Dipakai Naik-Turun Gunung, Mesin Honda ADV 160 2022 Kok Begini?

Honda ADV 160 2022 dipakai touring lintas pegunungan.
  • Karakter mesin linear.
  • Ada jeda usai tutup gas penuh.
  • Tenaga ngisi untuk menanjak

Pegunungan memang menjadi lokasi favorit untuk sekedar melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Mendapatkan udara sejuk nan segar, dengan keindahan alam pegunungan, bisa menghilangkan stres sejenak.

Menuju kawasan pegunungan bisa dengan banyak cara, salah satunya adalah mengendarai sepeda motor. Honda ADV 160 2022 sebagai motor matic bergaya petualang, jelas jadi salah satu motor yang pas untuk dikendarai.

Terlebih melintasi jalan pegunungan yang naik-turun dan berliku, rasanya asyik. Apalagi motor ini sudah mengusung dapur pacu teknologi terbaru eSP+ yang lebih bertenaga.

Spesifikasinya 157 cc, 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dan injeksi bahan bakar. Output yang mampu dihasilkan mencapai 16 PS di 8.500 rpm dengan torsi sebesar14,7 Nm di 6.500 rpm.

Baca juga : Merasakan Touring ke Pegunungan Pakai Honda ADV 160 2022, Beneran Gampang Mentok?

Mesin eSP+ 157 cc lebih bertenaga.

Ada peningkatan tenaga 1,5 PS dan torsi 0,9 Nm pada putaran mesin yang sama dari data Honda ADV 150. Alhasil power to weight ratio pun menjadi lebih baik, yang tentu saja berimbas pada akselerasi keseluruhan.

Libas Tanjakan Dengan Mudah?

Sebagai pembuktian, Honda ADV 160 2022 ini dipakai touring melintasi jalur Puncak 2 via Cipamingkis beberapa waktu lalu. Touring ini gak sendirian, melainkan bersama jurnalis lainnya dengan mengendarai motor yang sama.

Berbeda dengan jalus biasanya, jalur Puncak 2 ini lebih sempit, kondisi jalan bervariasi dan banyak tanjakan terjal. Hasilnya ternyata mesin eSP+ ini memang enteng banget kok, tapi harus paham dulu karakter mesinnya ya.

Baca juga : Simak 5 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Harga Naik Tipis Layak Dibeli?

Dipakai melibas jalur pegunungan dengan tanjakan terjal.

Dengan karakter mesin yang linear, torsi dan tenaganya gak begitu menghentak-hentak. Melibas tanjakan dengan menggendong rider berbobot 75 kg dan barang bawaan lain terasa mudah.

Mesin mampu merespon setiap bukaan gas dengan baik, dan aliran tenaga terus mengisi. Tapi ketika ada handicap saat posisi menanjak dan harus tutup gas, akan ada sedikit jeda ketika tuas gas diputar kembali.

Tenang, jedanya ini memang tak begitu lama sebelum akhirnya mesin kembali menyalurkan tenaganya. Kemudian saat dipanteng dalam kondisi menanjak, motor masih bisa bergerak walau rasanya memang seperti minta ditambah bukaan gasnya.

Pegunungan kerap jadi lokasi healing menggunakan sepeda motor.

Tapi ada baiknya ketika melintasi jalan menanjak seperti ini, lakukan ancang-ancang terlebih dulu. Tentunya agar beban kerja mesin lebih ringan dan tanjakan bisa dilibas dengan mudah dan cepat.

Baca juga : Segini Konsumsi BBM Honda ADV 160 2022 Dipakai Touring Lewat Jalur Pegunungan, Irit?

Spesifikasi Honda ADV 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.950 x 763 x 1.196 mm
Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 780 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 133 kg (CBS & ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Harga
CBS Rp 36 juta
ABS Rp 39,250 juta
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 160
Lihat