jagoan Skutik dari Honda, Honda Beat 2021 Istimewa!
Selisih baru terlihat pada nominal uang muka lebih tinggi. Sebut saja DP teratas Honda Beat CBS ISS yang dipatok Rp3,350 juta. Sementara DP Honda Beat CBS ISS Deluxe adalah Rp3,450 juta. Walau demikian, gap cicilan antar kedua varian tak sampai Rp10 ribu. Ini Perbandingan skema cicilan Honda Beat CBS ISS dan Honda Beat CBS ISS Deluxe.
Skema Kredit Honda CBS ISS 2021:
Uang Muka (DP) | 11 Bulan | 17 Bulan | 23 Bulan | 27 Bulan | 29 Bulan | 33 Bulan | 35 Bulan |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1.550.000 | 1.822 | 1.287 | 1.037 | 937 | 903 | 841 | 812 |
1.750.000 | 1.801 | 1.272 | 1.025 | 926 | 893 | 831 | 803 |
1.950.000 | 1.779 | 1.257 | 1.013 | 915 | 882 | 822 | 794 |
2.150.000 | 1.737 | 1.228 | 989 | 894 | 862 | 803 | 775 |
2.350.000 | 1.715 | 1.213 | 978 | 883 | 852 | 793 | 766 |
2.550.000 | 1.694 | 1.198 | 966 | 873 | 841 | 784 | 757 |
2.750.000 | 1.672 | 1.183 | 954 | 862 | 831 | 774 | 748 |
2.950.000 | 1.651 | 1.168 | 942 | 851 | 821 | 765 | 739 |
3.150.000 | 1.630 | 1.153 | 930 | 841 | 810 | 755 | 729 |
3.350.000 | 1.608 | 1.138 | 918 | 830 | 800 | 746 | 720 |
Skema Kredit Honda CBS ISS Deluxe 2021:
Uang Muka (DP) | 11 Bulan | 17 Bulan | 23 Bulan | 27 Bulan | 29 Bulan | 33 Bulan | 35 Bulan |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1.550.000 | 1.840 | 1.302 | 1.050 | 949 | 906 | 843 | 814 |
1.750.000 | 1.818 | 1.287 | 1.038 | 939 | 896 | 834 | 805 |
2.000.000 | 1.791 | 1.268 | 1.023 | 925 | 883 | 822 | 794 |
2.250.000 | 1.743 | 1.234 | 996 | 901 | 860 | 801 | 773 |
2.450.000 | 1.721 | 1.219 | 984 | 890 | 850 | 791 | 764 |
2.650.000 | 1.700 | 1.204 | 972 | 879 | 839 | 782 | 755 |
2.850.000 | 1.679 | 1.189 | 960 | 869 | 829 | 772 | 746 |
3.050.000 | 1.657 | 1.174 | 948 | 858 | 819 | 763 | 737 |
3.250.000 | 1.636 | 1.159 | 936 | 847 | 808 | 753 | 727 |
3.450.000 | 1.614 | 1.144 | 924 | 836 | 798 | 744 | 718 |
Baca juga: Tembus 60,6 Km/Liter, Ini Rahasia Honda Beat jadi Skutik Paling Irit di Indonesia
Harga Honda Beat 2021 per April 2021 | ||
---|---|---|
Honda Beat CBS | Rp16.827.000 | |
Honda Beat CBS ISS | Rp17.912.000 | |
Honda Beat CBS ISS Deluxe | Rp18.012.000 | |
*OTR Jakarta dan Tangerang |
Honda Beat generasi kelima nyatanya menawarkan beragam pembaruan, untuk konsumen di Tanah Air. Menurut kami, ada lima alasan yang membuat Honda Beat 2021 layak dibeli.
Tampilan depan hingga belakang sudah sepenuhnya menggunakan panel bodi anyar. Lantas bentuk lampu depan. Bukan cuma baru, melainkan sudah mengandalkan pendaran lampu berjenis LED. Kemudian pelek 14 inci yang tak lain mengadopsi kepunyaan Honda Genio 2021.
Layaknya skutik entry level, Honda Beat 2021 harus punya dimensi yang kompak. Perihal ini pun diamini dengan total ukuran 1.877 x 669 x 1.074 mm (P x L x T). Namun, penggunaan sasis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) membuat bobotnya berkurang signifikan.
Beratnya kini hanya 89 kg (Honda Beat CBS dan 90 kg untuk varian Honda Beat CBS ISS dan Honda Beat CBS ISS Deluxe. Jikapun dibandingkan dengan model pandahulu, Honda Beat terbaru lebih ringan 3 kg.
Untuk diketahui, Honda Beat 2021 sudah mengusung mesin eSP anyar yang jua dicomot dari Honda Genio. Dibanding Honda Beat lawas, jantung mekanis anyar ini lebih ringan 10 persen. Selain itu, perubahan racikan turut menunjang terjadinya peningkatan performa Honda Beat 2021 ketimbang model sebelumnya.
Baca juga: MIL Menyala setelah Honda PC 160 ABS Dipanaskan, Jangan Panik!
Mesin SOHC berkubikasi 109,5 cc itu kini memiliki rancangan bore x stroke: 47 x 63,1 mm dan rasio kompresi 10:1. Efektivitas translasi ouput ke roda belakang juga didukung oleh penggunaan v-belt model w-cog. Alhasil, tercatatlah daya sebesar 9 PS @7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm @5.500 rpm. Meningkat dari pencapaian Honda Beat lama.
Ringan dan peningkatan performa jua berdampak terhadap efisiensi. Meski memakai peranti serupa (sasis dan mesin) dengan Honda Genio, faktanya Honda Beat 2021 lebih irit.
Melalui tes internal PT AHM dengan metode ECE R40, konsumsi bahan bakar Honda Beat 2021 tembus 60,6 km/liter (fitur ISS on). Dengan kata lain dia mampu menempuh perjalanan sejauh 254,52 km dalam tangki bensin penuh. Untuk informasi tambahan pula, tangki bensin miliknya juga bertambah dari 4 liter menjadi 4,2 liter.
Efisiensi itu rasanya menjadi modal utama, manakala Anda ingin menjual kembali Honda Beat 2021. Toh, beberapa tahun belakangan pasaran harga bekas Honda Beat masih tinggi. Tak lain dan bukan, keiritannya tadi lah yang memengaruhi harga jualnya di pasar motor seken.
Meski bukan skutik entry level termurah di Indonesia, Honda Beat 2021 tetap menjadi lini paling ekonomis di etalase PT AHM. Dengan harga mulai Rp16 jutaan, masyarakat mendapatkan sosok alat transportasi yang ramping sekaligus ringan.
Bukan cuma itu. Pengembangan pada rancang bangun dan mesin pun membuatnya semakin layak untuk dipinang. Tentu saja harus diikuti pula dengan pertimbangan matang, utamanya untuk Anda yang ingin membelinya secara kredit.
Sebagai contoh menimbang antara Honda Beat CBS ISS dengan Honda Beat CBS ISS Deluxe. Seperti disampaikan tadi, selisih cicilan keduanya sangat tipis. Perbedaan signifikan dari kedunya hanya terletak pada pilihan warna dan emblem 3D yang hanya dipunyai tipe Deluxe.
Spesifikasi Honda Beat 2021 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 4 Langkah SOHC | |
Sistem pendinginan | Pendinginan udara, eSP | |
Diameter x langkah | 47.0 x 63.1 mm | |
Volume langkah | 109.5cc | |
Perbandingan kompresi | 10.0 : 1 | |
Daya maksimum | 9.0 PS @7.500 rpm | |
Torsi maksimum | 9.3 Nm @5.500 rpm | |
Kopling | Otomatis, sentrifugal, tipe kering | |
Starter | ACG Starter, pedal dan elektrik | |
Sistem bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | |
Transmisi | Otomatis, V-Matic | |
Rangka | eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal | |
Ukuran Ban depan | 80/90-14 M/C tubeless | |
Ukuran Ban Belakang | 90/90-14 M/C tubeless | |
Rem depan | Cakram dengan piston tunggal | |
Rem belakang | Tromol | |
Sistem pengereman | Combi Brake System (tipe CBS dan CBS-ISS) | |
Panjang x Leber x Tinggi | - 1.877 x 669 x 1.074 mm (tipe Honda Beat CBS dan CBS ISS) | |
Jarak sumbu Roda | 1.256 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 147 mm (tipe Honda BeaT eSP & BeaT Street eSP) | |
Berat kosong | 89 kg (tipe Honda Beat CBS) 90 kg (tipe Honda Beat CBS ISS) | |
Tinggi tempat duduk | 740 mm | |
Kapasitas tangki bensin | 4,2 liter |