Pada tahun 2015 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) merilis sebuah skutik dengan teknologi lampu depan LED pertama kali, lewat sosok Honda Vario eSP. Kemudian skutik ini dikenal dengan sebutan Vario LED.
Maklum saja, kala itu penggunaan lampu LED untuk sebuah skutik nyaris belum menjadi fitur wajib. Uniknya AHM melakukan terobosan tersebut, pada sebuah skutik dengan mesin kecil.
Kehadirannya kala itu lantaran konsumen kehilangan sosok Honda Vario dengan desain ramping. Ya, kala itu Honda Vario naik kelas menjadi 125 cc dengan bodi yang lebih bongsor.
Baca juga : Komparasi Honda Vario dan Yamaha Lexi Termurah, Tak Sampai Rp 25 Juta Mau Pilih Mana?
Honda Vario eSP ini pun hadir dengan desain sporty dan ramping, namun menggunakan basis yang sama dengan Honda BeAT kala itu, mulai dari rangka, mesin hingga kaki-kakinya. Tapi fiturnya lebih canggih, salah satunya karena pakai lampu LED.
Namun usianya relatif singkat, AHM akhirnya menyuntik mati skutik tersebut pada tahun 2020 lalu. Salah satu sebabnya lantaran penjualannya yang semakin merosot.
Namun image Honda Vario yang sudah lekat dengan skutik bermesin pendingin cairan, tak bisa didapatkan pada sosoknya, hingga akhirnya skutik ini dianggap downgrade. Konsumen pun lebih memilih Honda BeAT atau Honda Vario 125.
Pada pertengahan tahun 2015 lalu, AHM melepasnya dengan harga yang relatif tinggi. Harganya mulai dari Rp 15,8 juta sampai Rp 16,7 juta on the road Jakarta, dengan 2 tipe yakni CBS dan CBS-ISS.
Baca juga : Fitur Idling Stop System Honda Vario 125 2022 Tiba-Tiba Tak Berfungsi? Cek Komponen Ini
Dan jika kalian menginginkan skutik bekas dengan mesin irit khas Honda BeAT tapi bodi sporty dan futuristis, Honda Vario eSP ini bisa jadi pilihan. Yang tak kalah penting, unitnya terbilang langka dan memberikan kesan eksklusif bagi yang memilikinya.
Melirik situs jual beli online, harga Honda Vario eSP ini menggiurkan, ada yang melepas dengan harga mulai dari Rp 6 sampai 12 jutaan. Menariknya, tahun produksi tak berpengaruh pada harga.
Ada kalanya rakitan tahun 2015 dijual lebih tinggi dari rakitan tahun 2018. Perbedaan harga ini tergantung dari kondisi barang, lokasi dan penjual yang memasang banderol, namun intinya harga tersebut masih bisa nego.
Baca juga : Berandai-Andai Honda Vario Dipasangkan Mesin PCX 160 2022, Tenaga dan Torsi Bakal Badak Banget!
Dibandingkan Honda BeAT pada tahun yang sama, AHM tetap memberikan fitur canggih yang sudah melekat pada image Vario. Kalian bisa mendapatkan fitur Answer Back System, yang terintegrasi dengan kunci kontak.
Teknologi tersebut menjadi yang pertama kali diaplikasikan untuk motor di Indonesia. Fungsinya untuk mencari lokasi motor saat di parkiran, dan saat tombol dipencet, motor akan bersuara diikuti kedipan lampu sein.
Mengandalkan teknologi eSP, tentunya skutik ini juga dilengkapi dengan ACG Starter dan Idling Stop System (ISS) untuk tipe teratas. Tak ketinggalan fitur standar skutik Honda seperti Parking Brake Lock, Side Stand Switch dan kunci kontak pengaman magnet.
Dapur pacunya mengandalkan mesin berkubikasi 108 cc, dengan rasio kompresi 9,2 : 1. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 8,52 PS di 8.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 8,7 Nm di 6.500 rpm.
Hanya diproduksi selama 5 tahun, membuat populasi Honda Vario eSP tak terlalu banyak. Hal ini juga berimbas pada ketersediaan unit bekasnya, terlebih jika kalian mengincar tahun muda.
Baca juga : Harga Rp 16 Jutaan, Mending Sikat Honda Vario 150 Bekas Daripada Honda BeAT 2021
Tapi seperti yang telah dipaparkan, fiturnya jelas lebih baik dari Honda BeAT yang jadi basisnya. Tapi image Vario dengan mesin pendingin cairan, tak bisa kalian dapatkan pada sosok skutik ini ya.