Layaknya Moge, Honda CB150X 2022 Modal Rp 10 Juta Makin Kekar Comot Kaki-Kaki CBR250RR

Honda CB150X berkaki-kaki CBR250RR Garapan 902 Garage
  • Perlu papas swing arm Honda CBR250RR agar masuk ke rangka Honda CB150X.
  • Menelan biaya Rp 10 jutaan.

Saat ini Honda CB150X 2022 masih bermain sendirian di segmen sport touring 150 cc, karena memang kompetitornya belum ada yang membuat motor dengan genre yang serupa.

Meski mengambil basic dari Honda CB150R Streetfire, tapi sisi tengah hingga depan dari motor ini lebih gagah. Ini karena desain bodi depan barunya yang gambot dilengkapi windhsield.

Tapi tetap saja selalu ada celah yang bisa dimodifikasi untuk mendongkrak penampilan Honda CB150X. Seperti Louis Hansen Sanjaya yang memutuskan untuk menggunakan kaki-kaki Honda CBR250RR pada motor miliknya.

“Memang senang big bike look, tapi tetap bisa dipakai untuk commuting sehari-hari tanpa korbanin performance. Saya memang mau pakai swing arm panjang, karena pakai box di swing arm standar agak limbung.”

Baca juga: Incar Konsumen Kalangan Pelajar, Honda CB150X 2022 Diganjar Diskon Rp 1 Jutaan di Jabar

Swing arm CBR250RR yang lebih panjang bikin area belakang CB150X lebih berisi

“Pakai swing arm panjang lebih stabil pas track lurus dan berbelok. Modelnya juga lebih padet, imbangin bodi Honda CB150X yang depannya sudah gede,” cerita Louis panggilan akrabnya.

Pemasangan Swing Arm CBR250RR

Karena itu sebuah swing arm Honda CBR250RR yang memang lebih panjang pun dipasang pada motor berkelir merah ini. Tapi tentu saja pemasangan tidak bisa plug and play, ada bagian yang perlu diubah.

“Swing arm bagian depan di papas 5 mm biar bisa masuk ke rangka Honda CB150X. Lanjut bikin bushing sesuai as swing arm Honda CBR250RR. Pro-Link set pakai tetap pakai CBR, tapi harus papas link U kanan kiri sebanyak 3 mm karena Honda CB150X lebih sempit,” rinci Yusa Firdaus dari 902 Garage yang ditunjuk menggarap modifikasi ini.

Swing arm berbahan aluminium ini pun berhasil terpasang, kurang lebih beda 5 cm lebih panjang dibanding swing arm orisinal CB150X. Desainnya juga terlihat lebih kekar dan big bike look.

Baca juga: Bikin Dompet Meringis, Harga Honda CB150X 2022 di Filipina Tembus Rp 45 Juta!

Pakai rantai tipe 528 untuk menyesuaikan gir CBR250RR

Pemasangan Pelek CBR250RR

Meski berkonsep sport adventure, Louis malah tidak ingin menggunakan pelek jari-jari yang mana khas akan tunggangan adventure tersebut. Sepasang pelek bawaan Honda CBR250RR justru menjadi incaran.

“Karena saya 90% main on road touring. Jadi sesekali jalur rusak masih ketolong shock yang travel panjang, gak perlu banget jari-jari. Lagi pula motor ini bukan pure trail, secara dimensi dan bobot sudah berat,” sambung pria yang bekerja sebagai Big Bike Consultant di Honda Big Wing BSD ini.

Karena sudah menggunakan swing arm Honda CBR250RR, tentu pemasangan pelek belakang plug and play. Hanya ada penggantian gear dan rantai pakai tipe 520 menyesuaikan gir bawaan Honda CBR250RR.

Untuk yang depan ubahannya tidak terlalu banyak, paling utama tentu membuat bushing. Salah satunya karena diameter as roda Honda CB150X lebih kecil dibandingkan Honda CBR250RR.

Baca juga: Ragam Pilihan Bracket Box Honda CB150X 2022, Biar Bawaan Touring Muat Banyak!

Cakram orisinal CBR250RR diapit kaliper Nissin 4 piston, dijamin pakem!

Upgrade Pengereman

Meski rem bawaan Honda CB150X masih terbilang mumpuni, tapi ternyata bagi Louis itu belum cukup. Untuk itu pengereman depan diupgrade menggunakan master rem Nissin radial 16 mm berikut kaliper Nissin 4 piston.

“Pengereman jadi lebih maksimal. Soalnya sering bawa boncengan dan box berat, kalau pengereman standar bahaya,” sebutnya. Tampilan juga lebih padat karena diameter cakram yang lebih besar.

Dari cakram bawaan yang berdiameter 275 mm, menjadi 310 mm menggunakan cakram bawaan Honda CBR250RR. Begitu juga yang belakang, dari 220 mm menjadi 240 mm.

“Lama pengerjaan cukup satu minggu. Untuk biaya kalau gak upgrade rem depan cukup Rp 10 juta,” tutup Yusa.

Big bike look banget!

902 Garage 0856-9213-9629

Tampilan CB150X jadi lebih proporsional dan big bike look!
Data Modifikasi Honda CB150X 2022
Pelek Honda CBR250RR
Swing arm Honda CBR250RR
Master rem depan Nissin Samurai radial 16 mm
Kaliper depan Nissin Samurai 4 piston
Ban depan Maxxis Extramaxx 110/70-17
Ban belakang Maxxis Extramaxx 140/70-17
Rantai TK Racing 528
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CB150X
Lihat