window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tiga Motor Listrik Honda di Auto Shanghai 2023, Siap Masuk Indonesia?

Ilham · 18 Apr, 2023 15:00

Tiga Motor Listrik Honda di Auto Shanghai 2023, Siap Masuk Indonesia? 01

Motor listrik Honda (Foto: Yongki / Autofun)
  • Ketiganya adalah Honda Dax e:, Zoomer e: dan Cub e:.
  • Patennya sudah hadir di Indonesia.

Laporan langsung Autofun Indonesia di pameran Auto Shanghai 2023 di Cina pekan ini, terkuak sosok asli dari tiga motor listrik anyar Honda. Ketiga tipe yang dipajang adalah Honda Dax e:, Zoomer e: dan Cub e:.

Sebelumnya, ketiga motor listrik tersebut sempat hadir lewat presentasi virtual Honda Motor (China) Investment Co., Ltd di Cina awal tahun lalu. Namun hingga pameran ini berlangsung, pabrikan Honda belum merilis waktu penjualan dan juga harganya.

Meski belum ada kepastian soal waktu peluncuran dan harga tapi menariknya, paten desain motor tersebut sudah ada di Indonesia. Tepatnya terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM yang dirilis bulan Februari dan Maret lalu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca Juga: Serius Garap Motor Listrik, Paten Honda Dax e: dan Zoomer e: Hadir di Indonesia

Desain Berbeda Signifikan

Kembali pada bahasan, ketiga model tersebut mengusung konsep yang berbeda-beda dari segi eksterior. Mulai dari bebek, sport mungil dan skuter matic.

Tiga Motor Listrik Honda di Auto Shanghai 2023, Siap Masuk Indonesia? 01

Selain itu, seluruh model diambil dari tipe motor bermesin bensin yang sudah ada atau legendaris. Misalnya Honda Cub e: yang mengusung desain bebek retro modern seperti Honda Super Cub C110.

Sementara Honda Dax e: coba merepresentasikan wujud motor listrik dari motor sport mini legendaris Honda ST125 Dax. Motor yang desainnya bertahan sejak awal kehadirannya di 1969 ini punya ciri sasis yang terekspos plus jok menonjol. 

Baca Juga: Astra Honda Ganti Nahkoda di Bulan April, Siap Hadapi Era Motor Listrik

Uniknya, karena hadir di segmen Electric Bycicle membuat motor ini masih disertai pedal kayuh atau gowesan seperti sepeda. Selain itu kecepatannya dibatasi 25 km/jam saja sesuai regulasi di Cina.

Tiga Motor Listrik Honda di Auto Shanghai 2023, Siap Masuk Indonesia? 02

Tak ketinggalan, ada Honda Zoomer e: yang merupakan wujud elektrik dari skuter matic Honda Zoomer-X. Ciri khas yang bisa langsung dikenali adalah sepasang headlamp bulat di depan, setang telanjang dengan lekukan tinggi. Serta ada sasis yang kekar dan terekspos jelas.

Baca Juga: Siap-Siap, 2 Motor Listrik Honda Menyapa Indonesia Tak Lama Lagi

Bakal Masuk Indonesia?

Seperti disebut sebelumnya, beberapa waktu lalu Honda Motor Corp. mendaftarkan paten desain dari Honda Dax e: dan Zoomer e: di Indonesia. Namun paten Honda Cub e: belum terpantau.

Tiga Motor Listrik Honda di Auto Shanghai 2023, Siap Masuk Indonesia? 03

Motor-motor listrik tersebut kemungkinan bisa hadir di Indonesia. Pasalnya PT Astra Honda Motor (AHM) tengah menyiapkan sejumlah model untuk pasar di Indonesia. Termasuk dua tipe yang bakal dirilis tahun ini.

"Mudah-mudahan di semester kedua inilah, langsung dua model," kata Thomas Wijaya, Executive Vice President Director AHM beberapa waktu lalu. 

Patut ditunggu nih!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });