Busyet! Honda Supra Fit Jadul Jadi Armada Perang di Vietnam

Tentara Vietnam mengandalkan Honda Supra Fit.
  • Diandalkan untuk latihan tembak.
  • Modelnya masih dijual dalam kondisi baru di Vietnam.

Motor bebek Honda Supra Fit mungkin jamak ditemui untuk kendaraan harian. Mulai dari di perkantoran atau pasar, juga fleet untuk delivery order. Namun di Vietnam justru buat perang.

Yup, jangan kaget dulu. Honda Supra Fit yang punya nama Wave Alpha di sana tentu bukan langsung jadi armada perang seperti tank atau alutsista umumnya. Akan tetapi sebagai sarana latih tembak para prajurit di sana.

Seperti dilansir akun Twitter @RandomWorldWar, Honda Wave Alpha dipakai oleh pasukan khusus Vietnam untuk melakukan latihan tembak belum lama ini. Hal ini pun viral dengan lebih dari 9.000 loves oleh pengguna Twitter.

Tentu aksi bersama Honda Wave Alpha bukan tanpa tujuan. Sebab kegiatan ini dilakukan justru untuk melatih skil penembak saat kendaraan berjalan, atau metode drive-by. 

Dalam pengoperasiannya, posisi pengguna motor berboncengan. Pengendara motor fokus ke jalan. Sementara pembonceng menembak dengan senjata berupa senapan Micro Uzi submachine gun. Sangar!

Baca Juga: Wow! Honda Supra Fit Baru Dijual Rp19 Jutaan, Apa Istimewanya?

Masih Dijual Versi Barunya

Seperti diketahui, Honda Supra Fit sudah lama hadir di Indonesia, yakni sejak tahun 2005 silam. Sosoknya pun tergantikan Honda Revo (Spesifikasi | Berita) Fit pada tahun 2011.

Menariknya di Vietnam bebek entry level ini masih dijual dalam versi barunya. Tampilannya sama seperti Honda Supra Fit lawas di Indonesia. Tapi Honda Vietnam sempat melakukan penyegaran pada Oktober 2022 lalu.

Pembaruan yang dilakukan pun minim, yakni pada piliha warna dan grafisnya saja. Termasuk pada grafis di bagian dalam panel spidometer.

Baca Juga: Makin Marak, Aksi Viral Ugal-Ugalan Remaja Belasan Tahun Berujung Kecelakaan Maut

Detail Fitur Masih Jadul

Meski grafisnya disegarkan, tapi soal fiturnya masih sama seperti Honda Supra Fit yang kita kenal sejak 2005 silam. Seperti lampu-lampunya yang masih memakai model bohlam.

Spidometer full analog

Lalu panel spidometernya pun masih full analog dengan informasi terbatas. Seperti pemantau kecepatan, odometer, fuel meter, indikator sein dan high beam. Lalu ada gear position dan Neutral.

Bukan hanya itu, bahkan rem di kedua rodanya pun masih tromol. Rem tersebut mengawal pelek jari-jari dengan ban berukuran 17 inci. Lalu rumah kuncinya bertipe magnetic key shuttered.

Mesin Sedikit Berbeda

Beralih ke mesin, di sini letak perbedaan antara versi di Indonesia dan Vietnam. Di sana bukan memakai tipe 100 cc seperti Supra Fit di Indonesia. 

Namun Wave Alpha justru mengandalkan mesin yang mirip dengan Honda Revo Fit di sini. Volumenya 109 cc berpendingin udara, SOHC dan bertransmisi semi-otomatik 4-speed. Tenaganya diklaim menyentuh 8,2 PS dan torsi 8,4 Nm.

Di Vietnam, motor ini dijual 17,8 juta Dong yang setara Rp 11,1 jutaan. Masih murah ya!

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Revo
Lihat