window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar

Harry · 17 Feb, 2021 13:00

Tanpa ada seremoni khusus, PT Astra Honda Motor (AHM) menambahkan model baru pada lini produk Honda Big Bike mereka, dengan menghadirkan Honda CBR600RR 2021 kemarin (17/2/2021). Ini adalah motor sport fairing bermesin 600 cc.

Motor super sport ini akhirnya dijual resmi, setelah model-model sebelumnya banyak datang lewat importir umum. Kehadirannya melengkapi varian Honda CBR Series yang telah dijual di Indonesia sebelumnya.

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar 01

Honda CBR600RR 2021 dilepas Rp 550 juta OTR Jakarta.

Mengusung konsep Awaken The Race, motor ini dipersiapkan untuk melibas sirkuit, dengan karakteristik performa tinggi, mudah dikontrol dan lincah, tanpa menghilangkan kesenangan berkendara di jalan umum.

Untuk mendukung hal tersebut, motor yang dijual Rp 550 juta on the road Jakarta ini, telah dibekali beragam teknologi dan fitur pendukung yang canggih, yang akan membantu mengendalikan motor ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Apa saja fitur dan teknologi yang disematkan?

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar 01

Mesin Honda CBR600RR 2021.

Jantung Pacu 600 cc Yang Disempurnakan

Mesin inline four DOHC 16 katup berkapasitas 599 cc masih jadi andalan. Jantung pacu ini mampu hasilkan output tenaga mencapai 121 PS pada putaran 14.000 rpm, dengan raihan torsi puncak 64 Nm pada 11.500 rpm.

Komponen internal di dalamnya mendapat penyempurnaan pada desain camshaft, per klep dan crankshaft. Perubahan ini dilakukan untuk menyesuaikan putaran mesin yang dibuat 500 rpm lebih tinggi dari model sebelumnya.

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar 02

Penyempurnaan intake mesin Honda CBR600RR 2021.

Jalur masuk udara menuju ruang bakar mampu menambah volume 2,2% lebih besar. Diameter throttle body kini menjadi 44 mm, untuk menjaga suplai udara dan bahan bakar pada putaran mesin tinggi. Pengaturan buka-tutup katup throttle body diatur secara elektronik.

Penyematan fitur assist & slipper clutch, akan memberi sensasi ringan pada tuas kopling. Fitur ini juga berfungsi untuk mencegah roda terkunci saat melakukan downshift gigi transmisi enam percepatan dengan cepat.

Inertial Measurement Unit (IMU) 5 Axis

Honda menyematkan IMU 5 axis dari Bosch, komponen ini bertugas membaca kecepatan gerak motor, akselerasi, dan mengkalkulasi sudut kemiringan motor, sehingga pengendalian motor bisa lebih presisi.

IMU ini memanfaatkan algoritma khusus untuk membaca pergerakan motor 100 kali dalam satu detik. Dengan mengkombinasikan informasi dari sensor-sensor lainnya seperti sensor ABS dan HSTC (Honda selectable torue control).

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar 03

Diagram kerja sensor ABS dan IMU Honda CBR600RR 2021.

Punya 5 Riding Mode

Seperti motor bermesin besar lainnya, terdapat mode berkendara untuk Honda CBR600RR ini. Total ada lima buah riding mode  yang bisa digunakan. Dua riding mode diantaranya bisa dipilih secara cepat saat berkendara, untuk menyesuaikan kondisi jalan.

Jika tiga mode berkendara sudah diset secara otomatis, maka dua riding mode lainnya bisa diatur sesuai kebutuhan pengendara. Pada dua riding mode ini, pengendara bisa mengatur sendiri level power mode, HSTC, wheelie control dan engine brake control.

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar 04

Diagram sensor Honda CBR600RR 2021.

Honda Selectable Torque Control (HSTC)

Honda CBR600RR 2021 punya sembilan level HSTC yang bisa dipilih. Tugas HSTC sendiri menjaga putaran roda belakang supaya tak selip. Jika terbaca roda selip, penyaluran tenaga menuju roda belakang akan otomatis diputus sampai roda kembali mendapat traksi.

HSTC ini ternyata juga membaca pergerakan roda depan lewat sensor, apabila roda depan terangkat (wheelie), HSTC akan memberi input pada ECU untuk mereduksi torsi yang dikeluarkan, sampai roda depan kembali menyentuh aspal. HSTC juga terhubung dengan engine brake control.

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar 05

Honda CBR600RR 2021 dilengkapi banyak fitur canggih.

Power Mode

Pengaturan output tenaga mesin Honda CBR600RR 2021 bisa dilakukan lewat power mode, yang memiliki lima level. Semakin kecil angka yang dipilih, karakter mesin akan cenderung agresif untuk berkendara sporty.

Maka sebaliknya, angka semakin besar, penyaluran tenaga akan lebih halus. Cocok untuk penggunaan harian dan dalam kota, karena tak perlu power mesin yang meledak-ledak.

Wheelie Control

Menjaga supaya roda depan tidak terangkat terlalu tinggi saat berakselerasi cepat. Umumnya wheelie terjadi saat motor mulai bergerak dari posisi diam, atau berakselerasi cepat saat keluar tikungan. Terdapat tiga level yang bisa dipilih.

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar 06

Tampak depan-belakang Honda CBR600RR 2021.

Engine Brake Control

Mengatur seberapa kuat engine brake yang dihasilkan mesin dengan tiga level. Semakin kuat engine brake, maka motor seperti tertahan saat deselerasi, sebaliknya jika engine brake control tak terlalu kuat, motor akan cenderung 'gloyor' saat melakukan deselerasi.

Honda Electronic Steering Damper (HESD)

Ringan beratnya pergerakan setang diatur secara elektronik lewat fitur HESD ini, yang bisa diatur sebanyak tiga level. Cara kerjanya dengan membaca kecepatan motor, jika laju motor pelan, HESD akan membuat setang ringan dan mudah dibelokan.

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar 07

Honda CBR600RR 2021 punya banyak sensor.

Maka saat kecepatan tinggi, setang akan cenderung kaku untuk menjaga kestabilan motor. Pada beberapa motor, HESD juga akan menyesuaikan dengan riding mode yang digunakan.

Quick Shifter

Membantu perpindahan gigi transmisi lebih cepat, tanpa harus menarik tuas kopling. Biasanya quick shifter ini dipakai untuk menaikkan gigi transmisi, sedangkan untuk menurunkan gigi tranmisi, disebut dengan auto blipper.

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar 08

HISS & ESS

Meski kunci kontak masih biasa, tapi sudah dilengkapi dengan HISS (Honda ignition security system). Anak kuncinya sudah immobilizer, jadi lebih aman dari pencurian.

Kemudian fitur emergency stop signal (ESS), akan menyalakan lampu sein secara bersamaan dengan kedipan cepat, saat melakukan pengereman mendadak. Kedipan lampu akan membuat pengendara lain lebih waspada.

Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar 09

Honda CBR600RR 2021 dibekali IMU 5 axis dari Bosch.

Kesimpulan

Itulah pemaparan fitur dan teknologi yang disematkan pada Honda CBR600RR 2021. Selain itu ada juga fitur lain yang sudah jadi standar seperti panel instrumen LCD digital, lampu-lampu full LED dan juga rem ABS pada kedua roda.

Dengan segala teknologi dan fitur yang disematkan tadi, motor ini memang asyik untuk dipakai di sirkuit, namun juga nyaman untuk dikendarai di jalanan umum. Tak heran harga Rp 550 juta on the road Jakarta jadi terasa pantas untuk motor ini.

Spesifikasi Honda CBR600RR 2021
Dimensi
P x L x T 2.030 x 685 x 1.140 mm
Sumbu Roda 1.375 mm
Jarak Terendah 125 mm
Tinggi Jok 820 mm
Berat Isi 194 kg
Kapasitas Tangki 18 liter
Mesin
Tipe 4-tak, DOHC 16 katup, pendingin cairan
Kapasitas 599 cc
Diameter x Langkah 67 x 42,5 mm
Rasio Kompresi 12,2 : 1
Sistam Bahan Bakar PGM-DFSI
Transmisi Manual 6 speed
Tenaga Maksimal 121 PS @ 14.000 rpm
Torsi Maksimal 64 Nm @ 11.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Suspensi Depan Upside down, adjustable
Suspensi Belakang Monosok with link, adjustable
Ban Depan 120/70ZR-17
Ban Belakang 180/55ZR-17
Rem Depan Cakram ganda, ABS
Rem Belakang Cakram tunggal, ABS
   
Harga Rp 550 juta (on the road Jakarta)

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });