Di segmen motor bebek super, Honda Supra GTR 150 merupakan model terakhir yang dirilis ketimbang seterunya, Yamaha MX King 150 dan Suzuki Satria F150 FI. Kelahirannya juga setahun lebih muda ketimbang saudara ayam jagonya, Honda Sonic 150R.
Honda Supra GTR 150 sendiri pertama kali meluncur pada pertengahan 2016 lalu. Sedangkan penyegaran dilakukan pada tahun 2019 dengan penggunaan panel spidometer full digital dan cluster stoplamp yang terpisah dari seinnya.
Penurunan penjualan motor di segmen underbone atau bebek ini juga berdampak ke minimnya penjualan Honda Supra GTR 150. Padahal ada beberapa hal menarik yang bisa didapat dari motor tersebut. Autofun coba merangkum lima diantaranya.
Baca Juga: Jadi yang Pertama, CFMoto Resmikan Dealer di Tangerang
Saat ini harga on the road Jakarta untuk Honda Supra GTR 150 ada di angka Rp 24,637 juta. Masih terjangkau untuk sebuah motor bermesin 150 cc.
Apalagi jika disandingkan dengan kompetitor antar mereknya, Honda Supra GTR 150 juga terbilang lebih murah. Misalnya Yamaha MX King 150 yang kini dilepas Rp 25,685 juta. Lalu ada Suzuki Satria F150 FI yang nyaris menyentuh Rp 30 juta, yakni di angka Rp 29,99 juta.
Baca Juga: Sekilas Honda PCX Hybrid Series, Motor Canggih yang Berumur Singkat
Seperti diketahui, basis mesin yang diusung oleh Honda Supra GTR 150 diambil dari keluarga Honda CBR150R LED yang tipenya almost square. Mesin 150 cc DOHC, 4 katup, berpendingin cair tersebut dikenal bertenaga.
Mesin dengan ukuran diameter x langkah 57,3 x 57,8 mm ini punya kompresi 11,3:1. Hasilnya ada daya sebesar 16,3 PS di 9.000 rpm dan torsi 14,2 Nm di 6.500 rpm yang tersalur ke roda via transmisi manual 6-speed.
Soal kelincahan, Honda Supra GTR 150 juga punya dimensi yang pas untuk meliuk di kemacetan kota dengan ukuran panjang X lebar X tinggi 2.025 x 705 x 1.105 mm. Lalu wheelbase 1.284 mm membuat radius putarnya cukup 1,9 meter saja.
Motor berbobot 119 kg ini juga punya tinggi tempat duduk 780 mm yang pas untuk postur tubuh di atas 170 cm. Sedangkan jarak terendah ke tanahnya 150 mm menjamin bebas dari mentok saat melewati polisi tidur.
Memang sejak tahun 2019 sosok Honda Supra GTR 150 belum mengalami ubahan. Baik dari segi desain hingga pilihan warna dan skema grafisnya. Namun nuansa sporty yang kental bikin tampangnya tak lekang zaman.
Asyiknya, karena jarang punya kembaran di jalan kerap kali motor ini juga jadi pusat perhatian. Selain itu, di parkiran bakal lebih mudah ditemukan. Terutama di versi warna langka seperti Exclusive Matte Silver.
Bermodal desain sporty yang ditunjang mesin bertenaga,motor ini juga bisa dilirik oleh penggemar modifikasi. Peranti aftermarketnya melimpah di pasar. Apalagi motor ini juga kerap diandalkan di arena balap, baik level nasional hingga Asia.
Misalnya saja modifikasi mesin bisa dilakukan dengan menggunakan komponen saudaranya seperti CBR150R atau Sonic 150R. Lalu bagian kaki-kaki hingga knalpot juga melimpah versi aftermarketnya.
Jadi tertarik menebus bebek super ini?