Viral Video Motor Kopling Gagal Nanjak, Begini Tips Amannya Supaya Kuat di Tanjakan

Belum lama ini viral video yang memperlihatkan motor Honda CB150R Streetfire gagal nanjak di sebuah jalur perbukitan. Awalnya motor yang ditunggangi 2 orang itu berjalan normal di kontur jalan yang tidak rata. 

Hanya saja beberapa saat kemudian motor seperti kehilangan tenaga untuk menanjak. Si pengendara kemudian menghentikan lajunya, berusaha sekuat tenaga supaya motor tidak meluncur ke belakang.

Viral pengendara motor gagal nanjak di jalanan perbukitan.

Baca Juga: Biar gak Celaka, Pahami Cara Pakai Kopling di Tanjakan dan Turunan

Beruntung ada relawan yang siap siaga membantu menarik motor agar tidak meluncur bebas. Alhasil motor dan pengendaranya terselamatkan dari peristiwa tersebut. Namun penumpang motor keburu turun dari motor kemudian hilang kendalinya dan berlari ke belakang sampai akhirnya terjatuh ke rerumputan.

Dari kejadian ini kita bisa ambil pelajaran bagaimana menaklukan tanjakan yang benar dan aman menggunakan motor kopling. Utamanya bagi pengendara pemula, yang kerap menjadikan jalan menanjak sebagai momok yang menakutkan. Sebab khawatir motor tak kuat nanjak dan malah meluncur mundur ke belakang. 

Video viral yang memperlihatkan motor gagal menanjak.

Bagi pengendara motor matic, ketakutan ini bisa direduksi karena pengoperasiannya lebih mudah. Tinggal putar gas, motor bisa jalan, sehingga tak perlu cemas mesin mati dan kehilangan momentum berakselerasi saat ganti gigi. 

Soal ini Praktisi Keselamatan Berkendara, Andry Berlianto mengatakan, saat menemui jalan menanjak yang perlu diperhatikan adalah si pemotor harus yakin dulu dan percaya diri kuda besinya bisa menanjak. "Jangan takut mesin mati, malah bikin panik. Justru kalau panik kopling malah ketarik, penyaluran tenaga jadi nggak maksimal," ujarnya. 

Cara nanjak pakai motor kopling sebaiknya si pengendara harus yakin dulu, motornya bisa menanjak.

Baca Juga: Menengok Sistem Kerja Suspensi Depan Motor MotoGP, Seperti Apa Faktanya?

Sesuaikan Kemiringan Jalan dan Kepadatan Lalu Lintas

Kemudian perhatikan sudut elevasi jalan. Misalnya jalannya menanjak panjang, kemudian lintasannya lengang, dan landai, maka yang harus diterapkan adalah menjaga akselerasi tanpa pindah gigi. Sederhananya atur momentum bukaan gas konstan, manakala mulai terasa kehilangan tenaga bisa tambah lagi gasnya. 

Namun jika kondisinya padat merayap, maka mau tak mau harus bersiap-siap untuk menurunkan gigi. Sebab ada kalanya lalu lintas terhenti karena macet. Dalam situasi tersebut, pertahankan posisi memanfaatkan rem depan dan belakang. Kemudian turunkan gigi ke yang paling rendah untuk melanjutkan perjalanan. Fungsinya supaya daya dorong dan torsi puncak mudah diraih.

Pakai motor kopling di tanjakan harus sesuaikan kemiringan jalannya.

Memang dalam situasi tersebut si pengendara harus berlatih melepas kopling agar mesin tidak mudah mati. Sebab dalam kondisi menanjak, bukaan gas harus lebih besar karena laju motor tertahan bidang kemiringan jalan. Kemudian harus disertai perilisan kopling perlahan supaya akselerasinya lembut dan tidak menghentak. 

"Pertahankan dulu momentum gigi 1 tadi. Sebaiknya jangan berpindah dulu ke gigi 2, karena tenaganya akan terputus sesaat, kalau pindah ke gigi 2 yang ada motor ngeden karena torsinya sulit tercapai," pungkasnya. 

Berjalan zig-zag bisa bantu motor kuat nanjak.

Kemudian bagaimana jadinya jika tanjakannya curam? Hal ini bisa dilakukan dengan menyiapkan ancang-ancang yang jauh terlebih dulu. Jadi sebelum menanjak, laju motor harus dipersiapkan tinggi dulu untuk mendapatkan momentum dari torsi dan tenaga mesin.

Lebih lanjut saat tenaga berkurang, torsi puncak sebagai tolakan untuk menanjak masih bisa diraih dengan cara menurunkan gigi. Bila memungkinkan jalan secara zig-zag juga diperlukan agar lebih mudah menanjak.

"Kalau dari jauh sudah kelihatan tanjakannya, harus bersiap perpindahan gigi di tengah, sebab khawatir kalau ngegas saja tenaga lama-lama akan hilang, makanya perlu perpindahan gigi," sambung Andry. 

Baca Juga: Mau Belajar Naik Motor, Bagusnya Pakai Motor Matic atau Manual Kopling?

Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CB150R StreetFire
Lihat