window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda Genio 2022 Punya Bobot Lebih Berat 3 Kg, Bikin Handling Jadi Berat?

Fariz · 19 Apr, 2022 15:20

Honda Genio 2022 Punya Bobot Lebih Berat 3 Kg, Bikin  Handling Jadi Berat? 01

Handling dan riding position Honda Genio 2022
  • Berat naik 3 kg baik tipe CBS dan CBS-ISS
  • Karakter suspensi mirip dengan Genio sebelumnya

Akibat ubahan dari tampilan terbarunya, New Honda Genio 2022 mengalami sedikit kenaikan bobot. Salah satu komponen penyumbang penambahan bobot ini tentu saja dari sektor kaki-kaki.

Karena di sektor ini banyak terjadi pembengkakan. Seperti penggunaan sepasang pelek ring 12 inci dengan balutan ban gambot, belum lagi ada stem atau segitiga yang ikut melebar demi menyesuaikan roda yang kini lebar.

Jadi gak heran kalau Honda Genio 2022 punya kenaikan bobot 3 kg dari versi pendahulunya. Dari 89 kg untuk tipe CBS menjadi 92 kg dan jadi 93 kg dari 90 kg untuk tipe CBS-ISS. Ada juga jok dan ground clearance yang lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Lantas bagaimana dengan posisi berkendara dan handlingnya? Berikut ulasannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Honda Genio 2022 Punya Bobot Lebih Berat 3 Kg, Bikin  Handling Jadi Berat? 01

Posisi setang tinggi, aman dari kaki saat belok patah

Baca juga: Menjawab Keraguan Honda Genio 2022, Matic Retro Modern Paket Hemat

Honda Genio 2022 Punya Bobot Lebih Berat 3 Kg, Bikin  Handling Jadi Berat? 02

Posisi berkendara santai yang nyaman, tidak berubah sejak generasi pertama

Riding Position

Selain kenaikan bobot yang disebutkan sebelumnya, ground clearance dan jok juga sedikit lebih tinggi. Ground clearance jadi 150 mm dari awalnya 147 mm, sedangkan jok jadi 744 mm dari yang sebelumnya 740 mm.

Salah satu penyebabnya adalah suspensi belakang yang kini lebih panjang. Genio generasi pertama punya panjang suspensi 314 mm sedangkan generasi terbarunya punya panjang suspensi 322 mm.

Jadi meski menggunakan lingkar pelek yang terlihat lebih kecil, tapi tidak membuat Genio terbaru jadi pendek atau cebol. Artinya akan tetap nyaman, proporsional untuk dikendarai, dan tetap punya jarak mesin dengan tanah yang jauh.

Untuk pengendara 170 cm, duduk di atas jok Genio hanya sedikit jinjit. Kalau mau lebih menapak bisa memajukan posisi dukuk, karena joknya punya desain yang makin mengecil di sisi depan.

Honda Genio 2022 Punya Bobot Lebih Berat 3 Kg, Bikin  Handling Jadi Berat? 03

Jok Genio 2020 lebar dan punya busa yang tebal juga empuk

Baca juga: Jangan Cuma Cek Kampas Doang, Rem CBS Honda Genio 2022 Juga Perlu Diseting Biar Optimal

Honda Genio 2022 Punya Bobot Lebih Berat 3 Kg, Bikin  Handling Jadi Berat? 04

Sepatu ukuran 32 masih punya ruang untuk bergerak

Dimensi jok yang lebar bisa menampung bokong pengendar dengan baik. Apalagi busa yang digunakan Genio tebal, empuk, dengan kulit jok yang lumayan lentur. Berkendara lama dengan Genio akan tetap terasa nyaman.

Posisi kaki juga tidak banyak berubah, posisi paha tidak terlalu naik sehingga bikin kaki relax tanpa pegal berlebih. Pijakan kaki untuk sepatu ukuran 42 juga masih cukup luas, masih ada ruang lebih untuk menggeser posisi kaki.

Handling

Meski ada kenaikan bobot, tapi handling dari Genio 2022 masih terasa ringan. Coba untuk memaju mundurkan, menggeser, hingga memposisikan standar tengah masih mudah tanpa perlu tenaga lebih.

Artinya motor ini masih bersahabat untuk pengendara perempuan pastinya, sehingga badan tidak mudah lelah saat mengendalikan Genio terbaru ini. Suguhan handling yang lincah dan nurut ke mana pengendaranya mau juga masih terasa di Genio ini.

Honda Genio 2022 Punya Bobot Lebih Berat 3 Kg, Bikin  Handling Jadi Berat? 05

Tetap lincah dan nurut ke mana pengendara ingin berbelok

Baca juga: Bukan Cacat Pabrik, Kenapa Tutup Power Outlet Honda Genio 2022 Ngeganjel Saat Dipakai?

Honda Genio 2022 Punya Bobot Lebih Berat 3 Kg, Bikin  Handling Jadi Berat? 06

Suspensi belakang sedikit lebih panjang namun punya karakte redaman yang sama

Apalagi saat merayap di kemacetan, dimensinya yang tidak terlalu besar membuat Genio lincah saat selap-selip. Kedua suspensi juga punya karakter redaman yang identik dengan generasi sebelumnya.

Suspensinya bisa dibilang berhasil meredam jalan rusak dengan cukup baik untuk postur pengendara 63 kg, sehingga hentakan tidak terlalu terasa di badan pengendara. Untuk berbelok cepat juga masih bisa dilakukan dengan baik, hanya ada sedikit limbung jika dipaksakan.

Jarang terasa bottoming saat melalui jalur yang rusak, kecuali memang lubang di jalan tersebut sangat dalam. Saat dipakai berboncengan juga masih cenderung stabil, suspensi belakang jadi sedikit bottoming ketika melalui jalur rusak parah.

Meski pakai diameter cakram yang mungil dan rem tromol di belakang, ternyata respon pengeremannya cukup baik. Ditunjang juga dengan CBS yang bikin momen pengereman lebih imbang.

Spesifikasi Honda Genio 2022
Tipe mesin 4 tak, SOHC, eSP
Kapasitas mesin 109,5 cc
Sistem suplai bahan bakar Injeksi (PGM-FI)
Bore x stroke 47 mm x 63,1 mm
Rasio kompresi 10:1
Tenaga maksimal 9 ps @7.500 rpm
Torsi maksimal 9,3 Nm 5.500 rpm
Tipe transmisi Otomatis, V-belt
Tipe starter Elektrik dan Kick starter
Tipe kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe rangka Underbone – eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame)
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Tunggal
Ban depan 100/90-12
Ban belakang 110/90-12
Rem depan Cakram hidrolik, kaliper 1 piston
Rem belakang Tromol
Sistem pengereman Combi Brake System
P x L x T 1.862 x 694 x 1.061 mm
Tinggi tempat duduk 744 mm
Jarak sumbu roda 1.251 mm
Jarak terendah ke tanah 147 mm
Berat isi 92 kg (tipe CBS), 93 kg (tipe CBS-ISS)
Tangki bensin 4,2 liter
Tipe aki MF 12 V – 3 Ah (tipe CBS, MF 12 V – 5 Ah (tipe CBS-ISS)
Tipe busi NGK MR9C-9N


 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });