Adu Spesifikasi Hyundai Alcazar Vs Toyota Rush, SUV Korea Siap Jadi Kuda Hitam!

Toyota Rush Vs Hyundai Alcazar

Hyundai beberapa waktu lalu telah meluncurkan Low SUV 7-seater terbarunya secara global di Negara Anak Benua, yakni Hyundai Alcazar. SUV ini dibangun menggunakan platform Hyundai Creta yang hadir dengan konfigurasi 5-seater.

Hyundai Alcazar menurut kabar akan dihadirkan untuk menantang Toyota Rush. Hal ini sesuai rencana PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku agen pemegang merek Hyundai di Tanah Air berencana menghadirkan dalam waktu dekat.

Eksterior Hyundai Alcazar Tampil Lebih Memukau

Tampilan depan Hyundai Alcazar

Melihat bagian fascianya, Alcazar memiliki desain dasar yang mirip dengan Creta. Menganut gaya bahasa desain Sensuous Sportiness. Ini membuatnya terlihat berbeda dengan penggunaan grille model bertingkat.

Selain itu, di dalam grille terdapat banyak potongan krom individu dan bahkan mendapatkan surround chrome yang sisinya terintegrasi dengan cluster lampu LED depan yang terletak terpisah.

Melihat bagian sampingnya, Alcazar berhasil disematkan velg 18 inci model diamond cut. Pada bagian belakangnya, mobil ini memiliki tampilan yang berbeda dengan Creta. Terdapat perubahan desain tail lamp, lampu belakang yang lebih besar, serta bentuk yang futursitik mengikuti lekukan pintu bagasi serta bumpernya yang berotot.

Toyota Rush, SUV Urban yang Sporty

Tampilan depan Toyota Rush

Bicara Toyota Rush, mobil ini juga menampilkan kesan yang tak kalah sporty. Wajahnya kini lebih atraktif dengan menampilkan kesan SUV yang bengis dengan lampu utama LED. Pada bagian samping mobil ini juga terdapat side skirt dan over fender serta velg berukuran 16 dan 17 inci. Melihat bagian belakangnya, Rush terbaru terlihat lebih sporty dengan menampilkan bentuk yang lebih kekar dari generasi sebelumnya.

Tampilan Dalam Hyundai Alcazar Terkesan Mewah dan Nyaman

Interior Hyundai Alcazar

Melihat bagian dalam, interior Hyundai Alcazar dikombinasikan dengan dua warna yang membuatnya terasa mewah. Secara khusus, Hyundai belum mengungkapkan apakah Alcazar akan mendapatkan fitur tambahan dibandingkan dengan Creta, kecuali untuk ventilasi AC khusus untuk penumpang baris ketiga.

Mobil ini akan mendapatkan sistem infotainment 10,25 inci dengan konektivitas BlueLink yang kompatibilitas dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Soal kualitas suaranya dihasilkan melalui sistem suara dari BOSE, pengisi daya smartphone nirkabel, kursi pengemudi bertenaga delapan arah, dan kursi berventilasi.

Mobil ini juga sudah dilengkapi pembersih udara Auto Healthy, beberapa mode mengemudi dan traksi, dan sunroof panoramik.

Interior Toyota Rush

Mengetahui ruang kabin Toyota Rush, mobil ini disematkan Head unit yang sudah mendukung koneksi internet yang bisa mengakses weblink dan aplikasi navigasi Waze.

Baca juga: Selisih Rp40 Jutaan, Ini Perbedaan All New Toyota Rush dengan All New Daihatsu Terios

Sistem infotaiment juga tak kalah menarik berkat adanya 8 surround sound speakers. Rush juga mendapatkan ventilasi AC yang diletakan pada baris kedua untuk dapat menghembuskan udara sejuk hingga baris ketiga.

Alacazar Hadir dengan Dua Pilihan Konfigurasi

Apabila Toyota Rush menawarkan konfigurasi 7-seater, maka Hyundai Alcazar hadir dengan dua pilihan konfigurasi, yakni 6-seater dan 7-seater. Alcazar dengan kapasitas 6 orang, ditawarkan dalam bentuk jok baris kedua model captain seat yang terintegrasi dengan cup holder di bagian tengah, yang membuatnya terasa semakin ergonomis.

FItur Keselamatan Hyundai Alcazar Termasuk Jempolan

Fitur keselamatan Toyota Rush

Demi memberikan keselamatan dan kenyaman berkendara, Hyundai Alcazar berhasil ditanamkan layar MID dengan ukuran cukup besar, 6 airbags, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), Electronic Stability Program dan Electric Parking Brake.

Soal fitur kselamatan Toyota Rush, LSUV andalan Toyota ini dibenamkan dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS), kamera parkir mundur dan emergency stop/brake signal.

Tidak ketinggalan, terdapat tambahan empat buah airbag di bagian sampingnya yang secara keseluruhan terdapat enam buah kantung udara. Sebagai pengingat Rush mendapat indikator penggunaan safety belt bagi pengemudi dan seluruh penumpang.

Dimensi Alcazar Bakal Lebih Besar Dari Toyota Rush?

Tampilan samping Hyundai Alcazar

Belum banyak yang menyebutkan mengenai dimensi lengkap Hyundai Alcazar. Secara data, LSUV ini akan lebih panjang dari Hyundai Creta yang diketahui mempunyai panjang 4.300 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.635mm. Namun beberapa sumber menyebutkan secara teknis bahwa jarak sumbu roda yang digunakan sama seperti Creta, yakni 2.610 mm.

Sedangkan, Toyota Rush sendiri memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm. Bicara wheelbase, saudara kembar Terios ini mempunyai angka 2.685 mm.

Berbeda dengan Toyota Rush, Hyundai Alcazar Mendapat Dua Opsi Mesin yang Mumpuni

Menggali beberapa sumber informasi mengenai Alcazar, diketahui Low SUV calon penantang Toyota Rush ini dihadirkan dalam dua pilihan mesin. Dimana mesin yang digunakan berbeda dengan Creta yang lebih diluncurkan.

Secara data, Hyundai Alcazar akan didukung oleh mesin Nu 2.0L bensin BS6  yang dapat mengail tenaga hingga 159 PS serta menghasilkan torsi puncak yang mencapai 191 Nm. Sedangkan opsi lainnya datang dari jantung mekanis U2 1.5L diesel BS6 yang mampu memeras tenaga 115 PS di angka torsi 250 Nm. Bicara mengenai perpindahan percepatan, kedua ditawarkan transmisi otomatis 6-percepatan dan manual 6-percepatan.

Melihat spesifikasi jantung pacu pada Toyota Rush, mobil ini hanya ditawarkan dengan satu pilihan mesin, yang berkodekan 2NR-VE 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc. Secara data, mesin yang sama persis digunakan pada beberapa lini produk Toyota dan Daihatsu ini mampu merilis tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm. Putaran mesin yang dihasilkan dapat diatur kecepatannya menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Kesimpulan

Hyundai Alcazar merupakan pilihan sebuah LSUV non Jepang yang mungkin saja dalam waktu dekat diperkenalkan oleh PT HMID ke Tanah Air. Secara spesifikasi dan bentuk, Alcazar terlihat lebih unggul dibandingkan Toyota Rush ataupun saudara kembarnya.

Apabila masuk ke Indonesia, diharapkan nantinya Alcazar menggunakan mesin yang sama dengan Creta, yaitu 1.5 liter dengan menghasilkan tenaga 115 PS serta torsi 144 Nm, yang dianggap lebih efisiensi bahan bakar dan pajak kendaraan.

Baca juga: 7 Keunggulan Hyundai Alcazar, Percaya Diri Lawan Toyota Rush dan Daihatsu Terios

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 270,00 Juta
Rp 5,50 Juta/bln

43.740 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 266,00 Juta
Rp 5,42 Juta/bln

62.209 km

5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Lima Alasan Toyota Rush Masih Laku-laku Aja | Review Lengkap

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Rush vs XL7
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Rush vs Raize
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Rush vs Almaz
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Rush vs Terios
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    Rush vs Rocky
Toyota Rush
Lihat