Fakta Menarik Honda CB150R Streetfire, Motor Sport 150 Yang Sudah Punya 4 Generasi

Menghadapi Yamaha Vixion yang digdaya bermain disegmen motor sport 150-160 cc pada medio 2000-an kala itu, Honda hanya mengandalkan Megapro. Namun gacoan Honda itu tak bisa berbicara banyak.

Pasalnya kedua motor tersebut berbeda kasta dalam hal teknologi. Honda Megapro masih mengandalkan karburator, sementara Yamaha Vixion berstatus motor sport injeksi pertama di Indonesia.

Honda CB150R Streetfire model terbaru.

Sampai akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda CB150R Streetfire pada tahun 2012. Sama-sama mengandalkan mesin injeksi, motor sport satu ini punya spesifikasi mentereng.

Perlahan namun pasti, penguasa penjualan motor sport 150 cc pun berhasil direbut dari Yamaha. Hingga kini, produk tersebut diterima sangat baik oleh masyarakat.

Baca Juga : Cek Harga Pasaran Honda CB150R Streetfire Bekas Tiap Generasi, Mulai Dari Rp 8 Jutaan Saja!

Meski Yamaha terus berusaha merebut kembali tahtanya, dan Suzuki pun menghadirkan produk serupa, nyatanya hal tersebut belum mampu menggoyahkan Honda CB150R Streetfire.

Jika kalian tertarik untuk memiliki motor ini baik dalam kondisi baru dan bekas, kami akan paparkan sejumlah fakta menarik yang bisa menjadi referensi dalam menentukan pilihan.

1. Sudah 4 Generasi

Generasi awal dikenalkan tahun 2012 dengan mengusung mesin 150 cc DOHC 4 katup dengan karakter overbore. Ukuran pistonnya 63,5 mm dengan langkah piston 47,2 mm. Tenaganya sebesar 17 PS di 10.000 rpm dengan torsi 13,1 Nm di 8.000 rpm.

Baca Juga : Simak 5 Alasan Kenapa All New Honda CB150R Streetfire 2021 Layak Jadi Penghuni Garasi

Desainnya sporty namun masih sedikit membulat. Ciri utama dari motor ini adalah penggunaan rangka teralis, pelek palang enam, knalpot bulat pendek dan masih pakai bohlam.

Generasi pertama muncul tahun 2012.

Generasi kedua muncul Agustus 2015 dan desainnya berubah menjadi semakin agresif. Lampu-lampu pun sudah menerapkan full LED, panel meter full digital modern dan ramping.

Desain pelek pun berubah, palang lima yang bercabang dua. Knalpot terlihat membesar dan mengotak. Sasis teralis masih jadi andalan, namun pegangan mesin pakai alumunium.

Baca Juga : Serupa Tapi tak Sama, Ini Bedanya Mesin Honda CB150R Streetfire dan Honda CBR150R

Pada generasi kedua ini mesinnya berubah, menjadi square denagn diameter piston 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm. Tenaga maksimal sedikit turun jadi 16,9 PS di 9.000 rpm dengan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm.

Generasi ketiga tampil sporty dengan varian SE.

Generasi ketiga muncul tahun 2018  dan desainnya sedikit berubah dari generasi kedua. Kesan tegas dan agresif semakin diperkuat dengan lekuk shroud tangki dan aksen lubang pada bodi belakang.

Pijakan kaki pembonceng bisa dilepas dan berbahan alumunium. Cakram rem depan dan belakang pakai model wavy yang lebih sporty. Area setang ada tambahan tombol passing lamp.

Mesin masih relatif sama dengan generasi sebelumnya, namun ada sentuhan minor yang mmebuat torsi sedikit naik jadi 14,5 Nm di 7.000 rpm.

Generasi keempat meluncur tahun 2021 ini dengan menguarkan kesan big bike. Penyematan suspensi depan upside down Showa SFF-BP dan perubahan shroud tangki serta cover tangki kekar.

Generasi keempat yang dikenalkan tahun 2021 ini.

Posisi setang dibuat lebih tinggi untuk menunjang kenyamanan. Peleknya kini palang 10 ala GP Wheel. Mesin tak berubah, tenaganya tetap 16,9 PS di 9.000 rpm namun torsi terkoreksi menjadi 13,8 Nm di 7.000 rpm.

Baca Juga : Meluncur Di Jawa Barat, Harga All New Honda CB150R Streetfire 2021 Jadi Lebih Murah

2. Karakter Untuk Perkotaan

Jika awal-awal kemunculannya Honda CB150R Streetfire ini bergaya petarung jalanan dengan posisi berkendara agresif. Kini motor satu ini menjelma menjadi motor sport yang nyaman.

Posisi berkendara lebih tegap, berkat setang tinggi dengan raiser yang menjulang. Pijakan kaki pun diset agar berada di depan posisi duduk pengendara agar kaki tak cepat lelah.

Motor ini pas untuk penggunaan dalam kota dan touring.

Dengan posisi berkendara nyaman ini, pengguna akan merasa betah menggunakannya sebagai motor harian. Dan tak hanya itu, untuk melakukan perjalanan jauh pun juga akan menjadi jauh lebih nyaman.

3. Mesin Responsif

Karakter mesin sejak generasi kedua berganti dari overbore menjadi square. Konfigurasi ukuran piston dan langkah piston yang sama ini membuat performanya sangat memanjakan terutama pada putaran rendah sampai tengah.

Baca Juga : Pilihan Naked Bike Pakai Upside Down, All New Honda CB150R Streetfire 2021 Atau Yamaha MT-15 2021?

Akselerasinya menyenangkan dipakai stop & go, punya torsi kuat untuk melibas tanjakan dan konsumsi bahan bakar pun terhitung irit. Tapi kalau kalian juga mencari performa putaran atas, tak bisa berharap terlalu banyak.

Mesinnya dikenal responsif.

Meski begitu kecepatan tertinggi yang bisa diraihnya mencapai lebih dari 130 km/jam. Pastinya sangat cukup untuk penggunaan harian atau sekedar riding keluar kota.

4. Harga Bekas Mulai Rp 8 Jutaan

Nah untuk penyuka motor bekas, Honda CB150R Streetfire ini bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau loh. Mulai dari Rp 8 jutaan sampai Rp 12 jutaan saja, untuk generasi pertama.

Untuk harga bekas generasi kedua berada dikisaran Rp 12 jutaan sampai Rp 17 jutaan. Lalu generasi ketiga bermain diangka Rp 17 jutaan sampai Rp 24 jutaan.

Generasi pertama mengandalkan mesin DOHC overbore.

Tentunya untuk generasi keempat atau yang paling baru, masih sulit menemukan unit bekasnya. Para pemilik nampak masih belum puas merasakan motor ini.

O iya, harga bekas tadi merupakan harga kisaran saja. Tentunya harga unit bekas tergantung pada kondisi unit, lokasi penjual dan  negosiasi antara calon pembeli dan pemilik ya.

Baca Juga : Ini Alasan Honda CB150R Streetfire ogah Pakai Assist and Slipper Clutch

Kesimpulan

Honda CB150R Streetfire kini menjadi salah satu motor sport naked yang banyak digunakan. Kinerja mesinnya pas untuk harian dan touring, posisi berkendara nyaman dan fiturnya memuaskan.

Honda CB150R Streetfire jadi penguasa segmen sport naked 150 cc.

Desain menjadi kunci utama kenapa akhirnya motor ini sukses merengkuh status naked bike 150 cc favorit. Pasalnya konsumen Indonesia melihat motor utamanya dari sisi desain juga.

Hal inilah yang akhirnya belum mampu diikuti oleh kompetitornya. Karena banyak yang menggunakan, peminat unit bekasnya pun tak kesulitan untuk mendapatkannya. Tinggal sesuai dengan isi kantong.

Spesifikasi All New Honda CB150R Streetfire 2022
DIMENSI
Dimensi (P x L x T) 2.024 x 796 x 1.083 mm
Jarak sumbu Roda 1.298 mm
Jarak terendah ke tanah 164 mm
Ketinggian tempat duduk 795 mm
Berat kosong 134 kg & 135 kg (SE)
RANGKA
Rangka Diamond (Truss) Frame
Suspensi depan Upside down, SFF-BP
Suspensi belakang Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink)
Ukuran Ban depan 100/80 – 17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 130/70 – 17 62P (Tubeless)
Rem depan Cakram Hidrolik
Rem belakang Cakram Hidrolik
MESIN
Tipe mesin 4 Langkah, DOHC, 4 Katup
Tipe transmisi Manual, 6 Kecepatan
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5-6
Sistem pendingin mesin Liquid Cooled with Auto fan
Diameter x langkah 57.3x 57.8 mm
Kapasitas Mesin 149.16 cc
Perbandingan kompresi 11.3 : 1
Daya maksimum 16,9 PS @9.000 rpm
Torsi maksimum 13.8 Nm @7.000 rpm
Kopling Multiple Wet Clutch Coil Spring
Sistem pelumasan Wet
Starter Pedal & Elektrik
KAPASITAS
Kapasitas tangki bahan bakar 12 liter
Sistem suplai bahan bakar Injeksi (PGM-FI)
Pelumas Mesin 1.1 liter
KELISTRIKAN
Tipe Baterai MF Wet 12V 5Ah
Sistem pengapian Full transisterized
Tipe Busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CB150R StreetFire
Lihat