Sesuai janjinya, PT Astra Honda Motor (AHM) akan mengumumkan harga jual resmi untuk motor touring adventure terbaru mereka yakni Honda CB150X 2022, pada penghujung akhir tahun. Hari ini (9/12/2021) AHM resmi menjualnya dengan banderol mulai dari Rp 32,95 juta.
Ada pun untuk varian Special Edition tembus Rp 33,45 juta on the road Jakarta. Untuk warna varian reguler ada opsi Mandala Red dan Amazon Matte Green. Lantas untuk Special Edition hanya tersedia Volcano Matte Black saja.
GM Sales AHM, Ignatius Didi Kwok dalam keterangannya menyebutkan, perusahaan mulai mengirimkan Honda CB150X 2022 ke konsumen melalui jaringan main dealer dan dealer Honda seluruh Indonesia pada bulan terakhir tahun ini. Diharapkan produk ini mampu menemani konsumen mengeksplorasi negeri.
Baca juga : FAQ : Honda CB150X 2022, Bikin Konsumen Naked Bike 150 Cc Pindah Haluan?
"Kami berharap Honda CB150X dapat memenuhi ekspektasi konsumen di Indonesia yang berjiwa petualang, menyukai touring, dan senang mengaktualisasikan diri melalui berkendara ke beragam destinasi baru," ujarnya.
Kala penjualan motor matic meningkat, AHM justru merilis sebuah motor sport genre adventure bermesin 150 cc. Hal ini sekaligus membuka pasar baru, setelah sebelumnya jika ingin motor adventure, motor yang tersedia minimal bermesin 250 cc.
Honda CB150X hadir dari kebiasaan penikmat touring yang kerap memodifikasi sebuah naked bike 150 cc, menjadi bergaya touring. Postur motor ditinggikan, windshield diganti yang lebih besar sampai pemasangan boks.
Hal itulah yang dilihat AHM sebagai celah pasar baru. Pasalnya untuk bisa menikmati motor sport touring adventure termurah saat ini, rata-rata harus merogok kocek minimal Rp 50 juta.
Maka Honda CB150X 2022 ini hadir sebagai alternatif murah motor sport touring adventure. Kalian tak perlu melakukan modifikasi untuk membuatnya proper untuk berkendara jarak jauh. Jadi ada kemungkinan calon pembeli naked bike 150 cc jadi pindah haluan beli motor ini.
Baca juga : Pasang Target Tinggi, AHM Yakin Honda CB150X 2022 Bisa Terjual 20.000 Unit Setahun
Sebagai pionir di kelasnya, Honda CB150X hadir dengan desain adventure touring dan nuansa tampilan big bike. Hal ini diterjemahkan lewat posisi berkendara yang nyaman, serta beragam fitur canggih yang mampu memberikan performa berkendara yang optimal.
Misalnya suspensi depan upside down Showa SFF-BP yang lebih panjang dengan jarak main suspensi yang juga lebih panjang. Kemudian lampu-lampu yang sudah full LED, panel meter digital dengan bentuk yang sama dengan Honda CB150R Streetfire, hingga pengereman cakram pada kedua roda tanpa kawalan ABS.
Tangki bahan bakarnya pun tetap 12 liter meski bentuk Honda CB500X ini nampak sangat besar. Tak lupa windshield yang tinggi untuk menghalau angin menerpa badan pengendara. Meski tebal dan kokoh, sayangnya windshield ini model fix tak bisa disetel ketinggiannya.
Baca juga : Ini Tiga Alasan Honda Nekat Rilis CB150X 2022 Saat Pasar Sport Tergerus Matic
Basis mesin yang digunakan sama persis dengan Honda CB150R Streetfire atau bahkan Honda CBR150R. Spesifikasinya 4-tak, DOHC, 4 katup pendingin cairan, injeksi PGM-FI dan berkapasitas 149,16 cc.
Ukuran pistonnya 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm. Mesin ini dikawal transmisi manual 6 percepatan. Tenaganya mencapai 15,6 PS di 9.000 rpm serta torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm.
Ketimbang kalian membeli Honda CB150R Streetfire 2022 dan memodifikasinya menjadi bergaya adventure, tentu lebih baik langsung membeli Honda CB150X 2022 sekalian. Harganya pun hanya selisih Rp 2 jutaan saja.
Baca juga : Honda CB150X 2022 Resmi Dirilis, Harga Mulai Rp 32 Juta Asyik Buat Touring
Dengan harga Rp 32,95 juta dan Rp 33,45 juta maka nominal tersebut masih masuk dalam estimasi yang disebutkan saat peluncuran pertengahan November lalu, yakni dikisaran Rp 32 juta sampai Rp 35 juta on the road Jakarta.
Spesifikasi Honda CB150X 2022 | |||
---|---|---|---|
DIMENSI | |||
Dimensi (P x L x T) | 2.031 x 796 x 1.309 mm | ||
Jarak sumbu Roda | 1.315 mm | ||
Jarak terendah ke tanah | 181 mm | ||
Ketinggian tempat duduk | 817 mm | ||
Berat kosong | 139 kg | ||
RANGKA | |||
Rangka | Diamond Type, Steel | ||
Suspensi depan | Upside down, SFF-BP | ||
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink) | ||
Ukuran Ban depan | 100/80 – 17 52P (Tubeless) | ||
Ukuran Ban Belakang | 130/70 – 17 62P (Tubeless) | ||
Rem depan | Cakram Hidrolik | ||
Rem belakang | Cakram Hidrolik | ||
MESIN | |||
Tipe mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | ||
Tipe transmisi | Manual, 6 Kecepatan | ||
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | ||
Sistem pendingin mesin | Liquid Cooled with Auto fan | ||
Diameter x langkah | 57.3x 57.8 mm | ||
Kapasitas Mesin | 149.16 cc | ||
Perbandingan kompresi | 11.3 : 1 | ||
Daya maksimum | TBC | ||
Torsi maksimum | TBC | ||
Kopling | Multiple Wet Clutch Coil Spring | ||
Sistem pelumasan | Wet | ||
Starter | Elektrik | ||
KAPASITAS | |||
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter | ||
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | ||
Pelumas Mesin | 1.1 liter | ||
KELISTRIKAN | |||
Tipe Baterai | MF Wet 12V 5Ah | ||
Sistem pengapian | Full transisterized | ||
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |