Catatan! Honda Vario 160 ABS 2022 Gak Boleh Sembarang Ganti Cakram

Honda Vario 160 ABS 2022 jadi varian tertinggi.
  • Sistem ABS, tepatnya pulser ring Honda Vario 160 ABS menyatu dengan cakram.
  • Pembeli Honda Vario 160 ABS 2022 tidak boleh sembarang ganti cakram.

PT Astra Honda Motor (AHM) menampilkan pengembangan masif terhadap Honda Vario 160 2022. Selain mesin yang sudah mengalami peningkatan kubikasi, salah satu variannya juga kedapatan sistem pengereman ABS (antilock braking system). Namun ada catatan. Pembeli Vario 160 ABS nggak boleh sembarangan mengganti cakram pada roda depan.

Baca juga: Honda Vario 160 2022 Naik Kelas dari Matic Biasa Jadi Premium, Apa Istimewanya?

Desain ABS Berbeda dengan Motor Honda Lain

Sebagaimana ciri khas mereka seperti Honda PCX 160 misalnya. Sensor ABS itu terdapat pada roda depan saja. Pun halnya dengan ABS di Vario 160. Akan tetapi ada perbedaan mekanisme pada keduanya. Pulser ring atau ring berongga pada PCX 160 dibuat terpisah dengan cakram. Sementara pada pulser ring milik Vario 160 2022 didesain menyatu dengan cakram.

"Iya, sistem ABS di Vario 160 ini sudah menggunakan model terbaru. Pulser ringnya menjadi satu dengan cakram depan," buka Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) kepada Autofun.co.id

Dikatakannya, alasan cakram Vario 160 dibuat menyatu dengan pulser ring itu agar lebih kompak. Tapi seperti disebutkan di awal, Anda tidak boleh sembarangan melakukan modifikasi terhadap Honda Vario 160 ABS 2022. Sebagai contoh mengganti cakram roda depan bawaan dengan produk after market. Pasalnya, di pasaran saat ini belum ada model disc brake demikian (cakram menyatu dengan pulser ring).

Posisi pulser ring Honda Vario 160 ABS 2022 menyatu dengan cakram.

Baca juga: Ini 10 Perbedaan Honda Vario 160 2022 dan Vario 150, Bukan Cuma Mesin dan Fitur!

Endro menambahkan. Penggantian misal dengan lingkar cakram lebih besar di Vario 160 bisa saja dilakukan. "Tapi, ABS-nya tidak akan bekerja. Tidak akan ada masalah di motor. Hanya saja akan ada peringatan pada indikator ABS. Karena terbacanya ABS tidak berfungsi," terang Endro saat dihubungi hari ini (4/2).

Bisa Ganti Shock Depan, Tapi...

Jikapun diselisik bukan hanya cakram. Sensor ABS Honda Vario 160 tipe tertinggi ini juga terikat pada suspensi depan. Lagi-lagi berkaitan dengan modifikasi, berarti Anda pun tidak bisa begitu saja mengganti pembungkus fork, meskipun desainnya lebih kekar dari bawaan motor. "Bisa saja sebenarnya diganti, asal disesuaikan saja, pungkas Endro.

Sebagai informasi tambahan, Honda Vario 160 ABS juga dilengkapi cakram roda belakang untuk menunjang optimasi pengereman. Hal ini membuat Vario 160 lebih unggul dari Yamaha Aerox 155 Connected ABS. Kita ketahui, pengereman belakang kompetitornya tersebut masih mengandalkan teromol.

Honda Vario 160 ABS 2022 kini selevel dengan Yamaha Aerox 155 2022.

Baca juga: Klaim Konsumsi BBM Honda Vario 160 2022 Tembus Segini, Gak Kalah Irit Dari Versi 150 Cc!

Selain itu, dari segi harga motor matic Honda dijual lebih murah. Honda Vario 160 ABS 2022 dibanderol Rp28,5 juta. Sedangkan harga Yamaha Aerox 155 Connected ABS 2022 dipatok Rp 29,9 juta (on the road Jakarta).

Pada sektor performa, mesin Honda Vario 160 2022 selevel dengan Yamaha Aerox 155 2022. Jantung mekanis DOHC 4 katup milik Vario 160 ABS 2022 mampu mengeluarkan tenaga 15,4 PS @8.500 rpm. Catatan tersebut sama dengan Aerox 155. Hanya saja, torehan itu dicapai Aerox sedikit lebih cepat yakni pada 8.000 rpm.

Sementara untuk torsi, Vario 160 2022 sanggup mencatat 13,8 Nm @7.000 rpm. Di sini, Aerox 155 2022 sedikit lebih unggul dengan angka 13,9 Nm. Selain itu, momen puntir pada motor matic Yamaha juga terpenuhi pada putaran mesin 6.500 rpm.

Spesifikasi Honda Vario 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.929 x 679 x 1.088 mm
Sumbu Roda 1.277 mm
Tinggi Tempat Duduk 778 mm
Jarak Terendah 140 mm
Berat Kosong 115 kg (CBS) 117 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Transmisi Otomatis, CVT
Rasio Kompresi 12 : 1
Tenaga Maksimal 15,4 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 13,8 Nm @ 7.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone-eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 100/80-14
Ban Belakang 120/80-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol (CBS) Cakram (ABS)
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 150
Lihat