Menjajal Moge Setengah Milyar Honda CBR600RR 2021 Sejauh 200 Km Lebih di Thailand

Pertengahan Februari 2021 lalu PT Astra Honda Motor menambah pilihan motor gede (moge) yang dijual untuk pasar Indonesia, dengan memboyong Honda CBR600RR 2021. Motor supersport tersebut dilepas dengan nominal Rp 550 juta dan bisa didapatkan di dealer Honda Big Wing.

Honda CBR600RR 2021 dipakai sejauh 200 km lebih.

Meski produk tersebut belum kami coba langsung, namun rekan kami di Autofun Thailand sudah mencobanya. Motor tersebut dipakai untuk penggunaan harian dan menempuh jarak total lebih dari 200 km, sebagai gambaran jika motor ini digunakan sehari-hari.

Penampilan Mencuri Perhatian

Hal pertama yang menjadi bahasan adalah sosoknya yang keren dan sporty. Desainnya tak berbeda jauh dengan sang kakak yang di Indonesia dijual Rp 1 milyar lebih, Honda CBR1000RR-R Fireblade 2021.

Wajah Honda CBR600RR 2021 nampak agresif.

Fascia depan agresif dengan sepasang lampu ganda berbentuk tajam dan tipis, yang memberi kesan agresif. Namun karena ada ornamen panel bodi hitam, membuatnya sedikit aneh, tapi itu soal selera pastinya.

Kemudian warna yang ditawarkan yakni tricolor sudah sangat indah dan pas diterapkan pada motor ini. Bagian yang tak kalah menarik adalah panel meter dengan layar TFT, satu-satunya disegmennya saat ini.

Baca juga : Honda CBR600RR Versi Track Only Dijual Mulai 2021, Ini Perbandingannya dengn Versi Street Legal

Panel meter digital TFT dengan warna.

Dan yang telah menjadi ciri khas dari Honda CBR600RR adalah buritan dengan knalpot undertail. Pada bagian ini orang yang melihatnya akan langsung mengetahui jika motor tersebut adalah Honda CBR600RR.

Sebagai tambahan, bentuk knalpot undertail ini sangat keren dan tak seperti motor lain, karena knalpot ini memiliki suara yang sangat kuat. Hal tersebut akan memberikan sensasi adrenalin tinggi saat memacunya di lintasan.

Knalpot undertail sudah jadi ciri khas Honda CBR600RR.

Performa Mesin Memuaskan

Honda CBR600RR mengandalkan mesin baru DOHC 599cc 4 silinder segaris, yang mampu torehkan tenaga maksimal 121 PS pada 14.000 rpm dengan torsi 64 Nm diputaran 11.500 rpm.

Baca juga : Mendarat di Indonesia, Harga Honda CBR600RR 2021 Tembus Rp 500 Juta Lebih!

Beberapa perubahan pada komponen mesin dilakukan, seperti mengubah desain camshaft dan crankshaft guna meningkatkan percepatan putaran, bentuk inlet port, memperbesar diameter throttle bore, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot hingga ubahan pada pengaturan waktu bukaan katup.

Mesin Honda CBR600RR sangat bisa diandalkan.

Performa mesinnya sangat bisa diandalkan, karena tak perlu usaha lebih untuk bisa membuat motor ini mengeluarkan potensinya. Cukup putar tuas akselerator untuk berakselerasi atau mendahului dengan cepat.

Potensi mesinnya ini memang sangat besar, namun kala digunakan untuk berkendara sehari-hari jelas sangat berlebihan. Masih banyak performa mesin yang bisa dieksplor dan itu tak bisa dirasakan dalam berkendara seperti biasanya.

Baca juga : Akhirnya Honda CBR600RR Mengaspal, Harganya Dibanderol Rp 224 Jutaan

Kaki-kaki Honda CBR600RR 2021 istimewa dengan full adjustable.

Kaki-Kaki Spesifikasi Tinggi

Dengan berkendara lebih dari 200 km, rekan kami di Thailand merasa kagum dengan kinerja suspensi depan. Pergerakannya mampu meredam lubang hingga permukaan jalan tak rata dengan sangat baik. Begitu pula dengan kinerja peredaman belakang.

Hanya saja jika Anda merasa redamannya terlalu keras atau terlalu empuk, Anda bisa melakukan penyetelan ulang untuk preload, compression dan rebound. Ya suspensi motor ini full adjustable sehingga bisa disesuaikan kebutuhan.

Baca juga : Selain CBR600RR, Livery Tricolor juga Hadir di Honda CBR150R dan CBR250RR 2021

Pengereman Honda CBR600RR 2021 andalkan cakram ganda.

Berbicara pengereman, tak ada yang meragukan dari cakram ganda dengan kaliper empat piston dari Tokico untuk roda depan. Lantas roda belakang dikawal rem cakram tunggal dengan kaliper satu piston dari Nissin. Tentunya rem sudah berteknologi ABS.

Jangan lupakan pula fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) yang bekerja sangat baik. Dengan rem ABS dan HSTC, Anda bisa melakukan pengereman kuat meski saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Honda CBR250RR 2021, Motor Sport 250 2 Silinder Paling Kuat Saat Ini

HSTC mencegah roda belakang selip saat  berakselerasi.

Namun jika keduanya terlalu mengganggu kesenangan berkendara, Anda bisa membuatnya bekerja menjadi tak terlalu sensitif dengan pengaturan secara manual sesuai kebutuhan, melalui panel meter.

Baca juga : Belum Lama Rilis, Honda CBR600RR 2021 Terpaksa di Recall

Beragam Teknologi Canggih

Honda CBR600RR 2021 membawa banyak teknologi. Mari mulai dari IMU 5 axis yang biasa digunakan pada motor superbike 1000 cc. IMU ini bertugas mengetahui pergerakan motor dan kemiringan, untuk membantu mengontrol keseimbangan motor ketika melewati tikungan.

Letak steering damper tersembunyi sehingga nampak rapi.

Jangan lupakan pula Assist & Slipper Clutch yang mereduksi kekuatan engine brake, saat melakukan penurunan gigi transmisi dengan cepat. Pengendalian motor pun terbantu dengan adanya Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang rapi di balik tangki.

Baca juga : Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021, Superbike Canggih Harga Rp 1 Milyar Lebih

Jangan lupakan juga lima opsi mode berkendara, mode 1 paling kuat, mode 2 cocok untuk berkendara di jalan umum dan mode 3 untuk berkendara saat hujan. Dua mode lainnya bisa disetel sesuai selera yang mengatur Power Selector, Wheelie Control, HSTC dan Selectable Engine Brake.

Pengaturan mode berkendara lewat tombol di setang kiri.

Kesimpulan

Honda CBR600RR 2021 mengusung penampilan yang berbeda, sporty dan menarik perhatian siapa pun yang melihatnya. Penampilannya agresif, namun sangat menyenangkan untuk dipakai sehari-hari atau pun penggunaan di lintasan tertutup.

Berkendara seharian penuh dengan menempuh jarak lebih dari 200 km, rekan kami di Thailand melintasi beragam kondisi jalan dan cuaca. Lubang-lubang jalan, hujan hingga panas terik. Namun kondisi badan tak terlalu merasa lelah.

Baca juga : Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 2021 Makin Naik Kelas, Banyak Adopsi Teknologi MotoGP

Honda CBR600RR 2021 memuaskan untuk pemakaian harian dan racing.

Seluruh teknologi yang diterapkan pada motor ini sangat membantu dan memudahkan, responsif dan membuat berkendara menjadi sangat menyenangkan. Rekan kami menikmati setiap momen berkendara dengan Honda CBR600RR 2021.

Akhir kata, jika Anda adalah penggemar motor motor sport, Honda CBR600RR 2021 ini tak akan mengecewakan. Karena kebutuhan untuk keperluan berkendara harian hingga melakukan trackday, bisa dipenuhi hanya dalam satu motor saja.

Spesifikasi Honda CBR600RR 2021
Dimensi
P x L x T 2.030 x 685 x 1.140 mm
Sumbu Roda 1.375 mm
Jarak Terendah 125 mm
Tinggi Jok 820 mm
Berat Isi 194 kg
Kapasitas Tangki 18 liter
Mesin
Tipe 4-tak, DOHC 16 katup, pendingin cairan
Kapasitas 599 cc
Diameter x Langkah 67 x 42,5 mm
Rasio Kompresi 12,2 : 1
Sistam Bahan Bakar PGM-DFSI
Transmisi Manual 6 speed
Tenaga Maksimal 121 PS @ 14.000 rpm
Torsi Maksimal 64 Nm @ 11.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Suspensi Depan Upside down, adjustable
Suspensi Belakang Monosok with link, adjustable
Ban Depan 120/70ZR-17
Ban Belakang 180/55ZR-17
Rem Depan Cakram ganda, ABS
Rem Belakang Cakram tunggal, ABS
   
Harga Rp 550 juta (on the road Jakarta)
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR500R
Lihat