Honda Genio 2022 Gak Ada Ubahan Mesin, Begini Catatan Akselerasi dan Top Speed-nya

Pengujian akselerasi Honda Genio 2022
  • Tidak ada ubahan pada sektor mesin di Genio terbaru
  • Kecepatan 60 km/jam ditempuh dalam waktu 7,13 detik

Dibalik tampilan barunya yang kini pakai lingkar pelek 12 inci, ternyata masih ada beberapa bagian yang dipertahankan sama seperti generasi pertama Honda Genio. Seperti rangka eSAF dan mesin.

Karena tidak ada update di sektor mesin, maka spesifikasi mesin yang diusung Honda Genio 2022 masih sama seperti generasi sebelumnya. Yaitu menggunakan mesin 110 cc eSP generasi terakhir dengan crankcase yang compact karena cuma punya kapasitas oli mesin 650 ml.

Penggunaan piston mungil berdiameter 47 mm dikombinasi dengan panjang langkah 63,1 mm membuat mesin Honda Genio khas dengan karakter mesin overstroke yang kuat di torsi.

Perbandingan kompresi hanya dipatok 10:1, cukup rendah dan mumpuni untuk digunakan sehari-hari. Klaim tenaga maksimalnya 9 ps di 7.500 rpm dan torsi maksimal di 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Baca juga: Irit Kebangetan, Honda Genio 2022 Jakarta-Bandung Gak Perlu Mampir Pom Bensin!

Ubahan Honda Genio 2022 fokus di area kaki-kaki

Impresi Mesin Honda Genio 2022

Kuatnya torsi khas mesin overstroke memang sangat terasa di Genio 2022, tapi hanya sebentar. Genio terasa gesit ketika di kisaran kecepatan 0-45 km/jam saja, di range kecepatan ini dorongan akselerasi mesinnya sangat terasa.

Karenanya untuk digunakan di kondisi jalan stop and go akan membuat Honda Genio 2022 terasa lincah. Tapi setelah melewati kecepatan 45 km/jam hingga 80 km/jam rpm terasa drop.

Ini akibat transisi di sektor CVT akibat gaya sentrifugal seiring naiknya kecepatan dan putaran mesin. Di range kecepatan ini tenaga Honda Genio 2022 terasa sangat flat, malah cenderung lemot.

Putaran mesin dan tenaganya tidak berubah meski selongsong gas dihentak atau dibuka secara penuh. Setelah lewat 80 km/jam barulah putaran mesin terasa ‘jerit’ kembali sampai menyentuh limiter di kecepatan 103 km/jam.

Baca juga: Honda Genio 2022 Punya Bobot Lebih Berat 3 Kg, Bikin Handling Jadi Berat?

Mesin Honda Genio 2022 sama seperti generasi sebelumnya

Meski begitu, suara yang dihasilkan mesin cukup halus dan minim vibrasi baik di kaki, jok, atau pun setang. Yang terdengar hanya suara knalpotnya yang khas saat sedang berakselerasi.

Tes Akselerasi Honda Genio 2022

Tidak ketinggalan untuk pengetesan akselerasi sebagai standar pengujian kendaraan baru oleh AutoFun Indonesia. Alat yang digunakan untuk mengukur akselerasinya adalah Racebox yang berbasis GPS.

Honda Genio 2022 dites oleh test rider berbobot 63 kg dan menggunakan bahan bakar RON 92. Setelah beberapa kali pengetesan, akhirnya didapat hasil tercepat dari semua parameter.

Top speed spidometer tembus 103 km/jam

Kecepatan 0-60 km/jam ditempuh dalam 7,12 detik dan jarak 0-201 meter dicapai dalam waktu 13,46 detik. Top speed di spidometer menunjukan angka 103 km/jam, namun di GPS Racebox hanya terbaca 95,12 km/jam.

Baca juga: Menjawab Keraguan Honda Genio 2022, Matic Retro Modern Paket Hemat

Hasil tes akselerasi lengkapnya bisa lihat di tabel bawah. Termasuk lemot apa tidak nih?

Data Akselerasi Honda Genio 2022
0-60 km/jam 7,12 detik
0-80 km/jam 13,73 detik
0-100 km/jam N/A
0-100 meter 8,54 detik
0-200 meter 13,46 detik
0-402 meter 21,88 detik
Top speed Racebox 95,12 km/jam
Top speed spidometer 103 km/jam
Spesifikasi Honda Genio 2022
Tipe mesin 4 tak, SOHC, eSP
Kapasitas mesin 109,5 cc
Sistem suplai bahan bakar Injeksi (PGM-FI)
Bore x stroke 47 mm x 63,1 mm
Rasio kompresi 10:1
Tenaga maksimal 9 ps @7.500 rpm
Torsi maksimal 9,3 Nm 5.500 rpm
Tipe transmisi Otomatis, V-belt
Tipe starter Elektrik dan Kick starter
Tipe kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe rangka Underbone – eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame)
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Tunggal
Ban depan 100/90-12
Ban belakang 110/90-12
Rem depan Cakram hidrolik, kaliper 1 piston
Rem belakang Tromol
Sistem pengereman Combi Brake System
P x L x T 1.862 x 694 x 1.061 mm
Tinggi tempat duduk 744 mm
Jarak sumbu roda 1.251 mm
Jarak terendah ke tanah 147 mm
Berat isi 92 kg (tipe CBS), 93 kg (tipe CBS-ISS)
Tangki bensin 4,2 liter
Tipe aki MF 12 V – 3 Ah (tipe CBS, MF 12 V – 5 Ah (tipe CBS-ISS)
Tipe busi NGK MR9C-9N

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Genio
Lihat