Honda CBR250RR 2023 semakin mengukuhan statusnya sebagai motor sport 250 cc 2 silinder, dengan output mesin paling kuat. Ini lantaran performa pada generasi terbaru itu mencapai 42 PS.
Beragam perubahan dilakukan pada dapur pacunya itu. Tapi gak hanya itu, karena handling juga diperbaiki tuh, utamanya pada suspensi depan yang kini sudah pakai Showa tipe SFF-BP.
Seperti apa sensasi mengendarai motor ini?
Baca juga : Serunya Merasakan Jambakan Tenaga 42 PS Honda CBR250RR 2023, Bikin Nagih!
Pada sesi first ride yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM), ada sesi drag race untuk menguji seberapa cepat akselerasi juga top speed yang bisa dicapai. Trek lurusnya sejauh 1,2 km.
Dengan waktu terbatas, tentu tak boleh menyiakan waktu. Langsung saja riidng mode diset Sport+ agar akselerasi lebih spontan. Dan benar saja, respon mesin dengan output 42 PS di 13.000 rpm serta torsi 25 Nm di 11.000 rpm punya sensasi tersendiri.
Menggantung putaran mesin tinggi sebelum start, akan membuat motor melesat cepat, membawa rider berbobot 73 kg belum termasuk wearpack balap dan helm. Hebatnya memasuki tikungan parabolik sebelum trek lurus, spidometer sudah menunjukkan 110 km/jam lebih!
Baca juga : Performa Honda CBR250RR 2023 Varian SP QS Semakin Melesat, Ternyata Ini Rahasia
Suara ngorok sedotan udara masuk menuju box filter udara,dari depan terdengar kencang dan semakin memacu adrenalin. Perpindahan gigi halus dan presisi berkat fitur Quick Shifter yang bisa diset naik-turun.
Sayang tak boleh memasang Racebox untuk mengukur akselerasinya dengan akurat. Namun topspeed yang berhasil dicapai 171 km/jam sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari.
O iya, unit yang dipakai adalah tipe SP-QS dengan warna Honda Racing Red berbanderol Rp 79,8 juta on the road Jakarta.
Tenaga gak akan ada apa-apanya tanpa kontrol yang mumpuni. Nah, pada sosok Honda CBR250RR ini, sejatinya suspensi yang ada sudah mumpuni. Depan pakai upside down dan suspensi belakang monosok dengan vendor dari Showa.
Tapi pada model baru ini pakai jenis SFF-BP (Separated Function Fork-Big Piston). Peningkatan dari sebelumnya model upside down konvensional nih.
Baca juga : Kemunculannya Mengejutkan, Apa yang Baru di Honda CBR250RR 2023?
"Fork pakai separate dan pistonnya juga lebih besar, efeknya saat pengereman jadi lebih nyaman dan smooth. Suspensi baru ini juga mampu mengurangi efek hentakan," ujar Masayuki Taniguci, Large Project Leader Honda CBR250RR, Honda Motor Co.Ltd.
Hasilnya memang terasa, bagian depan motor terasa lebih rigid dan diam ketika dipakai melintasi jalanan berkelok. Begitu juga saat melintasi tikungan beruntun dengan kecepatan agak tinggi.
Mengendalikan Honda CBR250RR pun jadi lebih mudah karena motor lebih nurut. Untuk pengereman lumayan menggigit dengan kaliper 2 piston di depan dan 1 piston dibelakang. Grip ban bawaan sendiri dirasa cukupan.
Tergoda untuk memiliki?
Honda CBR250RR 2023 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.061 x 724 x 1.114 mm | |
Tinggi Jok | 790 mm | |
Sumbu Roda | 1.385 mm | |
Jarak Terendah | 148 mm | |
Berat | 166 kg (STD) 168 kg (SP/SP-QS) | |
Tangki | 14,5 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, DOHC 8 katup, 2 silinder inline | |
Diameter x Langkah | 62 x 41,4 mm | |
Kapasitas | 249,7 cc | |
Transmisi | Manual, 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 38,7 PS @ 12.500 rpm (STD) | |
42 PS @ 13.000 rpm (SP/SP-QS) | ||
Torsi Maksimal | 23,3 Nm @ 11.000 rpm (STD) | |
25 Nm @ 11.000 rpm (SP/SP-QS) | ||
Rangka dan Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Diamond truss frame | |
Sok Depan | Upside down | |
Sok Belakang | Monosok | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Ban Depan | 110/70-17 | |
Ban Belakang | 140/70-17 | |
Harga | Rp 62,850 juta - Rp 79,8 juta (otr Jakarta) |