Serupa Tapi tak Sama, Ini Bedanya Mesin Honda CB150R Streetfire dan Honda CBR150R

Desain Honda CBR150R 2021 dan Honda CB150R Streetfire 2021, jelas tidak sama. Namun, lain hal manakala menyandingkan keduanya dari sisi jantung mekanis. Secara kubikasi hingga peracikan memang serupa. Namun, pada kenyataannya tetap saja terdapat perbedaan antara mesin Honda CBR150R dan Honda CB150 Streetfire ini. 

Sebelum lebih lanjut, ada baiknya kita paparkan dulu persamaan dari kedua mesin. Di atas kertas, kedua motor Honda dibekali mesin DOHC 4-tak dengan empat katup. Kubikasi totalnya pun sama yakni 149,16 cc dengan perancangan bore x stroke: 57,3 x 57,8 mm. Tak cuma itu. Mesin dengan pendingin cairan keduanya pun memiliki rasio kompresi 11,3:1. 

Meski rancangan dan kubikasi sama, terdapat perbedaan antara mesin Honda CBR150R 2021 dan Honda CB150R Streetfire 2021. 

Baca juga: Tak Hanya Desain, Beda All New Honda CBR150R 2021 dan CBR150R Lama Ternyata Banyak!

Output Mesin Honda CBR150R 2021 lebih Besar

Meski demikian, faktanya output mesin motor Honda ini berbeda. Terlihat bahwa Honda CBR150R 2021 punya torehan lebih baik. Pencapaian tenaga maksimalnya dituliskan 17,1 PS @9.000 rpm. Sementara torsi 14,4 Nm pada putaran 7.000 rpm. 

Catatan tersebut terpaut sedikit dari Honda CB150R Streetfire 2021. Sebagaimana penjabaran spesifikasi teknis dari PT Astra Honda Motor (AHM), motor naked bike Honda ini punya raihan daya 16,9 PS @9.000 rpm dan momen puntir 13,8 Nm di 7.000 rpm.   

Performa Honda CBR150R 2021 lebih besar daripada Honda CB150R Streetfire 2021.

Baca juga: Meluncur Sebentar lagi, Suzuki GSX-R150 2021 bakal Tantang Honda CBR150R Terbaru

Setting ECU Berbeda

Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT AHM, keterpautan itu dikarenakan adanya perbedaan dalam penyetelan ECU. "Walau mesinnya sama, setting ECU-nya berbeda menyesuaikan karakter dari motor," buka Endro saat dihubungi Autofun.co.id, Kamis (27/5). 

Berkaca dari kemampuan masing-masing, harusnya Honda CBR150R lebih responsif. Namun, kenyataannya akselerasi 0-200 meter yaitu 10,6 detik yang dibuatnya kalah sedikit dari Honda CB150R Streetfire 2021. Tercatat dari rilis resmi, naked bike terbaru Honda itu menorehkan waktu 10,5 detik. 

Akan tetapi, selisih dibuat Honda CBR150R 2021 dalam hal top speed. Motor sport 150 cc Honda tersebut punya jangkauan hingga 127 km/jam. Sedangkan Honda kecepatan tertinggi Honda CB150R Streetfire 2021 adalah 125 km/jam. 

Ukuran gir belakang Honda CB150R Streetfire 2021 lebih besar satu mata.

Baca juga: Selisik Spesifikasi Honda CB150R Streetfire 2021, Ternyata makin Ringan!

Kendati ada selisih, keseluruhan output mereka tersalur ke roda belakang via transmisi enam percepatan. Hanya saja, ada perbedaan sedikit mengenai formasi gir keduanya. Sproket Honda CBR150R 2021 menggunakan padanan 15 mata di depan dan 45 mata di belakang. Sementara Honda CB150R Streetfire, 15 dan 46.  

Honda CBR150R punya Inlet Duct

Perbedaan performa tersebut jua tak luput dari adanya item baru pada Honda CBR150R 2021. Endro mengatakan, kini dia memiliki inlet duct yang ditujukan untuk mengarahkan udara menuju ke ruang bakar. 

Saluran udara pada Honda CBR150R 2021 lebih optimal dengan adanya inlet duct.

Baca juga: All New Honda CBR150R 2021 Punya Upside Down dan Assist & Slipper Clutch, Selisih Dari CBR150R Lama Cuma Rp 600 Ribu

"Sistem ini yang diperbaiki pada Honda CBR150R 2021. Ada pengarah biar lebih fokus dan masuknya udara ke ruang bakar menjadi lebih efektif," terang Endro. Sebaliknya, hal ini dikatakannya belum ditemui pada Honda CB150R Streetfire. 

Kesimpulan 

Sejatinya, itu saja perbedaan mendasar yang terjadi meski keduanya punya mesin identik. Seperti dijelaskan sebelumnya diferensiasi dibuat PT AHM merujuk kepada karakter masing-masing motor. Termasuk pula tentang perbedaan bobot. Untuk diketahui, Honda CBR150R punya berat tubuh 137 kg (non-ABS0 dan 139 (ABS). Ya, lebih berat dibanding Honda CB150R Streetfire dengan timbangan total 134 kg (tipe standar) dan 135 kg (special edition).

Endro menerangkan, ini pula salah satu yang mendasari diaplikasikannya Assist and Slipper Clutch pada Honda CBR150R 2021. Walau dengan posisi duduk cederung bungkuk, pengoperasian kopling saat pergantian transmisi menjadi enteng berkat perangkat tersebut. Lantas soal keselamatan. keberadaannya dapat mereduksi gejala ban belakang terkunci akibat efek engine brake. 

Honda CBR150R 2021 lebih mahal, salah satunya karena sematan Assist and Slipper Clutch.

Baca juga: Ini Alasan Honda CB150R Streetfire ogah Pakai Assist and Slipper Clutch

Berdasarkan perbedaan tersebut, pantas kah harga motor Honda CBR150R 2021 disetel Rp36,180 juta hingga Rp41,080 juta? Ya, lebih mahal dari penetapan banderol Honda CB150R Streetfire yang dilego dari Rp29,7 juta dan Rp30,7 juta (on the road Jakarta).  

Perbandingan Spesifikasi
  Honda CB150R Streetfire 2021 Honda CBR150R 2021
Panjang 2.024 mm  1.983 mm
Lebar 796 mm 694 mm
Tinggi 1.083 mm 1.070 mm
Berat Isi 134 kg (standar), 135 (SE) 137 kg (non-ABS), 139 (ABS)
Jarak Terendah Ke Tanah 164 mm 160 mm
Tinggi Tempat Duduk 795 mm 782 mm
Tangki Bensin 12 liter 12 liter
Tipe Rangka Diamond (Truss) Frame Diamond (Truss) Frame
Suspensi Depan Showa 37mm Inverted Telescopic Showa 37mm Inverted Telescopic
Suspensi Belakang Monoshock Pro-Link Monoshock Pro-Link
Sistem Rem Depan Cakram Cakram 
Sistem Rem Belakang Cakram Cakram
Ukuran Ban Depan 100/80-17M/C 52P, Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ukuran Ban Belakang 130/70-17M/C 62P, Tubeless 130/70-17M/C 62P
Jenis Mesin 4 Langkah, DOHC 4 Katup 4 Langkah, DOHC 4 Katup
Isi Silinder 149,16 cc 149,16 cc
Rasio Kompresi 11,3:1 11,3:1
Sistem Bahan Bakar FI (Fuel Injection) FI (Fuel Injection)
Diameter x Langkah 57,3 x 57,8 mm 57,3 x 57,8 mm
Transmisi Manual 6 kecepatan Manual 6 kecepatan Assist & Slipper Clutch
Daya Maksimum 16,9 PS @9.000 rpm 17,1 PS @9.000 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm @7.000 rpm 14,4 Nm @7.000 rpm

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CB150R StreetFire
Lihat