Adu Posisi Berkendara Honda ADV 160 dan Honda CB150X, Nyaman Mana Buat Turing?

Perbandingan posisi berkendara Honda CB150X dan ADV 160
  • ADV 160 menyuguhkan posisi kaki yang lebih luwes.
  • CB150X bikin badan lebih tegap berkat setang tinggi.

Karena punya basic yang berbeda, tentunya jika bicara posisi berkendara maka baik Honda ADV 160 maupun Honda CB150X memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Sebab secara konsep dan posisi mesin keduanya sangat berbeda. ADV 160 punya letak mesin yang ada di belakang, ini membuat ruang serta posisi berkendaranya akan terasa lebih luwes.

Posisi Berkendara Honda ADV 160

Seperti mudahnya mengatur posisi kaki pengendara, bisa posisi santai dan juga bisa meluruskan kedua kaki. Untuk postur 170 cm, kaki bisa lurus sempurna dengan posisi ujung kaki sedikit keluar dari bodi.

Tentunya ini akan membuat momen perjalanan lebih santai dan tidak terlalu membuat badan cepat pegal. Ditambah lagi dengan jok lebar dan ada sandaran tulang punggung pengendaranya. Sayang, karakter busanya agak keras.

Pengendara ADV 160 lebih leluasa memposisikan kaki

Baca juga: Siapkan 32 Bus, 2.009 Orang Ikuti Mudik Balik Bareng Honda 2023

Untuk setang fatbarnya justru terasa kurang begitu tinggi, di mana pundak masih perlu sedikit turun agar bisa menggapai setang. Tapi, untuk lebar setang rasanya sudah cukup.

Tinggi jok Honda ADV 160 850 mm, untuk tinggi badan 170 cm cukup bersahabat, apalagi kalau posisi duduknya sedikit ke depan. Ini karena desain joknya yang tirus membuat kaki tidak terlalu membuka lebar ketika menapak. Efeknya, kaki bisa lebih sempurna menginjak jalan.

Jok tirus di sisi depan dengan lumbar support di tengah

Kemudian windshield Honda ADV 160 bisa diatur ketinggiannya secara manual. Jarak mainnya kurang lebih 75 mm. Buat posisi paling tinggi kurang lebih sejajar dengan leher pengendara. 

Rasanya ini cukup untuk menahan terpaan angin tapi tidak sampai membuat gerah, karena di tengah windshield ada lubang kecil yang tetap memberi aliran udara kepada pengendara meski tak kepalang besar.

Ketinggian windshield bisa diatur dengan mudah

Posisi Berkendara Honda CB150X

Punya tinggi jok 817 mm tentu membuat postur 170 cm harus agak jinjit untuk menapakkan kedua kaki. Sebetulnya tidak masalah berpijak dengan satu kaki, cukup geser pantat sedikit.

Baca juga: Tiga Motor Listrik Honda di Auto Shanghai 2023, Siap Masuk Indonesia?

Setang tinggi bikin pundak dan lengan lebih santai

Joknya punya desain menyatu dengan pembonceng, karenanya pengendara mendapatkan sandaran tulang ekor atau lumbar support yang cukup tinggi selama berkendara. Nyaman!

Tentunya ini membuat pengendara merasa lebih santai selama berkendara, belum lagi desain jok pengendara juga lumayan lebar. Sehingga, hampir bisa menopang seluruh bokong pengendaranya.

Tapi sayang, karakter busa yang dimiliki CB150X terasa agak keras. Ini membuat sentakan pada badan cukup terasa ketika melewati jalan jelek atau berkendara lebih dari 1 jam juga akan membuat pantat pengendara panas.

Cover tangki bensin yang terlihat besar, nyatanya tidak sampai membuat kaki membuka lebar. Karena desain covernya ramping tepat di mana kaki menjepit, ini juga memberikan feeling ramping saat mengendarai Honda CB150X.

Jok lebar dengan lumbar support tinggi

Baca juga: Cek Titik Posko Mudik Honda, Bisa Istirahat Hingga Servis Ringan di Sini

Letak pijakan kaki lebih maju dibanding posisi duduk pengendara, posisinya juga tidak terlalu tinggi. Efeknya dengkul tidak sampai menekuk. Dengan posisi demikian, kaki tidak cepat lelah. 

Hanya saja footstep-nya karet, kurang cocok saat berada di jalur off road - sepatu mudah tergelincir. Beralih ke setang pipanya yang punya raiser setang cukup tinggi, ini karena letak segitiganya rendah dan hampir tertutup bodi.

Untungnya setang masih termasuk rigid, tidak terlalu fleksibel yang justru bisa mengganggu kestabilan berkendara. Plus-nya lagi, posisi setang seperti ini tentu saja memanjakan lengan dan pundak pengendara.

Ini karena badan pengendara dibuat tegap, membuat lengan tidak mendapatkan beban berlebih karena tidak perlu menahan bobot tubuh. Akan tetapi lantaran pipa setangnya cukup lebar, pengendara Honda CB150X harus bisa menjaga jarak dengan kendaraan lain saat merayap di kemacetan.

Windshield fix dengan ketinggian yang pas

Baca juga: Siap-Siap, 2 Motor Listrik Honda Menyapa Indonesia Tak Lama Lagi

Tidak lupa, pada bagian depan bodi terdapat windshield bawaan yang memang tidak terlalu tinggi. Ternyata untuk postur 170 cm, dimensinya moderat karena ujung atas windshield tepat sejajar dengan leher.

Kekurangan dari posisi berkendara Honda CB150X tentu saja kaki yang tidak terlindungi bodi. Ini akan membuat celana dan sepatu lebih cepat basah dan kotor selama perjalanan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 160
Lihat