Kalau melihat kondisi dipasaran, Honda Scoopy 2023 jadi salah satu motor yang banyak dipakai untuk harian.
Tak hanya di kota-kota besar saja, namun juga daerah, motor ini banyak disukai terutama oleh anak muda dan wanita.
Selain desain, daya tarik dari motor ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit, sehingga menghemat pengeluaran biaya bahan bakar.
Dari hasil klaim pabrikan, motor ini bisa melaju sejauh 58 km dengan seliter bahan bakar.
Angka tersebut diperoleh berdasarkan metode pengetesan ECE R40 Euro 3, dengan fitur Idling Stop System (ISS) aktif.
Baca juga : Honda Scoopy Garuda, Versi Terbatas Semarakkan Indonesia VS Argentina
Tapi tentu saja hasil tersebut bisa berbeda ketika motor dipakai langsung untuk aktivitas sehari-hari.
Tenang, bukan jadi lebih boros ya, malah bisa jadi lebih irit tuh. Penasaran gimana caranya?
Seperti halnya motor matic entry level modern, rata-rata sudah disematkan lampu indikator ECO, termasuk Honda Scoopy 2023 ini.
Pada motor matic retro modern ini, indikator tersebut berupa tulisan ECO yang bisa dilihat pada panel meter digital-analognya.
Cara paling ampuh untuk membuat motor ini jadi musuh SPBU alias jarang isi bensin, dengan berkendara pada kondisi efisien dengan lampu ECO menyala.
Dari hasil pengetesan kami, lampu indikator ECO akan menyala saat melaju dengan kecepatan tak lebih dari 70 km/jam. Lampu indikator akan menyala hijau terang.
Sebaliknya jika agak boros terutama saat berakselerasi, lampu ECO tadi akan meredup bahkan mati jika bukaan gas terlalu besar.
Baca juga : Honda Scoopy Karbu Bekas Mulai Rp 5 Jutaan, Cek Kelebihan dan Kekurangannya
Hasilnya menggunakan bahan bakar oktan 92, kami mencatatkan konsumsi 61,4 km/liter pada panel meternya.
Kalau dihitung dengan metode full to full, maka hasilnya memperoleh 58,4 km/liter. Masih terhitung iritkan?
Spesifikasi Honda Scoopy 2023 | ||
---|---|---|
DIMENSI | ||
P x L x T | 1.864 x 683 x 1.075 mm | |
Sumbu Roda | 1.251 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 746 mm | |
Jarak Terendah | 145 mm | |
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | |
Berat Isi | 95 kg & 94 kg (tipe smart key) | |
MESIN | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara | |
Kapasitas Mesin | 110 cc | |
Diameter x Langkah | 47 x 63,1 mm | |
Rasio Kompresi | 10 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi PGM-FI | |
Tenaga Maksimum | 9 PS @ 7.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 9,3 Nm @ 5.500 rpm | |
RANGKA & KAKI-KAKI | ||
Tipe Rangka | Underbone-eSAF | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol | |
Sistem Pengereman | Combi brake system | |
Ban Depan | 100/90-12 | |
Ban Belakang | 110/90-12 |