Kelebihan-Kekurangan Honda Genio 2022, Rp 18 Jutaan Layak Jadi Alternatif Honda BeAT 2022?

Honda Genio 2022 pakai pelek 12 inci.
  • Pelek barunya bikin tampilan lebih menarik.
  • Harga tak sampai Rp 20 juta.
  • Dikenal ringan dan irit.

Honda Genio 2022 yang dirilis belum lama ini mendapatkan perubahan yang cukup signifikan. Apalagi kalau yang utama bukan dari area kaki-kaki, dengan bodinya yang bergaya retro modern semakin klop disandingkan pelek 12 inci.

Yup, pelek yang dipakai persis dengan spesifikasi yang dipasangkan untuk Honda Scoopy 2022. Bannya pakai ukuran 100/90-12 dan 110/90-12, dengan desain yang digunakan Honda Scoopy generasi sebelumnya.

Lainnya ada perubahan desain bodi depan yang kini tak lagi pesek, ditambah posisi power outlet yang sebelumnya berada di bagasi, sekarang ada di bawah kunci kontak, sehingga lebih mudah diakses.

Naksir sebagai alternatif Honda BeAT yang sudah terlalu pasaran? Sebelum beli, ada baiknya kalian harus tahu juga kelebihan dan kekurangan dari motor satu ini, apa saja?

Keunggulan Honda Genio 2022

1. Bobot Ringan

Salah satu daya tarik matic entry level dari Honda yakni punya bobot ringan, termasuk Honda Genio 2022 ini. Pasalnya sudah menggunakan rangka eSAF, yang juga pertama kali diterapkan untuk Honda Genio tahun 2019 lalu.

Rangka eSAF.

Rangka ini sendiri terbuat dari pelat baja yang di-press dan cetak, kemudian dilas pakai las laser. Bobot Honda Genio sendiri saat ini 92 kg (CBS) dan 93 kg (CBS-ISS).

Baca juga : Gak Cuma Ganti Pelek Doang, Begini Detail Ubahan Honda Genio 2022 Lainnya

2. Irit Bensin

Selain rangka eSAF, Honda Genio 2022 juga jadi yang pertama pakai mesin eSP generasi terbaru, dengan struktur mesin over stroke. Mesin ini sengaja dibuat untuk mengejar torsi putaran rendah dan tentu saja efisiensi bahan bakar.

Mesin eSP Honda Genio 2022.

Klaim pabrikan motor ini bisa melaju sampai 59,1 km dengan seliter bahan bakar. Tapi dari hasil pengetesan kami dengan metode full to full, konsumsi bahan bakar tercatat 52,6 km/liter. Irit juga ya?

3. Fitur Lumayan Banyak

Dengan harga yang tak sampai Rp 20  juta, kalian sudah bisa dapat motor dengan fitur yang lumayan banyak. Misal lampu depan sudah LED, rem cakram dengan Combi Brake System sebagai standar.

Lampu depan LED.

Kemudian power outlet di bawah rumah kunci berpengaman magnet. Ruang penyimpanan di balik jok 14 liter dan konsol terbuka di depan. Mesin pun sudah pakai ACG Starter untuk semua tipe dan ada Idling Stop System untuk tipe CBS-ISS.

Baca juga : Simak Lima Pertanyaan Terkait Honda Genio 2022, Pahami Dulu Sebelum Meminang

4. Bagasi Lega

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, bagasi Honda Genio yang 14 liter ini terhitung lega. Ya walau gak bisa menampung helm, tapi lebih dari cukup untuk membawa jas hujan, sarung tangan dan lap.

5. Harga Murah

Banderolnya masih bersahabat untuk kantong.

Honda Genio 2022 diset untuk mengisi celah pasar antara Honda BeAT dan Honda Scoopy yang harganya semakin tinggi. Honda Genio juga bisa jadi alternatif dengan harga lebih terjangkau untuk yang mau matic stylish tapi harga bersahabat.

Harga Honda Genio 2022 kini 18,530 juta untuk tipe CBS dan Rp 19,125 juta untuk tipe CBS-ISS. Harga tersebut on the road Jakarta. Masih aman dong dompetnya?

Kekurangan Honda Genio 2022

1. Desain Nanggung

Nah ini yang disebut-sebut jadi sebab kenapa banyak orang mending pilih Honda Scoopy walau lebih mahal, atau malah Honda BeAT sekalian. Desainnya agak nanggung, terlebih model sebelumnya.

Baca juga : Minat Boyong Honda Genio 2022? Cicilan Dari Rp 700 Ribuan Siapkan Uang Muka Segini

Desain masih pro-kontra.

Bodi depan cenerung terlalu datar dan terlihat pesek. Kemudian dibandingkan Honda Scoopy, bentuknya kalah menarik. Tapi lagi-lagi ini kembali pada selera ya, kalau sudah suka tak usah peduli kata orang lain.

2. Panel Meter Kecil

Sejatinya diantara matic entry level Honda lain, Honda Genio 2022 ini punya panel meter paling modern. Karena sudah full digital. Tapi ukuran layarnya terlalu kecil, sementara frame-nya bulat dan besar.

Layarnya kecil tapi frame panel meter besar.

Informasinya pun sederhana, cuma ada spidometer, odometer, fuel meter. Tambahannya indicator eco, pass beam, check engine, indikator ISS dan lampu sein. Andai ukuran layarnya diperbesar bakal lebih memuaskan mata nih.

Kesimpulan

Sebagai motor matic murah, Honda Genio 2022 mencoba bersolek untuk memenuhi ekspektasi konsumen, akan matic stylish dengan harga terjangkau. Perubahan minor pada bodi dan penerapan pelek 12 inci jadi jawabannya.

Baca juga : Daya Tarik Honda Genio 2022 Yang Baru Dirilis, Harus Tahu Sebelum Beli

Honda Genio irit, cocok buat harian.

Efisiensi bahan bakar, bagasi yang terhitung lega hingga bobot yang ringan jelas jadi daya tariknya. Semuanya tadi akan mempermudah penggunannya untuk berkendara sehari-hari.

Spesifikasi Honda Genio 2022
Dimensi
P x L x T 1.862 x 694 x 1.061 mm
Sumbu Roda 1.251 mm
Tinggi Tempat Duduk 744 mm
Jarak Terendah 147 mm
Berat Basah 92 kg (CBS) 93 kg (CBS-ISS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, silinder tunggal
Kapasitas Mesin 110 cc
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Rasio Kompresi 10 : 1
Tenaga Maksimum 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone-eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 100/90-12
Ban Belakang 110/90-12
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Rem Combi brake system
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Genio
Lihat