Sudah sejak generasi sebelumnya Honda Scoopy mengandalkan lingkar pelek 12 inci, berbungkus ban berprofil tebal. Hasil akhirnya matic retro modern tersebut jadi terlihat imut dan menggemaskan.
Motor matic yang digemari di Asia Tenggara ini pun jadi semakin laris berkat sosoknya itu. Peminatnya? Tentu saja anak-anak muda yang mau bergaya dengan matic stylish seperti Honda Scoopy.
Tapi lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya. Maka di Kamboja, Honda Scoopy 2022 justru masih mengandalkan pelek 14 inci, bukan 12 inci seperti yang ada di Indonesia atau bahkan Thailand.
Untungnya bukan pelek 14 inci palang lima legendaris seperti desain pelek Honda Scoopy model-model sebelumnya, tapi pakai pelek 14 inci milik Honda Genio palang delapan. Yup, model palang peleknya seperti tanda plus.
Baca juga : Wow! Honda Scoopy 2022 Punya Karakter Tenaga 'Galak' di Awal, Ini Rahasianya
Entah karena selera pasar atau strategi marketing, matic bernama lengkap NCX Honda Scoopy 2022 itu tetap terlihat elegan dan mewah. Apalagi warna peleknya diberi kelir silver yang menambah kesan premium dan simpel.
Usut punya usut, ternyata Honda Scoopy berpelek 14 inci itu hanya untuk varian Prestige dan Urban, yang ternyata belum dilengkapi dengan Smart Key System. Kemudian untuk versi pelek 12 inci juga masih tersedia untuk varian Club 12.
Lalu untuk tampilannya pun, varian Prestige lebih menonjolkan kesan elegan, dilengkapi pula dengan striping minimalis juga emblem berwarna emas yang mewah. Kalau varian Urban tampil atraktif dengan warna berani.
Baca juga : Jangan Panik, Idling Stop System Honda Scoopy 2022 Gak Aktif Bisa Jadi Karena Ini
Sementara varian Club 12 jelas disasarkan untuk konsumen yang ingin tampil beda. Pemilihan warnanya dan juga penggunaan stiker bodi lebih berani, termasuk permainan panel bodi beda warna.
Diferensiasi antar varian tadi, hanya pada warna, tampilan dan fitur Smart Key System. Lantas untuk kelengkapan lainnya masih relatif sama, seperti lampu depan LED projector dengan LED ring light yang menambah kesan mewah.
Kemudian bagasi ukuran 15,4 liter yang bisa menampung banyak barang, termasuk helm dengan dimensi batok kecil. Jangan lupakan juga power outlet di konsol depan dengan penutup untuk keamanan.
Selain namanya yang ada tambahan NCX, lalu penggunaan lingkar pelek 14 inci untuk varian tertentu, praktis NCX Honda Scoopy tak ada beda dengan versi Indonesia untuk mesin dan rangkanya.
Jantung pacunya adalah eSP generasi terbaru, berkapasitas 109,5 cc, silinder tunggal, SOHC 2 katup pendingin udara. Tenaganya diangka 9 PS pada 7.500 rpm serta torsi hingga 9,3 Nm di 5.500 rpm.
Baca juga : Alternatif Matic Rp 21 Jutaan Selain Honda Scoopy 2022, Ada Saudara Sepabrik!
Begitu pula dengan rangka yang sudah pakai eSAF, rangka baru matic entry level Honda yang terbubat dari pelat baja yang dicetak dan disambung pakai las laser. Teknologinya persis pada rangka monokok pada mobil.