Seberapa Nyaman Honda CBR150R 2022 Dipakai Harian? Ini Jawabannya

Motor sport full fairing nyaman dipakai harian? Yup, itulah klaim yang kerap disebutkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) kala menghadirkan Honda CBR150R 2022. Motor 150 cc andalannya itu diklaim paling nyaman disegmennya.

Pada model terbarunya ini, bahkan konsep Total Control juga ikut diterapkan, dengan memberikan peningkatan pada pengendalian motor. Kami pun mencoba langsung pada sesi test ride yang telah kami lakukan beberapa waktu lalu.

Posisi berkendara paling tegap dari sport 150 cc lainnya.

Tapi sebelum membahas lebih lanjut, simak dulu detail spesifikasi, terutama dimensi dari Honda CBR150R 2022 ini. Agar setidaknya bisa menjadi bayangan seperti apa ukuran dari motor tersebut.

Dimensi Honda CBR150R 2022

Untuk sebuah motor sport, dimensinya terhitung ramping. Motor ini memiliki panjang 1.983 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1.077 mm. Sumbu rodanya 1.310 mm dengan jarak terendah 160 mm. Tinggi joknya pun terhitung masih acceptable dengan 782 mm.

Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 12 liter dan full kaleng, tanpa cover plastik. Beratnya berada diangka 137 kg sampai 139 kg, jika kalian membeli yang tipe ABS (Anti-lock Braking System).

Posisi Berkendara Honda CBR150R 2022

Masuk pada bahasan utama, soal kenyamanan digunakan harian. Ya sosoknya memang menawarkan kenyamanan lebih baik, dari kompetitornya. Ini salah satunya karena peletakan setang upper yoke, bukan under yoke.

Baca juga : Honda CBR150R 2022 Masih Andalkan Mesin Lama, Begini Catatan Akselerasinya

Berkat posisi setang yang seperti ini, badan pengendara menjadi lebih tegap dan hanya sedikit merunduk. Namun hal ini masih dirasa wajar dan tetap nyaman, punggung tak mudah cepat lelah kala berkendara cukup lama.

Posisi setang upper yoke membuat badan lebih rileks.

Jok yang digunakan pun terasa pas diduduki, oleh rider berpostur 172 cm. Hanya memang posisi pijakan kaki terasa agak sedikit mundur, dan membuat kaki jadi menekuk. Tapi ya namanya motor sport full fairing, tentu akan seperti ini.

Dengan ergonomi berkendara ini, kami merasakan jika masih mudah untuk mengendalikan Honda CBR150R 2022. Posisi berkendaranya memang nyaman, terasa sedang menggunakan sebuah motor sport touring, yang memang posisi berkendaranya tak terlalu racy.

Baca juga : Honda CBR150R 2021 Termahal Tembus Rp 40 Juta, 5 Hal Ini Jadi Alasan Kuat Untuk Memilikinya

Karakter Suspensi Honda CBR150R 2022

Rasanya memang motor ini benar-benar dibuat nyaman, suspensi depan upside down Showa SFF-BP (Separated Function Fork-Big Piston) jadi andalan. Karakter redamannya cenderung empuk, nyaman untuk melibas garis kejut, sayangnya tanpa ada setelan.

Suspensi depan upside down empuk.

Kemudian suspensi belakang monosok juga memiliki karakter redaman yang sama, tak ayal sering kali terasa mengayun. Beda cerita jika memang diset untuk balap, tentu karakter suspensinya akan dibuat sedikit lebih kaku.

Dengan paduan posisi berkendara yang cenderung tegap, kemudian redaman suspensi empuk, tak aneh jika melihat banyak pria mapan yang suka mengendarainya. Jadi segmen konsumennya pun bukan hanya anak muda saja.

Baca juga : Video : Honda CBR150R 2022, Motor Sport Yang Tak Seperti Kompetitornya

Tampang sporty tapi nyaman buat harian.

AHM melepas Honda CBR150R 2022 ini dengan harga mulai dari Rp 36,18 juta sampai Rp 36,88 juta untuk tipe non ABS. Kemudian untuk tipe ABS, dibanderol mulai dari Rp 40,18 juta sampai Rp 41,08 juta, on the road Jakarta.

Spesifikasi Honda CBR150R 2022
Dimensi
P x L x T 1.983 x 700 x 1.077 mm
Sumbu Roda 1.310 mm
Jarak Terendah 160 mm
Tinggi Jok 782 mm
Kapasitas Tangki 12 liter
Berat Isi 137 kg & 139 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, DOHC 4 katup, Pendingin cairan
Kapasitas 149,16 cc
Diameter x Langkah 57,3 x 57,8 mm
Rasio Kompresi 11,3 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Manual, 6 speed
Tenaga Maksimal 17,1 PS @ 9.000 rpm
Torsi Maksimal 14,4 Nm @ 7.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Diamond Frame
Suspensi Depan Upside down, Showa SFF-BP
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 100/80-17
Ban Belakang 130/70-17
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR150R
Lihat